Begini Cara yang Tepat Atasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Menyedot ingus bayi sembarangan berisiko menimbulkan berbagai penyakit padanya

11 November 2021

Begini Cara Tepat Atasi Hidung Tersumbat Bayi
thestar.com

Di tahun pertama kehidupannya, bayi rentan sekali terserang penyakit flu seperti batuk dan pilek. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh bayi belum terbentuk dengan baik, sehingga mudah terinfeksi virus dan bakteri.

Bayi yang sedang flu cenderung lebih rewel dan susah tidur. Salah satu penyebab yang membuat bayi merasa tidak nyaman adalah hidung tersumbat.

Kondisi ini terjadi karena saat pilek, bagian hidung, pembuluh darah dan jaringan yang saling berdekatan mengalami pembengkakan. Sehingga membuat bayi sulit bernapas dan menjadi sangat rewel.

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan ya, Ma. Menghisap cairan ingus menggunakan mulut orang dewasa bukanlah cara yang tepat.

Cara tersebut bahkan memungkinkan berpindahnya kuman bakteri dari mulut orang dewasa ke tubuh bayi melalui hidung.

Jadi bagaimana cara yang tepat mengatasi hidung tersumbat pada bayi? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Bantu keluarkan ingus bayi

1. Bantu keluarkan ingus bayi
pinimg.com/

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa Mama lakukan adalah dengan membantu mengeluarkan ingus si Kecil, sebab bayi belum bisa mengeluarkan ingusnya sendiri. Mama bisa menggunakan aspirator atau sejenis pipet kecil bernama infant nasal bulb.

Menggunakan alat hisap khusus jauh lebih steril dibanding Mama melakukannya sendiri dengan mulut atau tangan.

Editors' Picks

2. Uap ruangan

2. Uap ruangan
Pixabay/Ckahlon

Salah satu cara alami untuk melegakan hidung yang tersumbat pada bayi adalah dengan terapi uap ruangan. Mama hanya perlu menyiapkan baskom berisi air panas, kemudian teteskan minyak kayu putih atau minyak telon untuk membantu melegakan pernapasan.

Supaya aman, letakkan baskom di sudut ruangan dan pastikan jauh dari jangkauan anak-anak.

Selain itu, Mama juga bisa menggunakan humidifier untuk melembapkan udara di dalam rumah atau diffuser ultrasonic yang ditetesi essential oil untuk mengatasi flu secara alami.

3. Oleskan essential oil

3. Oleskan essential oil
Pixabay/Mohammed_Hassan

Oleskan minyak esensial di beberapa titik yang sensitif seperti hidung, dada, punggung dan telapak kaki.

Beberapa jenis essential oil terbukti ampuh menyembuhkan flu secara alami, seperti minyak yang mengandung eucalyptus, myrtle dan peppermint. Ketiga bahan tersebut berkhasiat sebagai antivirus, anti inflamasi dan melegakan pernapasan.

4. Jaga kebersihan udara

4. Jaga kebersihan udara
Pixabay/Tiluria

Polusi udara seperti debu atau asap rokok dapat menyebabkan saluran pernapasan bayi semakin berat dan meradang. Oleh sebab itu, pastikan udara di dalam rumah, terutama di dalam kamar tidur dalam keadaan bersih.

5. Posisi tidur lebih tinggi

5. Posisi tidur lebih tinggi
breastfeeding.support

Bantu legakan pernapasan bayi dengan menggendong atau meletakkan si Kecil dalam posisi tidur yang lebih tinggi. Gunakan bantal yang tebal dan empuk untuk menyanggah kepala dan punggungnya. Posisi tidur yang lebih tinggi membantu si Kecil bernapas lebih lega dibandingkan posisi tidur datar.

Batuk pilek yang menjadi penyebab utama hidung tersumbat pada bayi tidak melulu dapat disembuhkan dengan obat. Daripada minum obat, lebih baik gunakan cara-cara alami seperti di atas.

Jika bayi mama sudah mulai MPASI, maka berikan makanan lembut dan hangat yang bergizi seperti sup ayam atau jus buah yang banyak mengandung vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuhnya.

Itulah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa Mama coba terapkan. Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter jika Mama mendapatkan kesulitan untuk mengatasinya.

Baca juga:

Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Hamil

Hidung Tersumbat Hingga Mimisan saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Balita

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.