5 Tips Agar Si Kecil Betah Duduk di Car Seat

Mama yang mau mudik pakai mobil bareng Si Bayi harus tahu trik ini!

14 Juni 2018

5 Tips Agar Si Kecil Betah Duduk Car Seat
Pixabay/Tammydz

Saat usianya masih kecil, bayi bisa jadi langsung terlelap saat masuk ke mobil dan mendengar deruannya. Semakin tambah umurnya, ia semakin aktif dan semakin berontak ia saat didudukkan di car seat.

Bagi Mama yang hendak bepergian dengan kendaraan pribadi, tentu saja penggunaan car seat adalah hal wajib yang harus dipatuhi demi keselamatan Si Kecil, dan juga orang lainnya yang ada di dalam mobil.

Jadi, apa yang harus Mama lakukan agar Si Kecil betah duduk di tempat yang satu ini?

1. Alihkan perhatiannya

1. Alihkan perhatiannya
Pixnio/Amanda Mills USCDC

Jika bayi sudah mulai menangis pada detik ia melihat car seat, segera alihkan perhatiannya dengan mainan kesukaan atau lagu kesayangannya, sementara Mama mengencangkan sabuk pengamannya.

Tanpa ia sadari, tentu hal ini akan berlalu dengan seketika.

Agar ia tetap tenang di perjalanan, putar pula musik dan beri ia banyak mainan kesukaannya.

2. Cek sabuk pengamannya

2. Cek sabuk pengamannya
Pixabay/MikesPhotos

Cek sabuk pengaman yang menempel pada tubuh bayi.

Idealnya, Mama hanya bisa menyelipkan dua jari di antara sabuk dan tubuh Si Kecil.

Jika Mama bisa menyelipkan lebih dari 2 jari, maka artinya sabuk terlalu longgar sehingga Si Kecil bisa merosot dan lolos dari sabuk. Ini tentu membahayakan dirinya. 

Sebaliknya, jika Mama tidak bisa menyelipkan 2 jari, maka sabuk terlalu ketat. Ini juga membuat Si Kecil tidak nyaman dan peredaran darahnya bisa terhambat, lho!

Editors' Picks

3. Halangi sang mentari

3. Halangi sang mentari
Pixabay/Esudroff

Bisa jadi Si Kecil merasa tak nyaman karena merasa silau saat ia duduk di car seat.

Gunakan tudung yang tersedia di bagian kepala car seat, atau Mama harus memberikan penghalang sinar matahari di kaca bagian samping agar ia merasa nyaman sepanjang perjalanan.

Pastikan juga suhu ruangan kabin tepat. Jika memakai AC, pastikan anginnya tidak langsung menerpa mukanya hingga membuatnya mual.

4. Bawa car seat ke dalam rumah

4. Bawa car seat ke dalam rumah
Flickr/Jessica Merz

Biarkan ia mengenal car seat tersebut dengan bermain, dan perlahan Mama letakkan ia di posisi duduknya lengkap dengan sabuk pengamannya selama beberapa saat.

Sibukkan dirinya dengan mainan misalnya, agar Si Kecil terbiasa dan mendapatkan pengalaman positif dari car seat tersebut.

5. Jangan menyerah, Mama

5. Jangan menyerah, Mama
Pixabay/rhonda_jenkins

Jika Mama memang hanya berdua di dalam kendaraan atau di perjalanan jauh, tentu saja penggunaan car seat sangat penting bagi bayi. Mama tak mungkin membiarkannya duduk tanpa pengaman dan membahayakan dirinya saat Mama mengerem mendadak, misalnya.

Walaupun Si Kecil menangis, Mama jangan menyerah dengan melepaskannya dari sabuk pengaman, ya Ma. Karena kecelakaan hanya membutuhkan hitungan detik, dan Mama tak akan bisa melindungi Si Kecil dalam sekejap.

Selamat aman berkendara, ya Ma! Share deh informasi penting ini ke teman mama yang kemana-mana bersama anaknya sambil menyetir sendiri.