Komunitas MPASI Homemade Bunda, Wadah untuk Sharing Mengenai MPASI

Selain resep MPASI, komunitas ini juga berbagi edukasi seputar gizi dan tumbuh kembang si Kecil

19 Januari 2022

Komunitas MPASI Homemade Bunda, Wadah Sharing Mengenai MPASI
Freepik/prostooleh

Memasuki usia 6 bulan, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Si Kecil perlu didukung oleh asupan makanan yang bergizi dari MPASI.

Dalam memilih menu MPASI, tentunya Mama harus memerhatikan nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan yang digunakan. Selain itu, diperlukan kesabaran yang tinggi dalam menghadapi bayi yang baru mengenal MPASI.

Maka dari itu, Komunitas MPASI Homemade Bunda hadir untuk mewadahi para Mama yang ingin mendapatkan edukasi seputar MPASI dan saling berbagi pengalaman mengenai tumbuh kembang anak.

Lantas, seperti apa kegiatan Komunitas MPASI Homemade Bunda ini? Berikut Popmama.com akan memberikan profil Komunitas MPASI Homemade Bunda. Yuk simak!

1. Mengenal Komunitas MPASI Homemade Bunda

1. Mengenal Komunitas MPASI Homemade Bunda
Dok. MPASI Homemade Bunda

Setiap orangtua pasti ingin yang terbaik untuk buah hatinya agar tumbuh dan berkembang dengan optimal. Termasuk soal MPASI yang sangat memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan si Kecil. 

Maka dari itu, hadirlah sebuah komunitas bernama MPASI Homemade Bunda yang dapat membantu Mama mendapatkan informasi seputar MPASI. Komunitas ini hadir untuk mengedukasi para orangtua mengenai MPASI bayi.

Tak hanya itu, MPASI Homemade Bunda juga bisa menjadi wadah untuk para orangtua saling berbagi pengalaman dan informasi seputar tumbuh kembang anak.

2. Berawal dari pengalaman yang dirasakan founder

2. Berawal dari pengalaman dirasakan founder
Instagram.com/dewi_setyaningrum98

Komunitas MPASI Homemade Bunda telah aktif selama hampir 2 tahun lamanya. Tepatnya, komunitas ini telah dibentuk sejak 29 Februari 2020 lalu.

Sang founder, Dewi Setyaningrum, membentuk Komunitas MPASI Homemade Bunda yang terisnpirasi dari seorang dokter anak yaitu dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A.(K) yang selalu memberikan edukasi seputar tumbuh kembang anak secara gratis melalui media sosialnya.

Selain itu, lahirnya Komunitas MPASI Homemade Bunda juga berawal dari keresahan yang dirasakan Dewi Setyaningrum karena banyaknya grup yang beredar di media sosial yang membagikan informasi yang tidak sesuai dengan anjuran WHO dan IDAI. 

Editors' Picks

3. Tujuan didirikannya Komunitas MPASI Homemade Bunda

3. Tujuan didirikan Komunitas MPASI Homemade Bunda
Freepik/senivpetro

Karena pengalaman yang dirasakan sendiri oleh Dewi Setyaningrum di mana ia menemukan banyaknya informasi di media sosial yang sangat bertolak belakang dengan anjuran WHO dan IDAI, maka dari itu ia berinisiatif untuk membentuk Komunitas MPASI Homemade Bunda. 

Komunitas ini dibentuk dengan tujuan untuk memberikan edukasi yang sesuai dengan pedoman WHO dan IDAI mengenai MPASI kepada para orangtua.

Selain itu, komunitas ini juga didirikan sebagai wadah untuk menjalin relasi bagi para orangtua yang ingin saling berbagi pengalaman seputar tumbuh kembang anak.

4. Apa yang menarik dari Komunitas MPASI Homemade Bunda?

4. Apa menarik dari Komunitas MPASI Homemade Bunda
Freepik/tirachardz

Hal yang menarik dari MPASI Homemade Bunda adalah komunitas ini tidak hanya sebatas memberikan edukasi kepada para orangtua, tetapi juga sering mengadakan event yang seru seperti giveaway dengan berbagai hadiah yang menarik.

Selain itu, komunitas ini juga sangat mengutamakan hubungan dan ikatan yang baik antara para orangtua, sehingga setiap anggotanya dapat saling berbagi pengalaman dan curhat mengenai tumbuh kembang anak seperti layaknya berbagi cerita kepada teman sendiri.

5. Kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas MPASI Homemade Bunda

5. Kegiatan dilakukan oleh Komunitas MPASI Homemade Bunda
Freepik/pch.vector

Selain saling berbagi resep MPASI, anggota Komunitas MPASI Homemade Bunda juga saling berbagi pengalaman dan informasi seputar gizi dan tumbuh kembang si Kecil.

Komunitas ini juga sering mengadakan kuliah whatsapp atau kulwap bersama para ahli yang kompeten di bidangnya, seperti dokter anak dan psikolog. 

Tak hanya itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Komunitas MPASI Homemade Bunda juga sering mengadakan giveaway dengan berbagai hadiah yang menarik.

6. Anggota komunitas MPASI Homemade Bunda

6. Anggota komunitas MPASI Homemade Bunda
Dok. MPASI Homemade Bunda

Komunitas MPASI Homemade Bunda sudah menjangkau sekitar 264,419 anggota di grup Facebook.

Selain itu, komunitas yang memiliki lokasi utama di Kendal, Jawa Tengah, ini juga memiliki grup WhatasApp sebanyak 10 grup yang masing-masing terdiri dari sekitar 250 anggota yang ditangani oleh 30 orang admin.

Nah, itulah tadi profil Komunitas MPASI Homemade Bunda, menarik sekali bukan, Ma? Selain komunitas yang mengedukasi orangtua mengenai MPASI si Kecil, komunitas ini juga bisa menambah relasi serta pertemanan dengan para Mama yang lainnya lho. 

Jadi bagaimana Ma, tertarik untuk menjadi bagian dari Komunitas MPASI Homemade Bunda?

Jika berminat untuk bergabung, Mama bisa langsung follow akun Instagram @mpasihomemadebunda_ dan bergabung dengan grup Facebook MPASI Homemade Bunda

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk