Begini Cara Atasi Bayi Susah Tidur

Jangan khawatir, atasi bayi yang sudah tidur dengan cara berikut, Ma

11 November 2021

Begini Cara Atasi Bayi Susah Tidur
Freepik

Masalah tidur memang sering terjadi pada bayi, terutama ketika bayi masih berusia di bawah 6 bulan. Kesulitan tidur bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat mengganggu pola tidur bayi, seperti lapar, pilek, alergi dan mengompol. 

Si Kecil yang sulit tidur tentunya dapat membuat orangtua khawatir dengan kesehatannya. Selain itu, waktu tidur Mama juga jadi terganggu dan akibatnya menjadi kelelahan.

Jangan khawatir, Ma! Ada beberapa cara yang dapat Mama lakukan untuk mengatasi bayi yang susah tidur. Seperti apa caranya?

Di bawah ini Popmama.com telah merangkum beberapa cara untuk mengatasi bayi susah tidur seperti yang dilansir dari WebMD.

1. Pahami kebutuhan tidur bayi

1. Pahami kebutuhan tidur bayi
Freepik/v.ivash

Hal yang harus Mama perhatikan dalam membangun pola tidur bayi yang sehat adalah dengan memahami kebutuhan tidurnya, baik tidur siang maupun malam.

Saat berusia 2 bulan, bayi mungkin tidur selama 10 hingga 18 jam dalam sehari, dengan waktu selama 3 hingga 4 jam setiap kalinya.

Namun, bayi belum bisa beradaptasi dengan perbedaan antara siang dan malam. Bisa jadi, 7 hingga 8 jam dari waktu tidurnya dilakukan saat malam, diselingi beberapa kali waktu bangun. Sedangkan setengahnya lagi biasanya dilakukan dalam empat kali tidur di siang hari.

Sementara itu, saat menginjak usia 3 bulan, durasi tidur bayi tidak jauh berbeda dengan usia 2 bulan. Namun perbedaannya adalah pada usia ini, durasi tidur malam bayi menjadi 10 hingga 11 jam, sedangkan tidur siangnya menjadi 4 hingga 5 jam.

Editors' Picks

2. Buat rutinitas sebelum tidur

2. Buat rutinitas sebelum tidur
Pexels/Polina Tankilevitch

Cara selanjutnya yang dapat Mama lakukan untuk membantu bayi tidur lebih mudah adalah dengan membuat rutinitas sebelum tidur. Cara ini dapat membantu memberi sinyal kepada bayi bahwa sudah waktunya ia untuk tidur, sehingga kedepannya ia akan bisa menyesuaikan diri dengan jadwal tidurnya.

Beberapa orangtua memulai rutinitas tidur bayi sejak usia 6 hingga 8 minggu. Mama bisa membuat rutinitas sebelum tidur seperti berikut:

  • Mainkan permainan yang aktif di siang hari dan permainan yang sederhana di malam hari. Cara ini dapat membuat bayi sedikit lelah dan dapat tertidur pulas.

  • Konsisten melakukan aktivitas yang sama sebelum tidur setiap harinya.

  • Buat setiap aktivitas menjadi tenang dan damai, terutama menjelang waktu tidur.

  • Mandi sebelum tidur dapat menenangkan bayi, sehingga tidurnya akan jauh lebih tenang dan lebih cepat terlelap .

3. Letakkan bayi di tempat tidur saat ia mulai mengantuk

3. Letakkan bayi tempat tidur saat ia mulai mengantuk
Freepik

Saat bayi berusia 6 sampai 12 minggu, Mama bisa menenangkan bayi dengan cara menggendong atau mengayunnya sampai mereka mengantuk.

Ketika si Kecil hampir tertidur, letakkan di tempat tidurnya dan biarkan mereka tertidur dengan sendirinya. Jangan menunggu sampai bayi benar-benar tertidur dalam pelukan Mama karena bisa menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan di kemudian hari.

Rutinitas ini juga akan mengajarkan bayi untuk menenangkan diri untuk tidur sendiri. Selain itu, Mama juga tidak perlu mengayun atau menggendongnya setiap kali bayi terbangun di malam hari.

4. Tips menurunkan risiko SIDS

4. Tips menurunkan risiko SIDS
Pixabay/Pexels

Setiap ingin menidurkan si Kecil, baik itu tidur malam maupun tidur siang, American Academy of Pediatrics menganjurkan Mama untuk melakukan hal berikut untuk menurunkan kemungkinan SIDS (Sudden infant death syndrome) atau kematian mendadak pada bayi:

  • Selalu letakkan bayi tidur dalam posisi telentang.

  • Selalu gunakan alas tidur yang kokoh.

  • Jika bayi tertidur di stroller atau ayunan, cobalah untuk memindahkannya ke kasur dengan permukaan yang rata.

  • Hindari membiarkan bayi tidur di ranjang yang sama dengan orangtua.

  • Jangan mengandalkan produk perlengkapan bayi yang mengklaim dapat mencegah SIDS.

  • Hindari menutupi kepala bayi dan jangan sampai bayi merasa kepanasan.

  • Pastikan bayi mendapatkan semua vaksinasi yang direkomendasikan.

  • Cukupi kebutuhan ASI atau susu bayi.

  • Jika Mama lelah, jangan tertidur sambil menyusui dengan posisi duduk di kursi atau di sofa.

  • Selama masa kehamilan, pastikan Mama mendapatkan perawatan prenatal secara teratur.

5. Metode ferber untuk mengajari bayi tidur sendiri

5. Metode ferber mengajari bayi tidur sendiri
Freepik.com/pch-vector

Salah satu jenis metode melatih tidur bayi adalah metode ferber yang juga dikenal sebagai Progressive Watching atau Graduated Extinction. Tujuannya adalah untuk mengajari bayi cara tidur sendiri dan kembali tidur jika terbangun di malam hari. 

Richard Ferber, MD, Direktur the Center for Pediatric Sleep Disorders di rumah sakit anak di Boston, telah mengembangkan metode ini dan menyarankan orangtua untuk menerapkan metode ini pada bayi yang usianya sudah 5 atau 6 bulan karena bayi dinilai sudah siap secara fisik dan mental untuk tidur sendiri di kamarnya. Berikut ini adalah cara melakukan metode ferber:

  • Letakkan bayi di tempat tidurnya saat ia mengantuk, tetapi masih terjaga. 

  • Setelah menyelesaikan rutinitas sebelum tidur, Mama bisa meninggalkan ruangan bayi.

  • Jika bayi menangis, tunggu beberapa menit sebelum menghampirinya.

  • Saat menghampiri kamar bayi, cobalah untuk menghiburnya, tetapi jangan menggendongnya dan jangan lebih dari 2 atau 3 menit, bahkan jika bayi masih menangis saat Mama pergi. 

  • Jika bayi terus menangis, secara bertahap tingkatkan waktu lamanya Mama menunggu sebelum menghampiri bayi. Misalnya, jika sebelumnya Mama menunggu 3 menit, yang kedua kalinya tunggu sekitar 5 menit, selanjutnya 10 menit, hingga seterusnya.

Pada awalnya, metode ini mungkin sulit diterapkan. Tetapi, Mama akan melihat peningkatan dalam pola tidur bayi pada hari ke 3 atau 4.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi bayi susah tidur yang bisa Mama lakukan untuk membangun pola tidur yang sehat pada si Kecil.

Jika Mama merasa pola tidur si Kecil masih berantakan dan sulit untuk tidur, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.