Ini Informasi Berat Badan Bayi Ideal Usia 7-12 Bulan

Dalam beberapa kasus, berat badan si Kecil bisa melambat atau bahkan terhenti untuk sementara

20 April 2021

Ini Informasi Berat Badan Bayi Ideal Usia 7-12 Bulan
Pexels/pixabay

Setiap orangtua tentu ingin memiliki bayi yang sehat. Indikator bayi yang sehat adalah memiliki berat badan dan tinggi badan yang ideal. 

Bayi yang baru lahir memang memiliki berat badan yang berbeda-beda, namun secara umum berat badan bayi adalah 2,5 sampai 4 kg. Seiring bertambahnya usia, berat badan bayi akan bertambah, terutama ketika sudah mengenal makanan pendamping ASI (MPASI). 

Dalam beberapa kasus, berat badan si Kecil bisa melambat atau bahkan terhenti untuk sementara ketika dia sakit. Oleh karena itu, Mama perlu rutin memantau berat badan si Kecil untuk mewaspadai kemungkinan kurang gizi yang mungkin terjadi.

Lantas, berapa berat badan ideal bayi berusia 7-12 bulan? Berikut ulasannya yang dirangkum Popmama.com

1. Berat badan bayi ideal

1. Berat badan bayi ideal
Freepik/freepic.diller

Perlu diketahui bahwa berat badan ideal setiap bayi berusia 7-12 bulan tentu saja berbeda. Ada beberapa faktor yang memengaruhi berat badan bayi ketika dia berusia tujuh bulan di antaranya jenis kelamin, panjang tubuh, faktor genetik, asupan gizi yang dikonsumsi, hingga riwayat kesehatan mama selama hamil. 

Idealnya, bayi perempuan berusia tujuh bulan memiliki berat badan rata-rata 6 hingga 9,5 kg dengan panjang tubuh sekitar 63 hingga 71 cm. Sementara untuk bayi laki-laki, berat badan idealnya adalah 7 sampai 10 kg dengan panjang tubuh sekitar 65 sampai 73 cm. 

Ketika menginjak usia 12 bulan, berat badan bayi laki-laki bisa mencapai 7,8 sampai 11,8 kg dengan panjang tubuh 71 sampai 80 cm. Sementara untuk bayi perempuan, berat badan idealnya adalah 7,1 sampai 11,3 kg dengan panjang tubuh 69 sampai 79 cm. 

Editors' Picks

2. Berat badan bayi bisa kurang

2. Berat badan bayi bisa kurang
Pexels/Pixabay

Telah disinggung sebelumnya bahwa pertumbuhan bayi melambat sehingga berat badannya tidak naik. Mama tidak perlu khawatir apabila berat badan bayi masih berada di kisaran berat ideal. 

Namun, Mama perlu memeriksakan si Kecil ke dokter apabila bayi tidak mengalami peningkatan berat badan selama tiga bulan berturut-turut sejak usianya menginjak tujuh bulan. Dokter umumnya akan memeriksa fisik dan status gizi bayi, termasuk riwayat kesehatan mama. 

3. Penyebab berat badan bayi di bawah normal

3. Penyebab berat badan bayi bawah normal
Pexels/J carter

Ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan berat badan bayi tidak naik walaupun usianya sudah menginjak tujuh bulan. 

  1. Pertama adalah masalah menyusui. Bayi yang tidak mendapatkan cukup asupan ASI tentu saja akan mengalami keterlambatan pertumbuhan. Si Kecil tidak mendapatkan cukup asupan ASI karena produksi ASI menurun atau bayi sering kelelahan dan tertidur saat menyusu. 
  2. Asupan gizi dalam MPASI juga bisa memengaruhi berat badan bayi. Apabila menu makanan MPASI tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian bayi, maka itu berisiko menyebabkan bayi mengalami kekurangan gizi. 
  3. Infeksi virus, bakteri, dan parasit juga bisa menyebabkan penurunan nafsu makan bayi sehingga berat badannya tidak bertambah. Infeksi virus dan bakteri umumnya menyebabkan masalah pencernaan seperti asam lambung dan diare. 
  4. Susah makan juga menjadi salah satu faktor berat badan bayi tidak bertambah. Susah makan umumnya disebabkan oleh menu MPASI yang tidak disukai bayi. Oleh karena itu, Mama sebaiknya memilih menu MPASI yang bervariasi dan digemari oleh si Kecil.

4. Cara menaikkan berat badan bayi

4. Cara menaikkan berat badan bayi
Freepik/Liudmila.fadzeyeva

Bagi Mama yang memiliki bayi dengan keterlambatan pertumbuhan, Mama tak perlu khawatir. Mama masih bisa menambah berat badan bayi dengan memberikan ASI secara rutin atau susu formula yang telah disetujui oleh dokter. 

Bayi umumnya membutuhkan 750 ml ASI setiap hari. Apabila bayi mama mengonsumsi susu formula, maka berikan setidaknya 180 sampai 240 ml susu formula setiap hari. 

Selain itu, Mama bisa memberikan makanan padat sebanyak tiga kali sehari. Makanan padat biasanya lebih digemari oleh bayi. Ketika bayi sudah mengenal finger food, Mama bisa memberikan finger food yang bertekstur lembut dan empuk untuk menghindari risiko bayi tersedak. 

Itulah infomasi singkat seputar berat badan ideal bayi berusia 7-12 bulan. Apabila bayi terserang penyakit tertentu yang menyebabkan berat badannya tidak bertambah, segeralah periksakan ke dokter agar cepat mendapatkan pertolongan medis. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.