Waspada Speech Delay, Cek Perkembangan Bahasa Bayi 0-12 Bulan di Sini!

Apakah kemampuan bahasa si Kecil sudah sesuai dengan usianya saat ini, Ma?

12 November 2021

Waspada Speech Delay, Cek Perkembangan Bahasa Bayi 0-12 Bulan Sini
pixabay/Stock Snap
Ci luk ba!

Menjadi orangtua tentu saja bukan hal yang mudah ya, Ma. Kita bukan hanya harus memperhatikan tumbuh-kembang anak, tetapi juga kemampuan mereka, mulai dari motorik kasar, motorik halus, sosial, hingga bahasa.

Tak jarang kita temui orang-orang di sekitar kita yang memiliki kekhawatiran tentang kemampuan bahasa anaknya.

Beberapa dari mereka bahkan memberikan label speech delay kepada anak mereka hanya karena belum bisa berbicara lancar seperti teman-teman seusianya, tanpa sebelumnya berkonsultasi dengan para ahli.

Kemampuan berbahasa bayi ternyata dilihat dari dua faktor loh, Ma. Faktor pertama adalah bagaimana bayi bisa mengeluarkan suara atau artikulasi, sementara yang kedua tentang penyusunan kata untuk membentuk kalimat.

Jadi, perkembangan bahasa bayi ini berhubungan dengan pemahaman tentang informasi dan bagaimana mereka mengekspresikan keinginannya saat berbicara.

Untuk lebih lengkapnya, berikut Popmama.com rangkum perkembangan bahasa bayi mulai dari usia 0-12 bulan. Yuk, kita simak bersama!

Perkembangan Bahasa Bayi 0-3 bulan

Perkembangan Bahasa Bayi 0-3 bulan
maxpixel.freegreatpicture
Halo Mama!

Di usia ini, bayi akan mulai mengenali suara Mama dan Papa. Bayi juga akan bereaksi saat diajak berbicara dan mulai bisa mengekspresikan rasa senang, sedih, dan takut. Di tahap ini pula, orangtua akan mulai mendengar bayi mengatakan dua suku kata.

Editors' Picks

Perkembangan Bahasa Bayi 4-6 bulan

Perkembangan Bahasa Bayi 4-6 bulan
Pexels.com/Anna Shvets

Pada tahap ini, Mama akan mulai mendengar bayi bisa mengoceh. Selain itu, bayi akan menoleh ke sumber suara atau saat namanya dipanggil, dan bahkan bisa tertawa ketika Mama mengajaknya bicara. Bayi juga akan sangat tertarik dengan berbagai jenis suara dan intonasi.

Perkembangan Bahasa Bayi 7-9 bulan

Perkembangan Bahasa Bayi 7-9 bulan
Pixabay.com/tookapic

Ketika sudah mencapai usia ini, bayi akan lebih lama dan sering mengoceh. Bayi juga sudah bisa memberikan respons terhadap kata-kata yang Mama ucapkan, seperti misalnya nama orang ataupun kegiatan sederhana yang dilakukan setiap hari (mandi, makan, dan lainnya).

Perkembangan Bahasa Bayi 10-12 bulan

Perkembangan Bahasa Bayi 10-12 bulan
Pexels/pixabay

Jika sudah di usia ini, bayi akan semakin pintar, Ma. Mereka bukan hanya bisa mengenali wajah keluarganya saja, tetapi juga mulai mengucapkan nama mereka, seperti ‘Mama’ atau ‘Papa’.

Di tahap ini, bayi juga sudah memahami perintah sederhana, seperti ‘dadah’ atau ‘bye-bye’ saat berpisah. Ketika berusia satu tahun, beberapa bayi juga sudah bisa mengucapkan lebih dari satu kata.

Pada bayi, kemampuan berbahasa mereka bisa dilatih dengan berbagai cara, mulai dari sering mengajak bicara, mendongeng dengan buku, bernyanyi, dan lain sebagainya.

Namun, jika Mama menemui kecurigaan atau kekhawatiran terkait kemampuan berbahasa bayi, bisa langsung mendiskusikannya dengan Dokter Spesialis Anak (DSA) masing-masing, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.