hanco

Jangan Panik Ma, Ketahui 5 Alasan Si Kecil Mendadak Nangis Terus

Si Kecil belum bisa ngomong sih Ma

2 Desember 2019

Jangan Panik Ma, Ketahui 5 Alasan Si Kecil Mendadak Nangis Terus
Shutterstock/ucchie79

Baru pertama kali punya anak, apalagi kalau Mama termasuk dalam millennial Mama, pastinya ada rasa senang tapi juga bingung. Senang karena akhirnya bisa menjadi seorang Mama, tapi di waktu bersamaan Mama bingung bagaimana mengasuh dan mendidik si Kecil. Apalagi kalau masih bayi, anak Mama belum bisa mengatakan apa maunya, dan hanya bisa menangis. Kalau hal itu terjadi, jangan panik dulu ya Ma. Bisa jadi 5 hal ini jadi alasan si Kecil menangis terus.

1. Bisa jadi si Kecil merasa haus atau lapar

1. Bisa jadi si Kecil merasa haus atau lapar
Shutterstock/aslysun

Sudah waktunya tidur, tapi si Kecil malah menangis dan tidak bisa diam. Pastinya Mama jadi tidak bisa beristirahat dan harus menjaga si Kecil. Bisa jadi alasan si Kecil tak bisa diam karena ia merasa haus atau lapar. Mama bisa coba memberikannya ASI agar si Kecil lebih tenang, mungkin saja setelah diberi ASI ia bisa tertidur lelap.

2. Bisa jadi ia merasa kepanasan atau kedinginan lho Ma

2. Bisa jadi ia merasa kepanasan atau kedinginan Ma
Shutterstock/Mcimage

Namanya masih kecil, belum bisa berbicara dan mengatakan keinginannya. Jika si Kecil mendadak rewel dan menangis, bisa pula alasannya karena ia merasa kepanasan atau kedinginan. Jika sudah diberi ASI ia tak kunjung tenang, mungkin karena ia butuh kehangatan karena udara yang dingin. Daripada dibedong dengan kain atau dipakaikan baju tebal, Mama bisa mencoba cara lain. Mama bisa memberikan pijatan lembut menggunakan Konicare Minyak Telon Plus agar si Kecil merasa hangat dan tidak digigitin nyamuk.

Konicare Minyak Telon Plus terbuat dari bahan alami dan bermutu tinggi yang aman bagi bayi. Konicare Minyak Telon Plus memberikan kehangatan yang pas dan dapat meredakan perut kembung pada bayi. Kandungan alami Lavender dan Geranium pada Konicare Minyak Telon Plus dapat menghindarkan bayi dari gigitan/serangga selama 8 jam, sehingga bayi dapat tidur lebih nyenyak. Konicare Minyak Telon Plus mempunyai aroma yang harum alami tanpa tambahan parfum, wanginya bayi banget. Dan yang pasti Konicare Minyak Telon Plus ini halal lho, jadi tidak perlu kuatir lagi. Untuk info lebih lengkapnya, cek di sini ya Ma.

Editors' Picks

3. Si Kecil menangis bisa jadi tanda bahwa ia ngantuk

3. Si Kecil menangis bisa jadi tanda bahwa ia ngantuk
Shutterstock/A3pfamily

Mama harus pandai membedakan ‘nada’ tangis si Kecil. Biasanya si Kecil punya perbedaan sendiri yang menunjukkan situasi hatinya. Jika Mama sudah melakukan berbagai hal namun si Kecil terus menangis, bisa jadi tangisan itu adalah tanda jika ia mengantuk dan sudah lelah. Lebih baik jika ia menangis terus, jangan lanjutkan kegiatan dan segera ajak si Kecil tidur ya Ma.

4. Tangisannya bisa berarti ia bosan dan ingin diperhatikan oleh Mama

4. Tangisan bisa berarti ia bosan ingin diperhatikan oleh Mama
Shutterstock/ucchie79

Mama lagi asyik menonton TV atau drama Korea, tiba-tiba si Kecil menangis tak karuan. Pasti Mama langsung buru-buru memberikan susu, atau menggendongnya. Padahal bisa saja si Kecil memang lagi ingin diperhatikan oleh Mama karena ia merasa bosan. Nggak ada salahnya Mama ajak si Kecil bercanda sambil menggendongnya. Pasti tangisnya langsung luntur.

5. Bisa jadi anak Mama merasa ketakutan atau kesakitan

5. Bisa jadi anak Mama merasa ketakutan atau kesakitan
Shutterstock/ucchie79

Sudah melakukan segala cara di atas tapi si Kecil masih belum berhenti menangis? Mungkin ini jawaban terakhirnya Ma. Bisa jadi anak Mama tengah merasa ketakutan atau lagi sakit tapi belum bisa ngomong. Jika Mama merasa si Kecil tengah sakit, segera bawa ke dokter untuk mencari tahu lebih lanjut. Jangan sembarang memberi obat karena si Kecil masih terlalu dini untuk obat-obatan. 

Gimana Ma? Mulai sekarang, jangan terlalu panik dulu ya. Semoga si Kecil bisa terus happy karena kehangatan Konicare dan Mama.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!