Benarkah Daun Seledri Bisa Melebatkan Rambut Bayi?

Daun seledri biasanya dihaluskan terlebih dahulu, lalu dioleskan ke rambut dan kepala bayi

26 April 2021

Benarkah Daun Seledri Bisa Melebatkan Rambut Bayi
Freepik/Stasykid

Setiap orangtua tentu ingin memiliki bayi dengan rambut yang tebal. Bayi dengan rambut tebal akan terlihat menggemaskan. Namun, tidak semua bayi bisa memiliki rambut yang tebal. Itulah sebabnya, beberapa orangtua rela melakukan berbagai cara untuk melebatkan rambut si Kecil. 

Salah satu caranya adalah mengoleskan daun seledri yang sudah dihaluskan ke kepala bayi. Daun seledri yang selama ini dikenal sebagai pelengkap masakan dipercaya bisa melebatkan, menghitamkan, serta membuat rambut bayi tampak tebal alami. 

Lantas, benarkah daun seledri bisa melebatkan rambut bayi? Berikut ulasannya yang dirangkum Popmama.com

Kandungan Nutrisi Daun Seledri

Kandungan Nutrisi Daun Seledri
Pixabay/ptanpm

Daun seledri mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, dan magnesium. Kandungan nutrisi tersebut ternyata bisa merangsang pertumbuhan rambut bayi. Jadi, wajar saja jika daun seledri dipercaya bisa menyuburkan rambut bayi. 

Daun seledri biasanya dihaluskan terlebih dahulu, lalu dioleskan ke rambut dan kepala bayi sebagai masker rambut.

Editors' Picks

Penyebab Rambut Bayi Tipis

Penyebab Rambut Bayi Tipis
Freepik/wayhomestudio

Selanjutnya, Mama perlu ketahui bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut bayi tetap tipis meski sering dioleskan daun seledri. Pertumbuhan rambut itu dipengaruhi oleh faktor genetik, kadar hormon, dan kecukupan nutrisi. 

Jadi, apabila kebutuhan nutrisi harian si Kecil tidak terpenuhi, rambut bayi akan tetap tipis meski Mama sering mengoleskan daun seledri ke kepalanya. 

Faktor genetik juga menjadi penentu ketebalan rambut bayi. Apabila Mama atau Papa memiliki rambut tipis, maka kemungkinan besar si Kecil akan memiliki rambut tipis juga.

Posisi tidur bayi juga bisa menyebabkan rambut tumbuh di area tertentu saja. Bayi yang terus menerus tidur menghadap sisi kiri bisa menyebabkan rambut di sisi kiri menjadi lebih tipis. 

Cara Lain Untuk Menebalkan Rambut Bayi

Cara Lain Menebalkan Rambut Bayi
Freepik/freepic.diller

Mama tidak dapat mengandalkan daun seledri saja untuk menebalkan rambut si Kecil. Mama juga bisa melakukan beberapa cara untuk menebalkan rambut si Kecil. Berikut beberapa cara yang bisa Mama lakukan di rumah:

  • Jaga kesehatan rambut dan kulit kepala si Kecil dengan rutin membersihkannya menggunakan sampo khusus bayi
  • Keringkan rambut bayi menggunakan handuk halus dengan cara ditepuk-tepuk secara lembut
  • Oleskan lidah buaya atau minyak zaitun ke rambut bayi
  • Pastikan kebutuhan nutrisi harian dan ASI si Kecil tercukupi

Rambut Bayi akan Tumbuh Perlahan

Rambut Bayi akan Tumbuh Perlahan
Pexels/Pixabay

Pertumbuhan rambut bayi umumnya terjadi pada usia 6-12 bulan. Jadi, sangat wajar jika rambut bayi belum terlihat tebal ketika usianya belum mencapai enam bulan. 

Bila rambut bayi belum tebal hingga usianya 12 bulan, Mama juga tak perlu khawatir. Sebab, rambut bayi akan tumbuh perlahan seiring pertambahan usianya. 

Mama boleh cemas dengan kondisi rambut bayi ketika rambutnya rontok dalam jumlah banyak. Kerontokan rambut bayi bisa disebabkan penyakit tertentu yang harus segera dikonsultasikan ke dokter. 

Nah itulah informasi terkait manfaat daun seledri untuk menebalkan rambut bayi. Selamat mencoba ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.