20 Ucapan Bayi Baru Lahir, Penuh Doa dan Kebahagiaan

Bisa menjadi inspirasi untuk memberikan ucapan kepada keluarga dan kerabat Mama

27 Oktober 2021

20 Ucapan Bayi Baru Lahir, Penuh Doa Kebahagiaan
Freepik/freepic.diller

Kehadiran seorang buah hati merupakan hal yang sangat berharga dan membahagiakan bagi orangtua. Oleh karena itu, kelahiran bayi patut disyukuri dan dirayakan karena sang Mama telah berhasil melalui proses panjang dari masa kehamilan hingga proses persalinan.

Sebagai seorang keluarga, kerabat, atau sahabat, Mama tentunya dapat merasakan kebahagiaan saat orang terdekat baru saja dikaruniai sang buah hati. Untuk mengekspresikan kebahagian, biasanya orang akan memberikan ucapan selamat atas kelahiran si Kecil.

Nah, kali ini Popmama.com akan memberikan 20 inspirasi ucapan bayi yang baru lahir. Langsung saja simak rangkumannya yuk, Ma!

1. Ucapan selamat untuk kelahiran anak yang pertama

1. Ucapan selamat kelahiran anak pertama
Freepik/Freepic.diller

Dikaruniai anak untuk yang pertama kali tentunya merupakan momen yang sangat membahagiakan bagi orangtua. Apalagi jika ditambah dengan banyaknya doa, perhatian dan ucapan yang diberikan dari orang-orang terdekat. Berikut ini adalah beberapa contoh ucapan untuk kelahiran anak pertama:

  • "Selamat atas kehadiran anak pertamamu. Semoga si Kecil kelak menjadi anak yang berbakti dan dapat membanggakan orangtuanya."

  • "Hai, Ma! Selamat atas kelahiran anak pertamamu! Semoga ia selalu diberikan kesehatan dan dapat tumbuh menjadi anak yang berbakti pada orangtua."

  • "Selamat atas kehadiran anggota keluarga baru. Aku doakan semoga ia selalu diberi kesehatan, tumbuh menjadi anak yang cerdas dan kelak dapat membanggakan kedua orangtuanya."

  • "Selamat menjadi Mama untuk yang pertama kalinya. Aku berdoa semoga kelak si Kecil akan tumbuh menjadi kebanggaan orangtuanya.”

Editors' Picks

2. Ucapan bayi perempuan

2. Ucapan bayi perempuan
Freepik/anna_grant

Selain ucapan selamat untuk kelahiran anak yang pertama, Mama juga bisa memberikan ucapan khusus untuk kelahiran bayi perempuan. Berikut adalah contoh ucapan untuk kelahiran bayi perempuan:

  • “Halo Mama! Selamat atas kelahiran seorang putri yang menggemaskan. Semoga kelak ia menjadi anak yang cerdas dan berbakti pada kedua orangtuanya."

  • “Selamat atas kelahiran putri pertama ya, Ma! Akhirnya, semua keinginanmu menjadi seorang Mama telah menjadi kenyataan. Semoga si Kecil selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan, ya!”

  • “Wah, selamat ya atas hadirnya anggota baru di keluargamu. Selamat datang di klub orangtua dan selamat atas kelahiran putrimu yang menggemaskan!"

  • “Halo Mama dan Papa! Selamat atas kelahiran bidadari kecil kalian. Semoga kelak ia menjadi anak yang solehah, penyayang, serta taat pada agama dan orangtua”

3. Ucapan bayi laki-laki

3. Ucapan bayi laki-laki
Freepik/freepic.diller

Setelah sebelumnya ada contoh ucapan untuk kelahiran bayi perempuan, yang ini merupakan ucapan khusus untuk kelahiran bayi laki-laki. Berikut adalah contoh ucapan untuk kelahiran bayi laki-laki:

  • "Selamat atas kelahiran putra pertama kalian! Semoga kelak ia menjadi anak yang cerdas berbakti pada orangtua, serta selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan.”

  • “Selamat ya, atas kelahiran putra yang sangat menggemaskan. Aku berdoa semoga kelak ia akan tumbuh menjadi anak yang sehat, kuat, cerdas, dan menyayangi Papa dan Mamanya."

  • "Selamat ya! Akhirnya penantian panjang kalian memiliki anak laki-laki telah terwujud. Semoga si Kecil sehat selalu dan dapat menjadi anak yang berguna bagi orangtua serta nusa dan bangsa di masa depan."

  • “Selamat datang di dunia bayi mungil yang gemas! Semoga si Kecil menjadi anak laki-laki yang soleh serta berbakti pada agama dan orangtuanya saat dewasa kelak.”

4. Ucapan kelahiran bayi yang formal

4. Ucapan kelahiran bayi formal
Freepik/freepic.diller

Bagi Mama yang ingin memberikan ucapan atas kelahiran bayi dengan bahasa yang formal, berikut adalah contoh yang bisa menginspirasi Mama:

  • “Selamat atas kelahiran bayi yang sudah dinanti-nantikan. Salam hangat untuk Mama, Papa dan sang buah hati.”

  • “Turut berbahagia atas kehadiran seorang anggota keluarga baru. Semoga selalu diselimuti kebahagiaan, cinta dan sukacita.”

  • “Selamat atas kelahiran anak pertamamu yang menggemaskan. Doa terbaik untuk semua anggota keluarga.”

  • “Selamat atas petualangan baru menjadi orangtua. Semoga selalu diberi kesehatan dan diselimuti kebahagiaan.”

5. Ucapan kelahiran bayi yang bernuansa islami

5. Ucapan kelahiran bayi bernuansa islami
freepik.com/jcomp

Jika Mama memberikan ucapan yang bernuansa islami dan penuh doa, berikut adalah contohnya yang bisa menginspirasi Mama:

  • "Turut berbahagia atas kelahiran seorang bayi yang telah dinanti-nantikan. Semoga Allah memberkahimu dan seluruh anggota keluarga.”

  • Ja'alallahu mubaaarokan 'alaika wa 'ala ummati Muhammadin. Semoga Allah menjadikannya anak yang diberkahi atasmu dan atas umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.”

  • "Alhamdulillah, turut berbahagia atas kelahiran putra/putrimu. Semoga ia diberi kesehatan dan berada dalam lindungan-Nya, serta menjadi anak yang soleh/solehah.”

  • Selamat atas kelahiran putra/putrimu. Semoga ia tumbuh menjadi anak yang taat pada agama dan orangtua serta dapat membawa kebaikan dan keberkahan untuk keluarganya kelak."

Nah, itulah 20 ucapan bayi baru lahir yang bisa Mama jadikan inspirasi untuk diutarakan pada kerabat atau saudara setelah melahirkan. Semoga membantu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.