TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara Mengetahui Weton Kelahiran Bayi Berdasarkan Kalender Jawa

Penasaran dengan weton kelahiran si Kecil? Yuk, cari tahu dengan beberapa cara ini!

26 September 2022

Cara Mengetahui Weton Kelahiran Bayi Berdasarkan Kalender Jawa
Freepik/freepik

Sebagai penduduk Indonesia, terutama orang Jawa, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah weton. Ilmu weton ini merupakan tradisi budaya yang hingga kini masih diyakini kebenarannya.

Nah, bagi Mama yang penasaran, Mama juga bisa mengetahui weton kelahiran si Kecil yang dapat digunakan untuk mengetahui karakter dan mencari hari-hari baik di kehidupannya kelak. 

Berikut Popmama.com akan membahas seputar cara mengetahui weton lahir. Yuk, kita simak!

Apa Itu Weton Jawa?

Apa Itu Weton Jawa
Freepik/freepik

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara menghitung weton kelahiran, sebaiknya kita pahami dahulu apa itu weton Jawa.

Weton atau pasaran hari dalam kalender Jawa merupakan salah satu kepercayaan kuno yang masih banyak dipegang teguh hingga sekarang.

Weton dapat dicari tahu melalui penanggalan atau perhitungan hari lahir seseorang yang sering digunakan sebagai patokan untuk mencari tahu ramalan tertentu. Ramalan tersebut dicaritahu melalui suatu siklus hari dalam kalender tradisional.

Umumnya, orang memercayai weton kelahiran untuk mencari tahu watak atau karakter seseorang. Selain itu, weton juga dipercaya dapat menentukan hal-hal penting seperti tanggal pernikahan, rejeki, dan hari-hari penting lainnya.

Nah, untuk mengetahui weton lahir si Kecil berdasarkan kalender Jawa, Mama bisa mencari tahu lewat cara-cara berikut ini:

1. Bertanya kepada orangtua yang paham dengan weton Jawa

1. Berta kepada orangtua paham weton Jawa
Freepik/prostooleh

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencari tahu weton si Kecil adalah dengan bertanya kepada orangtua yang memahami penanggalan Jawa.

Biasanya, orangtua zaman dahulu, terutama masyarakat Jawa, memiliki pengetahuan mengenai weton kelahiran. Pasalnya, banyak orangtua percaya weton sangat penting untuk menentukan hari-hari penting ke depannya.

Editors' Picks

2. Mencari tahu weton kelahiran bayi dengan melihat kalender Jawa

2. Mencari tahu weton kelahiran bayi melihat kalender Jawa
Popmama.com/Aristika

Cara lain yang bisa Mama lakukan untuk mengetahui weton kelahiran si Kecil adalah dengan melihat perhitungan kalender Jawa. 

Mama bisa menemukan weton lahir lewat tabel di atas dengan menarik garis horizontal pada tahun dan disesuaikan dengan bulan lahir. Sebagai contoh, jika lahir di bulan Januari 2022, maka angka yang didapatkan adalah angka 6.

Cara Mengetahui Weton Kelahiran Bayi Berdasarkan Kalender Jawa
Popmama.com/Aristika

Selanjutnya, untuk mengetahui harinya, Mama bisa menjumlahkan angka yang telah didapatkan pada tabel sebelumnya dengan tanggal lahir bayi. Misalnya pada angka sebelumnya Mama mendapatkan angka 6 dan tanggal lahir si Kecil adalah 27, maka 6 + 27 = 33. 

Berdasarkan tabel di atas, maka hari lahir si Kecil berada di (angka 33) hari Kamis.

3. Mencari tahu tabel pasaran pada kalender Jawa

3. Mencari tahu tabel pasaran kalender Jawa
Popmama.com/Aristika

Untuk mencari tahu pasaran weton bayi, Mama bisa mencari di kalender pasaran yang mempunyai 5 hari. Mama bisa menggunakan tabel di atas ini dengan langkah-langkah sederhana.

Pertama, tarik garis horizontal pada tahun dan bulan. Contohnya: Januari 2022 maka didapatkan angka 3.

Kemudian tambahkan angka yang didapat dengan tanggal lahir si Kecil. Misalnya tanggal lahir si Kecil adalah 27, maka 3 + 27 = 30. 

Cara Mengetahui Weton Kelahiran Bayi Berdasarkan Kalender Jawa
Popmama.com/Aristika

Selanjutnya Mama bisa melihat tabel nama hari Jawa dan menyesuaikan dengan angka yang didapat dari penjumlahan sebelumnya. Angka 30 sendiri menunjukkan pasaran Pon.

Kesimpulannya, weton kelahiran 27 Januari 2022 jatuh pada Kamis Pon. Cukup mudah bukan?

4. Mencari weton kelahiran bayi melalui website kalkulator weton

4. Mencari weton kelahiran bayi melalui website kalkulator weton
Freepik/lifeforstock

Nah, jika Mama lebih memilih cara yang lebih praktis dibandingkan menghitung manual, Mama bisa mengakses website online yang menyediakan kalkulator untuk mengetahui weton si Kecil. Ada banyak sekali website atau aplikasi yang menyediakan cara menghitung weton kelahiran secara praktis. 

Mama hanya perlu memasukan tanggal, bulan, dan tahun lahir si Kecil, kemudian hasilnya akan langsung keluar tanpa harus menghitung manual. Sangat praktis, kan?

Demikian beberapa cara mengetahui weton lahir. Selamat mencoba, ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk