Dalam Semalam, Seorang Bayi 11 Minggu Tumbuh Gigi Taring!

Sang Mama mengaku tekejut ketika menemukan bayinya memiliki gigi taring di bagian depan gusi

22 Desember 2018

Dalam Semalam, Seorang Bayi 11 Minggu Tumbuh Gigi Taring
Facebook.com/ Tara O'Bryne

Dilansir dari The Sun, Tara O’Byrne, mama dari Oscar O'Bryne terkejut setelah menemukan bayinya yang berusia 11 minggu tumbuh gigi taring dalam semalam.

Ia mengatakan bahwa malam itu Oscar tidur dengan tidak tenang sehingga ia memutuskan untuk membawanya ke dokter di pagi harinya.

"Jika Oscar menangis, biasanya saya memberinya penenang dan akhirnya ia kembali tertidur. Namun tidak kali ini, ia terus menangis," ungkap Tara.

Sebelum berangkat ke dokter, Tara menyuapi Oscar.

Ketika itu, Tara baru menyadari bahwa Oscar memiliki gigi tajam yang tumbuh dari gusi depannya. Dan anehnya, gigi tersebut tidak ada sebelumnya! Ini artinya, gigi itu telah tumbuh dalam semalam!

Segera, Tara bergegas membawa Oscar ke Rumah Sakit Our Lady of Lourdes. Di sini, dokter tampaknya lebih banyak menghabiskan waktu untuk memperdebatkan apa yang telah terjadi pada bayinya.

Frustrasi dengan dokter sebelumnya, Tarra pun bergegas membawa Oscar ke Rumah Sakit Temple Street untuk diperiksa oleh dokter gigi profesional.

Gigi Tersebut Bikin Dokter Ngeri

Gigi Tersebut Bikin Dokter Ngeri
Facebook.com/ Tara O'Bryne
Oscar O'Bryne

“Saya dan tim dokter harus memegang lengan Oscar saat proses pencabutan gigi. Tetapi ada kesalahan prosedur saat proses pencabutan gigi itu. Akibatnya, gigi Oscar malah terdorong ke arah hidungnya. Untungnya, akhirnya proses pencabutan berhasil dan kini ia baik-baik saja," cerita Tara.

Beberapa dokter gigi mendokumentasikan gigi taring Oscar untuk diteliti. Tara meminta gigi itu untuk ditunjukan kepada Oscar ketika ia dewasa.

“Saya ketakutan pada awalnya, tetapi sekarang saya melihat sisi yang lucu. Saya dan suami kini menertawakannya,” tutur Tarra.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa proses pertumbuhan gigi bayi yang perlu orangtua ketahui!

Editors' Picks

Proses Pertumbuhan Gigi Bayi

Proses Pertumbuhan Gigi Bayi
Pxhere/ CC0 Public Domain

Mengetahui kasus unik yang dialami oleh Oscar, maka sebenarnya kapan dan bagaimana proses pertumbuhan gigi bayi secara normal?

Biasanya, bayi mulai tumbuh gigi pada usia 6 bulan. Dua gigi pertama yang tumbuh adalah dua gigi depan bagian bawah, diikuti oleh empat gigi depan bagian atas. 

Semua gigi yang tumbuh berjumlah 20 gigi, terdiri dari 10 di rahang atas dan 10 di rahang bawah. Semua gigi tersebut harus sudah tumbuh pada saat anak berusia dua setengah hingga tiga tahun.

Berikut beberapa fakta mengenai pertumbuhan gigi pada bayi:

  • Umumnya, untuk setiap 6 bulan kehidupan, gigi bayi akan tumbuh sekitar 4 buah.
  • Bayi perempuan biasanya tumbuh gigi terlebih dahulu sebelum anak laki-laki pada usia yang sama.
  • Gigi bawah biasanya akan tumbuh terlebih dahulu sebelum gigi atas.
  • Gigi di kedua rahang kiri dan kanan biasanya tumbuh secara bersamaan.
  • Gigi primer atau gigi bayi, lebih kecil dan lebih putih dari gigi permanen.
  • Pada saat seorang anak berusia 2 hingga 3 tahun, semua gigi sulung seharusnya telah tumbuh.
  • Anak-anak mulai kehilangan gigi sulung mereka sekitar usia 6 hingga 7 tahun.

Nah, itulah beberapa fakta mengenai pertumbuhan gigi tidak normal yang dialami oleh Oscar beserta penjelasan mengenai pertumbuhan gigi secara normal.

Perawatan gigi dan gusi sejak dini juga dapat membantu pertumbuhan giginya di masa mendatang. Maka dari itu, rawatlah gigi dan gusi si Kecil dengan baik ya, Ma!

Baca juga: Dos & Don'ts: Meredakan Nyeri Tumbuh Gigi pada Bayi

Baca juga: 5 Fakta tentang Gigi Pertama Bayi

Baca juga: 3 Hal Penyebab Gigi Bayi Berwarna Abu-abu

Topic: