Tumbuh Kembang Cepat, Anak Shandy Aulia Belajar Jalan di Usia 7 Bulan!

Claire Herbowo tumbuh menjadi anak sehat dan pintar

7 Oktober 2020

Tumbuh Kembang Cepat, Anak Shandy Aulia Belajar Jalan Usia 7 Bulan
instagram.com/shandyaulia

Artis cantik Shandy Aulia saat ini tengah menikmati kegiatan barunya sebagai seorang mama. Semenjak memiliki seorang anak, Shandy memang memilih untuk fokus membesarkan putri semata wayangnya. Apalagi Shandy dan sang Suami sudah menantikan kehadiran si Kecil selama bertahun-tahun.

Sejak melahirkan anak pertamanya yang berjenis kelamin perempuan, dan diberi nama Claire Herbowo, cara mengasuh Shandy Aulia, kerap kali dicibir oleh netizen.

Meski begitu Shandy Aulia tetap cuek karena apapun yang dilakukan Shandy kepada Claire bertujuan baik dan tidak akan mencelakai anaknya sendiri.

Di usia Claire yang masih tujuh bulan, ternyata Claire sudah belajar jalan lho, Ma! Perkembangan yang pesat ditunjukkan oleh anak dari Shandy Aulia dan David Herbowo.

Bagaimana cerita Claire yang sedang belajar berjalan di usianya yang masih tujuh bulan? Popmama.com akan memberikan ceritanya untuk Mama.

1. Claire sudah belajar berjalan di usia 7 bulan

1. Claire sudah belajar berjalan usia 7 bulan
instagram.com/shandyaulia

Banyak netizen yang menilai jika Shandy mengajarkan sesuatu pada anak, tapi belum sesuai dengan usia Claire.

Shandy memang kerap menerima cibiran dari netizen, yang berkata tak baik tentang putri pertamanya itu. Sebagai seorang ibu, ia tentu tak akan tinggal diam, melihat buah hati yang mati-matian diperjuangkannya itu dicibir orang lain.

Dalam akun Instagram-nya, Shandy memamerkan potret sang anak yang sedang belajar berjalan meski baru berusia tujuh bulan, didampingi oleh suaminya.

Claire dalam video itu tampak menapakkan kedua kakinya, melangkah maju sambil dipegangi oleh sang Papa. Langkah demi langkah, dijejakkan Claire dengan dampingan papanya.

Wajah Claire tampak begitu bahagia saat kedua tangannya memegang erat jari sang Papa, untuk belajar jalan.

Seperti diketahui, Shandy Aulia sempat mendapat komentar nyinyir mengenai berat badan anaknya yang dinilai terlalu kurus. Bahkan si Kecil disebut kurang gizi.

Tapi dengan adanya video tersebut menunjukkan bahwa Claire Herbowo tumbuh menjadi anak yang sehat dan juga pintar.

Editors' Picks

2. Pro kontra MPASI Claire

2. Pro kontra MPASI Claire
instagram.com/shandyaulia

Bukan sekali Shandy Aulia di cibir netizen karena pola asuhnya, beberapa waktu lalu juga Shandy sempat dicibir netizen. Seperti pada saat Shandy Aulia membagikan momen pemberian MPASI (Makanan Pendukung Asi) kepada Claire, hal itu juga banyak terjadi pro kontra.

Banyak orang yang mempertanyakan keputusan Shandy memberikan bayinya MPASI di umurnya yang masih empat bulan. Hal tersebut lantaran banyak orang yang mengatakan jika usia ideal bayi menerima MPASI adalah enam bulan.

Shandy mengaku sudah berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk memberikan MPASI kepada Claire. Dalam akun youtubenya Shandy memberikan penjelasan mengapa Claire sudah diberikan makanan tambahan.

“Dokter anak yang selama ini menangani Claire bilang, Claire sangat dipersilahkan dan boleh untuk MPASI sebelum 6 bulan. Kenapa? Karena daya mengecap Claire juga sudah baik, memang Clairenya yang mau dan sudah diperbolehkan,” istri dari David Herbowo tersebut menjelaskan.

Meskipun begitu, Shandy tetap menyarankan pemberian MPASI untuk anak tergantung masing-masing anak karena setiap anak berbeda kondisinya.

3. Ciri-ciri bayi hendak berjalan

3. Ciri-ciri bayi hendak berjalan
Freepik/rawpixel.com

Mama, ketika si Kecil mulai ingin berjalan biasanya menunjukkan ciri-ciri. Si Kecil akan mencoba beberapa langkah sambil memegang sesuatu seperti sofa, meja, dan tembok setelah ia bisa berdiri. Normal bagi setiap bayi untuk belajar perkembangan tersebut selama beberapa minggu.

Bila sudah di tahap ini, artinya si Kecil sudah semakin berkembang dan siap belajar berjalan. Si Kecil sudah mengembangkan kemampuan motorik di kaki dan pinggul. Seperti halnya merangkak, perkembangan terjadi secara bertahap dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Selain itu, faktor kepribadian juga rupanya memengaruhi. Bayi yang terlihat lebih berani biasanya akan berjalan lebih cepat dibandingkan bayi yang terlihat takut. Namun jangan khawatir Ma, ada beberapa cara untuk menstimulasinya agar ia bisa lebih cepat berjalan. 

4. Lakukan ini untuk melatih si Kecil berjalan

4. Lakukan ini melatih si Kecil berjalan
Freepik/freepic.diller

Mama, jangan khawatir jika si Kecil belum bisa berjalan di usia tertentu. Karena pertumbuhan setiap bayi sangat berbeda. Namun, jika usia si Kecil sudah menginjak 18 bulan dan belum bisa berjalan, Mama sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. 

Untuk melatih anak berjalan, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, Ma. Apalagi, biasanya sebelum anak berjalan mereka akan belajar berdiri lalu jalan merambat dengan berpegangan pada benda-benda di sekitarnya. Nah, ini dia yang bisa kita lakukan untuk melatih anak berjalan :

  1. Titah anak atau beri dia semacam benda yang kokoh dan bisa didorong sebagai alat berlatih berjalan.
  2. Berdirikan anak dan ajak dia melakukan sesuatu yang menyenangkan. Sehingga, kita bisa latih anak belajar berdiri beberapa saat guna melatih keseimbangannya.
  3. Ajak anak bermain dengan melibatkan gerakan melangkah. Ya walaupun anak baru bisa melangkah dengan berpegangan pada meja misalnya, nggak apa-apa, Ma. Saat anak berhasil jangan lupa beri dia pujian atau reward ya.
  4. Sering-sering buat bayi di posisi berdiri, bukan duduk. Sehingga, anak terbiasa berlatih berdiri dan lama-lama akan ada refleks darinya untuk menggerakkan kaki.

Itu dia cerita anak Shandy Aulia, Claire Herbowo, yang sudah belajar jalan diusianya yang masih tujuh bulan dan beberapa tips untuk melatih anak berjalan!

Jangan khawatir ya Ma, karena tumbuh kembang masing-masing anak berbeda.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.