Ketahuilah 7 Makna Dibalik Gerak-Gerik Tubuh Bayi untuk Berkomunikasi

Beberapa gerak-gerik tubuh bayi yang memiliki makna tertentu untuk berkomunikasi

16 Desember 2018

Ketahuilah 7 Makna Dibalik Gerak-Gerik Tubuh Bayi Berkomunikasi
Pixabay/amyelizabethquinn

Saat melihat si Kecil yang masih berusia beberapa bulan, Mama tentu ingin tahu apa yang ia pikirkan dan bagaimana perasaannya. Seperti, apa yang sebenarnya dirasakannya saat tertawa dan menangis, atau bahkan saat ia terdiam.

Tentu, kita hanya bisa menebak-nebak jawaban yang paling memungkinkan karena si Kecil belum bisa berbicara untuk mengungkapkannya. Akan tetapi, para pakar anak berpendapat bahwa bayi mama sebenarnya memiliki cara berkomunikasi sendiri.

Melalui gerak-gerik tubuh, anak bayi terhitung bisa berupaya untuk berkomunikasi dengan menunjukkannya melalui gerak-gerik tubuhnya seperti dilansir dari Psychology Today. Mari kita lihat dan pelajari masing-masing poin di bawah ini!

1. Memalingkan pandangan

1. Memalingkan pandangan
Pixabay/dinhnguyenungdung0

Saat mengasuh si Kecil, Mama tentu selalu mencoba untuk menarik perhatiannya supaya ia dapat fokus memerhatikan Mama dan aktivitas yang tengah Mama perkenalkan. Namun, ada beberapa momen di mana ia malah memalingkan pandangannya terus menerus.

Hal tersebut sengaja dilakukan anak bayi seusia anak mama dengan maksud untuk mengatakan bahwa ia tidak tertarik melakukan aktivitas tersebut atau mungkin saja, tertarik dengan hal lain yang lebih menyenangkan untuknya.

Dalam menghadapinya, Mama disarankan untuk memberikan waktu kepadanya untuk fokus kepada hal lain yang lebih menarik perhatiannya. Setelah itu, mulailah untuk menarik perhatiannya lagi apabila aktivitas yang Mama tengah upayakan harus dilakukan saat itu juga.

2. Mengucek atau menutup mata

2. Mengucek atau menutup mata
Pixabay/tung256

Kita tentu tidak jarang melihat si Kecil mengucek-ucek matanya saat sedang terbangun dan menjalani aktivitas. Tidak jarang, ia menutup matanya begitu saja yang terkadang dibarengi dengan gerak-gerik menguap.

Benar sekali, Ma! Hal tersebut dilakukannya karena ia merasa mengantuk dan ingin tidur. Mungkin karena aktivitas yang dianggapnya membosankan atau hal lainnya sehingga ia memilih untuk tidur.

Akan tetapi, di atas segalanya, Mama tentu harus mengetahui bahwa anak kecil seusia anak mama memang sebenarnya sangat membutuhkan jam tidur yang sangat banyak. Tidak aneh, ia sering mengantuk dan ingin istirahat.

3. Memainkan rambut

3. Memainkan rambut
Pixabay/addvissor

Si Kecil sudah cukup cermat untuk memerhatikan lingkungan sekitar sekaligus keadaan dirinya. Tidak aneh, ia suka meraba-raba beberapa bagian tubuhnya yang mungil termasuk rambutnya.

Secara khusus, ketika ia menunjukkan gerak-gerik tubuh yang memainkan rambut, ia bisa saja memiliki maksud selain menyentuh bagian tubuh yang ingin diketahuinya seperti berusaha mengatakan kepada Mama bahwa dirinya risih akan sesuatu.

Memainkan rambut secara berulang-ulang diketahui sebagai salah satu cara anak bayi “melarikan diri” dari perasaan gelisah atau risih yang tengah digumulinya.

Jadi, saat si Kecil menunjukkan gerak-gerik tubuh tersebut, Mama diharapkan memberi kontak fisik yang membuatnya tenang, seperti mengelus rambutnya, memeluknya atau mengeluarkan suara yang halus untuk menenangkannya.

Editors' Picks

4. Menarik telinganya

4. Menarik telinganya
Pixabay/woodypino

Hal ini mungkin jarang dilakukan oleh si Kecil. Namun, jika Mama menyimak kesehariannya, Mama akan menemukan beberapa momen di mana ia suka menarik-narik telinganya sendiri di mana ada makna tersendiri di balik tindakan tersebut.

Menariknya, makna tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dari gerak-gerik tubuh memainkan rambut sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya. Benar sekali! Menarik telinga menjadi cara lain untuknya berkomunikasi, mengatakan bahwa dirinya risih atau marah terhadap sesuatu.

Namun, rasa risih itu mengacu pada kebingungan bukan rasa cemas dan semacamnya. Sebagai contoh, apabila ia sedang diberikan minuman dalam botol dan lalu menarik-narik telinganya, bisa jadi ia sedang bingung kenapa air minumannya panas atau dingin atau kenapa rasanya berbeda dan semacamnya.

5. Menggenggam telapak tangan

5. Menggenggam telapak tangan
Pixabay/counselling

Selama ini si Kecil menunjukkan gerak-gerik tubuh dimana ia menyentuh bagian tubuh lainnya dengan jari-jemarinya. Akan tetapi, akan ada momen di mana ia akan menggenggam kedua telapak tangannya sendiri.

Hal tersebut dimaksudkan untuk menyatakan bahwa tubuhnya merasa kedinginan. Itu kenapa, tidak aneh, apabila Mama mengamatinya seusai mandi, ia cenderung berupaya untuk menggenggam kedua telapak tangannya dengan erat.

Maka dari itu, saat melihat si Kecil menunjukkan gerak-gerik tubuh semacam itu, Mama sangat dianjurkan untuk memberikan kehangatan dengan handuk, selimut atau mengganti bajunya dengan pakaian yang lebih hangat.

6. Merentangkan tangan

6. Merentangkan tangan
Pixabay/syftalkie

Salah satu gerak-gerik tubuh yang sering diperlihatkan oleh anak bayi adalah merentangkan tangan atau membiarkan kedua tangannya terbuka ke atas atau ke masing-masing sisi.

Saat si Kecil melakukannya, hal tersebut kemungkin besar sengaja dimaksudkan supaya Mama mengetahui bahwa ia ingin pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Bisa jadi, ia ingin digendong Mama.

Namun, tidak menutup kemungkinan, gerak-gerik tubuh dimana si Kecil merentangkan tangan mengisyaratkan suasana hatinya yang sedang senang. Maka dari itu, untuk memastikannya, Mama sebaiknya segera mendatanginya.

7. Menggerak-gerakkan kaki seperti menendang

7. Menggerak-gerakkan kaki seperti menendang
Pixabay/michelmondadori

Si Kecil juga akan memanfaatkan anggota tubuh lainnya seperti kedua kakinya yang turut aktif digunakan. Ia pasti sering menggerak-gerakkan kedua kakinya seperti sedang menendang.

Saat hal tersebut terjadi, anak mama sebenarnya sedang meluapkan perasaannya yang besar kemungkinan mengarah pada perasaan yang berlebihan, baik gembira maupun kesal.

Nah, kalau sudah tahu, Mama bisa lebih berkomunikasi dengan si Kecil dong, ya?