Eksklusif: Cara Jonas Rivanno Mendidik Chloe agar Tidak Manja dan Mandiri

Jonas Rivanno ingin mengajarkan hal-hal baik pada sang putri lewat tingkah laku yang mereka terapkan setiap hari

25 November 2021

Eksklusif Cara Jonas Rivanno Mendidik Chloe agar Tidak Manja Mandiri
Popmama.com/Michael Andrew

Salah satu karakter anak yang sering kali merepotkan orangtua adalah manja. Pasalnya, anak yang manja merasa bahwa setiap keinginannya harus dikabulkan dan hidup terus menerus bergantung pada orangtuanya.

Anak perempuan biasanya lebih dikaitkan dengan mereka yang bersikap manja, terlebih kepada sang Papa. Namun pemikiran seperti ini tidak berlaku bagi aktor sekaligus seorang papa, Jonas Rivanno.

Melalui wawancara eksklusif untuk Millennial Papa of the Month edisi November 2021, papa dari Chloe ini justru menyebutkan bahwa bukan anak perempuan yang manja pada Papanya, justru Papanya lah yang bersikap manja dengan mereka.

"Kalau buat saya itu yang manja adalah Papa kepada anak perempuannya, bukan sebaliknya. Ketika Chloe lahir, bisa dibilang tuh kayak kita jatuh cinta lagi," ucap Jonas menjelaskan.

Meski mengaku demikian, Jonas dan sang istri, Asmirandah, juga memiliki pola asuh tersendiri agar kelak nanti Chloe tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan tidak manja kepada orangtuanya.

Penasaran dengan cara yang Jonas terapkan pada putri kecilnya itu? Berikut Popmama.com telah merangkum ulasan selengkapnya. Bisa jadi inspirasi untuk Mama dan Papa sekalian nih!

Editors' Picks

1. Lahirnya Chloe membuat Jonas merasakan jatuh cinta kembali

1. Lahir Chloe membuat Jonas merasakan jatuh cinta kembali
Popmama.com/Michael Andrew

Setelah bertahun lamanya menikah, pada tahun 2020 lalu, Jonas Rivanno dan Asmirandah akhirnya resmi menjadi orangtua dari putri pertama mereka yang bernama Chloe Emmanuelle Van Wattimena. 

Ketika ditanya terkait anak perempuan yang cenderung manja pada Papanya, Jonas justru membantah dan menyebutkan bahwa dialah yang lebih bersikap manja kepada putrinya itu.

"Karena ketika Chloe lahir, itu kayak semua yang ada dalam pikiran, itu rontok gitu semuanya begitu ngelihat Chloe lahir. Bisa dibilang tuh kayak kita jatuh cinta lagi, benar-benar yang kayak orang jatuh cinta pada pandangan pertama gitu," pungkasnya.

Saat baru dilahirkan, Chloe memang belum bisa melihat wajah kedua orangtuanya dengan jelas. Namun hadirnya putri kecil yang belum genap usia 1 tahun ini membuat Jonas merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama.

"Meskipun pertama kali mungkin dia masih belum bisa ngelihat saya, tapi saya sudah jatuh cinta pandangan pertama sama dia," lanjut Jonas menambahkan.

2. Bukan anak perempuan yang manja, melainkan Papanya

2. Bukan anak perempuan manja, melainkan Papanya
Popmama.com/Michael Andrew

Bagi Jonas, anak perempuan yang manja pada Papanya adalah hal yang wajar terjadi. Justru, ia merasa bahwa seorang papa yang akan manja pada anak perempuannya. Ia menyebutkan, "Kalau buat saya itu yang manja adalah Papa kepada anak perempuannya, bukan sebaliknya."

Bagaikan salah satu bunyi ayat Alkitab, Jonas menambahkan, "Tuhan itu rela ngasih nyawanya untuk selamatin kita sebagai umatnya. Saya kemudian baru mengerti arti dari ayat itu ketika Chloe lahir, karena itu juga yang saya rasakan. Saya rela kasih nyawa saya untuk Chloe."

Belajar dari apa yang Tuhan ajarkan pada umatNya, Jonas sebagai orangtua pun merasakan demikian. Bahwa ia akan merelakan hidupnya untuk kebahagiaan sang putri. Sehingga buatnya, tidak ada anak perempuan yang manja pada Papanya, justru sebaliknya.

3. Cara Jonas mendidik Chloe agar mandiri dan tidak manja

3. Cara Jonas mendidik Chloe agar mandiri tidak manja
Popmama.com/Michael Andrew

Sebagai seorang papa baru, Jonas mengaku ia tidak memiliki kurikulum yang pasti dalam pola asuh yang diberikan untuk Chloe. Namun yang selalu ia terapkan adalah anak merupakan peniru ulung, sehingga orangtua perlu mengajarkan hal-hal baik agar bisa diserap oleh anaknya kelak nanti.

"Ketika orangtuanya tenang aja, anaknya itu bisa ikut tenang walaupun sebenarnya lagi dalam keadaan genting. Nah dari situ saya bisa tangkap, apa yang bisa saya berikan ke Chloe sebagai suatu didikan itu datangnya diri saya sendiri. Jadi dari tingkah laku saya, keputusan-keputusan yang saya buat, itu akan jadi pedoman buat Chloe di masa depannya," ungkap Jonas.

Selain mengajarkan lewat perilaku orangtua, Jonas dan Asmirandah mengaku bahwa peran sebagai orangtua menjadi kesempatan mereka untuk terus belajar. Bukan hanya mereka yang mendidik putrinya, tetapi mereka sebagai orangtua juga harus mau dididik.

"Jadi ketika saya mendidik Chloe itu saya juga belajar, saya juga harus mau dididik. Jadi bukan hanya saya yang harus selalu mendidik Chloe, tetapi saya juga harus mendidik diri saya sendiri untuk jadi orang yang benar dan jadi orang yang teladan bagi dia," sambungnya.

Itu dia cara yang Jonas Rvanno terapkan dalam mendidik putrinya, Chloe. Semoga cerita yang dibagikan Jonas di atas bisa menjadi inspirasi tersendiri bagi Mama dan Papa dalam mengasuh si Kecil ya!

Millennial Papa of the Month Edisi November 2021 - Spesial Hari Ayah: Jonas Rivanno & Ammar Zoni

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Dhita Novebrin Nidia
Stylist - Onic Metheany & Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Irma Ediarti
Photographer - Michael Andrew
Videographer & Editor - Jihan Zahira
Design - Shania Tabina Anandanoe
Makeup Artist - Claudya Christiani Purba 
Wardrobe- Studio Moral (Jonas Rivanno), Mothercare (Chloe Emmanuelle Van Wattimena & Air Rumi Akbar 1453)

#MillennialMama of the Month

Spesial Hari Ayah 2021
Millennial Mama

Spesial Hari Ayah 2021

Pada Hari Ayah 2021, Popmama.com menampilkan dua Papa Millennial yang inspiratif, Ammar Zoni dan Jonas Rivanno

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.