Kaya Akan Nutrisi, Ini 5 Macam Sumber Protein Terbaik untuk MPASI

Protein untuk tumbuh kembang bayi sangat penting ya, Ma

7 Juni 2021

Kaya Akan Nutrisi, Ini 5 Macam Sumber Protein Terbaik MPASI
Freepik/jcomp

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan bayi, sangat diperlukan nutrisi yang seimbang. Salah satu sumber nutrisi yang paling penting adalah protein. Protein memiliki peran penting karena fungsinya untuk membantu pembentukan sel, jaringan tubuh, memperkuat otot dan tulang serta kekebalan tubuh bayi. Mama juga harus tahu, protein itu terdiri dari dua jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati.

Protein hewani seperti ikan, ayam, daging, dan telur. Sedangkan protein nabati seperti kacang-kacangan, alpukat, tahu dan tempe. Sejak usia enam bulan, bayi sudah membutuhkan MPASI dan protein yang dibutuhkan yaitu sekitar 13 gram per hari.

Berikut Popmama.com akan memberikan informasi sumber protein terbaik untuk MPASI. 

Yuk, disimak Ma!

1. Ikan

1. Ikan
Freepik/Racool_studio

Sumber protein terbaik untuk MPASI yang pertama adalah ikan. Ikan merupakan sumber protein hewani dan juga rendah lemak sehingga sangat bagus untuk dimasukan dalam MPASI. Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan dan kesehatan anak.

Namun, harus tetap memilih ikan yang dikonsumsi untuk si Kecil ya, Ma. Ikan seperti salmon dapat dikonsumsi karena tidak mengandung banyak merkuri. Mama juga bisa memilih beragam ikan lokal yang lebih terjangkau, seperti ikan lele dan ikan gurame.

Editors' Picks

2. Telur

2. Telur
Pexels/Mona Sabha Cabrera

Telur adalah sumber protein, lemak esensial, dan zat besi. Telur kaya akan vitamin B12, betaine, dan kolin yang sangat baik bagi perkembangan otak anak. Pada bagian putih telur, mengandung protein yang sangat tinggi dan memiliki asam amino esensial untu kekebalan tubuh. Sedangkan, di bagian kuningnya mengandung semua vitamin kecuali vitamin C. 

Selain dapat ditemukan di mana saja dan harga yang terjangkau, Mama bisa kreasikan telur dengan bahan makanan lainnya yang mudah dibuat. 

Dalam satu butir telur mengandung kadar protein hingga 13 gram.

3. Daging sapi

3. Daging sapi
Pixabay/PDPhotos

Selanjutnya adalah daging sapi. Daging sapi kaya akan vitamin B, zat besi, dan selenium. Di dalam daging sapi mengandung protein serta lemak jenuh dan tak jenuh ganda yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung, penglihatan, dan kesehatan pada otak bayi.

Daging juga mudah dicerna oleh bayi, namun harus tetap diolah lagi agar mendapatkan hasil yang lembut ya Ma. Di dalam 100 gram daging sapi mengandung protein sebanyak 26 gram.

4. Tahu dan tempe

4. Tahu tempe
Pexels/Talina Tankilevitch

Tahu dan tempe merupakan bahan makanan mengandung protein yang paling mudah ditemui. Ini artinya, Mama juga dapat membuat MPASI dengan mudah karena dapat ditemui di mana saja. Makanan ini terbuat dari kacang kedelai yang mengandung protein, kalsium, dan serat.

Pada satu potong tahu ukuran sedang dengan berat 50 gram, terkandung sekitar 4 gram protein. Sementara, pada 1 potong tempe dengan berat 25 gram, terkandung sekitar 4,5 gram protein.

5. Buncis

5. Buncis
Freepik/Racool_studio

Sumber protein terbaik yang terakhir adalah buncis. Selain protein, di dalam buncis juga terdapat kandungan vitamin A dan vitamin K yang membantu membangun sistem kekebalan dalam tubuh bayi.

Jangan lupa ya Ma untuk merebus dan menghaluskannya terlebih dahulu agar mendapatkan tekstur yang lembut.

Buncis ini mengandung 1,8 gram protein dalam setiap 100 gram nya.

Itulah lima sumber protein terbaik untuk MPASI ya, Ma. Bebas kreasikan MPASI dengan bahan makanan lainnya, tetapi jangan lupa untuk lihat lagi kandungannya ya, karena sangat bermanfaat untuk bayi mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.