Mengejutkan, Ternyata Ini Manfaat Tummy Times pada Bayi!

Salah satunya dapat membantu Si Kecil ke jenjang sekolah lho

21 Juni 2018

Mengejutkan, Ternyata Ini Manfaat Tummy Times Bayi
mumsgrapevine.com.au

Dalam 20 tahun terakhir, kita telah belajar betapa pentingnya meletakkan bayi untuk tidur secara tengkurap atau biasa disebut dengan tummy time.

Praktik ini telah dikreditkan dapat menurunkan tingkat SIDS. 

Jika belum mengetahui SIDS, maka Mama perlu tahu nih! SIDS adalah sindroma kematian bayi mendadak, kematian bayi mendadak bisa saja terjadi antara usia satu bulan sampai satu tahun.

Dengan dicanangkannya tummy times, maka para peneliti semakin bersikeras untuk membantu bayi agar mendapatkan tummy time-nya tiap kali ia bangun tidur.

Bukan hanya untuk mencegah SIDS, tummy time juga penting untuk membangun kekuatan dan keterampilan motorik bayi, bahkan dapat mempengaruhi tulisan tangan mereka beberapa tahun kemudian.

Dr. Anne Zachry, ketua departemen terapi okupasi di Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Tennessee menekankan pentingnya memulai tummy time sesegera mungkin, bahkan setelah Mama dan bayi pulang dari rumah sakit.

Mulailah dengan hanya beberapa menit melakukan tummy time sebelum memperpanjang sesi ketika Si Kecil sudah semakin kuat.

Nah, berbicara mengenai tummy time, maka kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa manfaat tummy time pada bayi.
Ini dia manfaatnya!

1. Memperkuat otot perut dan leher

1. Memperkuat otot perut leher
babycenter.co.uk

Pada saat melakukan tummy time, maka mereka juga akan menggunakan leher, perut, batang tubuh, otot bahu, dan juga tangan mereka.

Maka dari itu, tidak heran jika tummy time dapat memperkuat otot-otot Si Kecil.

Dr. Anne Zachry juga menambahkan bahwa tummy time dapat mengasah keterampilan motorik halusnya juga. "Dengan melakukan tummy time, maka mereka akan mulai mendorong diri sendiri untuk melihat-lihat, melatih otot yang mendasar untuk keterampilan motorik halus, dan mendapatkan pengalaman perseptual yang berbeda," jelasnya.
 

Editors' Picks

2. Memengaruhi bentuk tulisannya saat dewasa

2. Memengaruhi bentuk tulisan saat dewasa
thebump.com

Hubungan dimana tummy time dapat mempengaruhi tulisan tangannya saat dewasa telah ditemukan melalui studi informal oleh Dr. Anne Zachry, ketua departemen terapi okupasi di Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Tennessee. 

Ia menjelaskan pada The New York Times bahwa ia menyadari tulisan tangan yang buruk merupakan gejala kelemahan lengan dan badan. 

Setelah menyadari hal tersebut, kemudian ia mengirimkan kuesioner ke rumah orang tua dari anak-anak yang memiliki tulisan tangan yang buruk.

Mengejutkan, ternyata hasil mengatakan bahwa mayoritas anak-anak tersebut memiliki masalah pada motorik halusn dan berpegaruh pada bentuk tulisannya.

Salah satu penyebabnya, tidak lain tidak bukan karena sewaktu kecil mereka tidak melewati masa tummy time.

3. Memiliki kontrol keseimbangan yang baik

3. Memiliki kontrol keseimbangan baik
bundoo.com

Dr. Anne Zachry mengatakan sepertinya tummy time dapat memicu hal-hal positif pada bayi.

Dengan melakukan ini, mereka akan terus memperkuat lengan dan tubuh, sehingga mereka memiliki kontrol keseimbangan yang lebih baik selama bertahun-tahun ke depan dibandingkan dengan anak-anak yang tidak melakukan tummy time.

Nah, itulah manfaat dan hal-hal yang perlu diketahui dari tummy time pada bayi. Setelah mengetahui hal tersebut, mulai sekarang jangan tunda-tunda lagi untuk melakukan tummy time pada bayi ya, Ma!