3 Langkah Pertolongan Pertama Pada Bayi Tersedak ASI

Mama perlu tahu pencegahan dan cara mengatasi jika bayi tersedak ASI

23 September 2021

3 Langkah Pertolongan Pertama Bayi Tersedak ASI
Pixabay.com/theproofphotography

Proses menyusui bayi merupakan momen-momen yang tepat bagi Mama untuk meningkatkan ikatan antara ibu dan anak. Oleh sebab itu, Mama pasti akan memastikan si Bayi merasa aman dan nyaman saat sedang menyusu di dalam dekapan.

Namun, terkadang ada saja hal-hal yang dapat mengganggu momen bayi saat sedang menyusui, salah satunya adalah tersedak ASI. Tersedak ASI merupakan hal yang umum terjadi saat bayi sedang menyusu. 

Namun, Mama tak perlu panik dan khawatir karena kali ini Popmama.com akan merangkum apa saja pertolongan pertama yang dapat Mama lakukan saat bayi tersedak ASI. Langsung saja baca informasi berikut ini ya, Ma!

Mengapa Bayi Bisa Tersedak ASI?

Mengapa Bayi Bisa Tersedak ASI
Freepik/Freepic.diller

Robert Hamilton, MD, FAAP, seorang dokter anak di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, mengatakan bahwa tersedak saat menyusu merupakan hal yang umum terjadi pada bayi yang baru lahir karena memiliki reflek yang berlebihan.

Selain itu, bayi baru lahir juga belum dapat menggunakan mulutnya dengan sempurna, mereka masih dalam proses belajar memahami kinerja mulut mereka, jadi wajar saja jika bayi mudah tersedak saat menyusu.

Cara Mencegah Bayi Tersedak ASI

Cara Mencegah Bayi Tersedak ASI
Freepik/valuavitaly

Sebelum mengetahui pertolongan pertama saat bayi tersedak, sebaiknya ketahui dulu pencegahan yang dapat dilakukan agar bayi tidak mudah tersedak. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah posisi menyusui. 

Cobalah menyusui dalam posisi santai. Tarik bayi dari payudara sesekali untuk membantu mereka mengatur napas.

Bayi tersedak juga bisa disebabkan oleh ASI yang keluar lebih cepat daripada yang bisa ditelan bayi. Biasanya, ini terjadi ketika Mama memiliki kelebihan pasokan ASI. Jika ASI mama cenderung deras, sebelum menyusui si Kecil, ada baiknya Mama mengurangi tekanan di payudara dengan memompanya sedikit. 

Editors' Picks

Langkah Mengatasi Bayi Tersedak ASI

Bayi yang tersedak ASI harus segera ditangani sebab ASI yang menyumbat saluran napas bisa menyebabkan bayi mengalami masalah serius, termasuk kematian karena tersedak.

Ada 3 langkah pertolongan yang harus segera Mama lakukan jika si Bayi tersedak ASI. Berikut langkahnya:

1. Hentikan menyusui bayi saat ia tersedak

1. Hentikan menyusui bayi saat ia tersedak
Freepik/pvproductions

Langkah pertama yang dapat dilakukan saat bayi tersedak adalah segera hentikan menyusui bayi. Jika bayi terbatuk, itu tandanya saluran pernapasannya tersumbat. Biarkan ia batuk-batuk untuk menyembuhkan pernapasannya kembali.

2. Tepuk punggung bayi

2. Tepuk punggung bayi
Freepik/cookie_studio

Jika bayi tersedak saat sedang menyusu, pertolongan yang dapat dilakukan adalah dengan menepuk punggungnya. Angkat dan gendong bayi sambil menopang kepala dan lehernya, kemudian tepuk punggungnya secara perlahan. Menepuk punggung akan menenangkan bayi dan kembali membuat ia merasa nyaman.

3. Berikan dorongan pada bagian dada

3. Berikan dorongan bagian dada
Freepik/valuavitaly

Jika bayi masih terus terbatuk, itu artinya saluran pernapasannya masih tersumbat. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membaringkan bayi menghadap ke atas. Kemudian tempatkan dua jadi di tengah dada mereka, tepatnya di bawah puting. Kemudian dorong jari ke bawah hingga lima kali.

Dorongan dada ini dapat menekan udara keluar dari paru-paru bayi dan dapat mengeluarkan sumbatan pernapasannya.

Itulah informasinya seputar bayi yang tersedak ASI dan bagaimana cara memberikan pertolongan pertamanya. Jika bayi terus-terusan tersedak saat menyusu, segera konsultasikan dengan dokter. Selamat menyusui ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.