Porsi MPASI yang Ideal untuk Bayi 7 Bulan

Bayi yang berusia 7 bulan boleh diberikan makan lebih banyak, Ma. Simak aturannya di sini

24 November 2021

Porsi MPASI Ideal Bayi 7 Bulan
unsplash.com/life is fantastic
Porsi MPASI bayi 7 bulan yang ideal.

Tidak terasa si Kecil sudah memasuki usia tujuh bulan. Dengan bertambahnya usia bayi, maka bertambah pula kebutuhan akan gizinya. 

Ketika bayi berusia enam bulan, mama baru memperkenalkannya makanan semi padat cenderung encer. Hal ini berbeda ketika ia sudah mulai berusia tujuh bulan, Ma.

Di usia tujuh bulan ini, Mama perlu memperkenalkan makanan pendamping dengan tekstur yang lebih padat dan kental.

Tentunya, makanan yang diberikan pun harus mengandung nutrisi yang cukup agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, seperti, vitamin, protein, zat besi, zinc, dan kalsium.

Akan tetapi, jenis makanan yang diberikan tetap tidak boleh sembarangan, lho. Makanannya harus disesuaikan dengan kemampuan bayi mama.

Nah, apa saja jenis MPASI yang aman untuk bayi berusia tujuh bulan dan berapa porsi idealnya? Di bawah ini Popmama.com telah rangkum untuk Mama.

Editors' Picks

Jenis MPASI Bayi Tujuh Bulan

Jenis MPASI Bayi Tujuh Bulan
Pexels/vanessa-loring

Ketika bayi memasuki usia tujuh bulan, perkenalkanlah makanan yang beragam, Ma.

Semakin beragamnya jenis bahan makanan yang diberikan, semakin banyak juga jenis nutrisi yang didapatkannya.

Nah, berikut ini jenis-jenis MPASI yang bisa Mama sajikan untuk si Kecil.

  • Berbagai jenis sayuran, seperti bayam, wortel, dan brokoli.

  • Buah-buahan, seperti alpukat, pepaya dan buah naga.

  • Makanan bertepung, seperti roti dan pasta.

  • Sumber protein, seperti daging merah, daging ayam, ikan, dan telur.

  • Susu dan produk olahannya.

Setelah menyimak jenis makanan yang bisa diberikan untuk si Kecil, yuk ketahui jumlah porsi makanan yang aman untuk bayi berusia tujuh bulan, Ma.

Porsi MPASI untuk Bayi Tujuh Bulan

Porsi MPASI Bayi Tujuh Bulan
Mpasi.org

Tidak jauh berbeda dengan porsi makan bayi usia enam bulan, frekuensi makan bayi usia tujuh bulan pun belum terlalu banyak.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Mama bisa memberikan MPASI 2-3 kali per hari, dibarengi dengan tetap memberikan ASI secara rutin. Pemberian makan ini bisa disesuaikan dengan nafsu makan si Kecil.

Untuk takarannya, kini Mama bisa menambahkan ½ mangkuk atau ½ gelas air mineral untuk si Kecil. Berbeda dengan sebelumnya ketika ia berusia enam bulan yang hanya bisa mengonsumsi 2-3 sendok makan MPASI per hari.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan jam atau waktu makannya. Idealnya, si Kecil tidak boleh makan lebih dari 30 menit dalam setiap kali makan.

Maka itu pastikan Mama tidak membiasakannya makan sambil menonton YouTube atau melakukan kegiatan lainnya ya.

Pasalnya, membiasakan si Kecil makan dengan porsi dan durasi yang sesuai bisa membuatnya terbiasa dengan kebiasaan tersebut hingga dewasa nanti, Ma.

Kebiasaan ini juga bagus untuk mencegah si Kecil dari berbagai penyakit metabolik akibat kelainan pola makan, seperti makan berlebihan.

Selain makanan utama dan ASI, mama juga bisa mulai memberikan camilan-camilan sehat atau finger food, seperti irisan pisang, apel rebus, dan labu panggang di sela-sela makan si Kecil.

Tapi, jangan diberikan terlalu sering ya, Ma. Cukup sebanyak 1-2 kali sehari saja agar ia tidak terlalu kenyang hingga tak mau menyusu atau makan MPASI.

Selain memberikan MPASI, pastikan mama juga tetap menyusui si kecil ASI ya. Kementerian Kesehatan RI menganjurkan untuk memberikan ASI paling tidak sampai bayi berusia dua tahun.

Itu karena ASI masih mengandung zat gizi yang dibutuhkan si Kecil, meskipun jumlahnya tidak banyak.

Nah, itulah informasi mengenai porsi MPASI yang ideal untuk bayi 7 bulan. Mama juga bisa berkonsultasid engan dokter anak atau ahli gizi jika membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai hal ini. Semoga bermanfaat ya, Ma.


Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.