Kaya Manfaat, Ini 7 Rekomendasi Olive Oil untuk MPASI

Olive oil ternyata bisa digunakan sebagai campuran MPASI bayi

10 Juni 2021

Kaya Manfaat, Ini 7 Rekomendasi Olive Oil MPASI
Freepik

Mama tentu sudah tidak asing dengan olive oil atau minyak zaitun yang dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Tak hanya untuk orang dewasa, olive oil ternyata bisa digunakan sebagai campuran MPASI bayi. 

Untuk diketahui, ada beberapa jenis olive oil yang beredar di pasaran seperti olive oil, light olive oil, virgin olive oil, dan extra virgin olive oil (EVOO). Sebagian besar Mama mungkin lebih memilih EVOO sebagai campuran MPASI bayi karena kualitasnya yang terjamin dan mengandung tinggi nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. 

Berikut Popmama.com merangkum tujuh rekomendasi olive oil untuk MPASI bayi dari beberapa merek yang bisa Mama berikan untuk si Kecil.

1. Bertolli Extra Virgin Olive Oil

1. Bertolli Extra Virgin Olive Oil
shopee.co.id

Sebagian besar Mama mungkin sudah mengetahui Bertolli Extra Virgin Olive Oil. Produk ini memang salah satu olive oil favorit yang sering digunakan sebagai campuran MPASI atau dikonsumsi langsung sebagai dipping. 

Bertolli Extra Virgin Olive Oil mengandung asam lemak tak jenuh sehingga aman untuk dikonsumsi bayi sekaligus menjaga kadar kolesterol dalam tubuh si Kecil. Produk ini juga memiliki aroma yang wangi dengan cita rasa yang enak sehingga bisa ditambahkan sebagai campuran pasta atau menu MPASI lainnya. 

2. Borges Extra Virgin Olive Oil

2. Borges Extra Virgin Olive Oil
shopee.co.id

Rekomendasi produk olive oil selanjutnya adalah Borges Extra Virgin Olive Oil. Produk ini tidak mengandung tambahan gula dan garam sehingga aman untuk dicampurkan ke dalam MPASI. Borges Extra Virgin Olive Oil bagus untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol, menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. 

Produk ini juga memiliki aroma dan rasa original khas Mediterania sehingga bisa meningkatkan nafsu makan si Kecil. Mama bisa menggunakan produk ini untuk membuat saus atau campuran MPASI yang ditumis atau dipanggang. 

Editors' Picks

3. Casa di Olivia EVOO for Kids

3. Casa Olivia EVOO for Kids
naturesmarket.id

Sesuai namanya, Casa di Olivia EVOO for Kids memang dirancang khusus untuk MPASI bayi tanpa perlu diolah lagi. Casa di Olivia EVOO for Kids telah mendapat sertifikasi halal dan teregistrasi BPOM. 

Produk ini mengandung vitamin A, C, D, E, K, dan antioksidan yang bisa menunjang tumbuh kembang bayi serta melindunginya dari serangan penyakit. 

Selain bisa digunakan sebagai campuran MPASI, Casa di Olivia EVOO for Kids juga dapat digunakan sebagai minyak untuk memijat, mengatasi ketombe pada bayi, dan menyembuhkan ruam popok. 

4. Gallo My First Olive Oil

4. Gallo My First Olive Oil
galloportugal.com

Rekomendasi olive oil selanjutnya adalah Gallo My First Olive Oil yang memiliki tingkat keasaman tidak lebih dari 0,2 persen. Gallo My First Olive Oil sangat cocok untuk dijadikan campuran bubur, sup, atau makanan bayi lainnya.

Produk ini tidak mengandung perasa, pewarna, maupun pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi bayi berusia lebih dari enam bulan. 

Mama tak perlu khawatir karena Gallo My First Olive Oil memiliki sertifikasi keamanan pangan karena terbuat dari buah zaitun berkualitas tinggi. Produk ini juga memiliki rasa yang lembut, tidak pahit, dan bisa memberikan sentuhan rasa buah di langit-langit mulut bayi. 

5. Mueloliva Extra Virgin Olive Oil

5. Mueloliva Extra Virgin Olive Oil
olivmart.com

Mueloliva Extra Virgin Olive Oil menggunakan buah zaitun pilihan berkualitas tinggi yang memiliki aroma yang wangi dibanding varietas lainnya. Mueloliva Extra Virgin Olive Oil cocok digunakan untuk campuran MPASI karena memiliki tingkat keasaman yang rendah dan memiliki cita rasa khas Mediterania. 

Mama juga dapat menggunakan Mueloliva Extra Virgin Olive Oil sebagai tambahan rasa pada sup bayi atau minyak untuk menggoreng ikan maupun daging. 

6. Rafael Salgado Glass Jars with Handle

6. Rafael Salgado Glass Jars with Handle
rafaelsagado.com

Rafael Salgado Glass Jars with Handle memiliki tingkat keasaman yang rendah dan telah teruji oleh ahli kesehatan. Oleh karena itu, Mama tak perlu meragukan produk asal Spanyol ini untuk digunakan sebagai campuran MPASI bayi. 

Rafael Salgado Glass Jars with Handle memiliki rasa yang lembut dan tidak pahit sehingga dipercaya mampu meningkatkan selera makan si Kecil. Produk ini juga dikemas dalam botol kaca dengan desain yang unik yang menambah kesan mewah. 

7. Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil EVOO

7. Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil EVOO
shopee.co.id

Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil EVOO terbuat dari buah zaitun Arbequina pilihan. Buah zaitun Arbequina memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga produk ini aman untuk dikonsumsi bayi berusia lebih dari tujuh bulan dan tidak menimbulkan sensasi perih di tenggorokan si Kecil. 

Mama pun tak perlu khawatir karena Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil EVOO telah memiliki sertifikasi halal dan teregistrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk ini mengandung vitamin E yang mampu menangkal serangan radikal bebas serta omega 3, 6, dan 9 yang bermanfaat untuk menunjang perkembangan otak, kulit, dan rambut bayi. 

Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil EVOO bisa digunakan sebagai campuran MPASI dengan disarankan untuk dimasak menggunakan suhu sedang. Jangan masak terlalu lama agar kandungan nutrisi baiknya tetap terjaga. 

Nah itulah rekomendasi olive oil untuk MPASI bayi. Jadi, mana produk olive oil pilihan mama untuk MPASI si Kecil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.