10 Rekomendasi Sabun Biang Keringat untuk Bayi

Jangan sembarangan, kulit bayi itu sangat sensitif, Ma

2 November 2021

10 Rekomendasi Sabun Biang Keringat Bayi
Pexels/rodnae-prod

Memilih sabun untuk bayi merupakan hal yang penting. Mau tidak mau, Mama harus melakukannya karena bayi memiliki kulit yang sensitif.

Kulit bayi yang sensitif sangat mudah terkena iritasi dan biang keringat. Tidak hanya menimbulkan bercak merah di permukaan saja, tetapi juga bisa menimbulkan rasa gatal dan sensasi panas, sehingga membuat bayi menjadi rewel.

Umumnya, biang keringat terjadi karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit akibat keringat yang gagal keluar. Ukuran pori-pori kulit bayi yang kecil dan kelenjar keringat bayi yang belum sempurna itulah yang menyebabkan penyumbatan.

Biang keringat bisa terjadi di mana saja, tetapi yang paling sering terjadi pada bayi adalah di sekitar wajah, leher, perut, dada, bokong, hingga lipatan kulit.

Meski bukan tergolong penyakit serius, biang keringat pada bayi juga bisa berbahaya, Ma. Oleh karena itu, Mama sangat dianjurkan untuk memilih sabun biang keringat untuk bayi yang cocok.

Nah, untuk itu, Popmama.com telah merangkum 10 rekomendasi sabun biang keringat untuk bayi yang bisa Mama coba. Kalau tidak cocok, jangan digunakan lagi ya. Yuk disimak!

1. Buds Organic Super Shoothing Hydrating Cleanser

1. Buds Organic Super Shoothing Hydrating Cleanser
Tokopedia/fatriono

Buds Organic Super Shoothing Hydrating Cleanser merupakan salah satu sabun biang keringat untuk bayi yang dicocok digunakan untuk kulit sensitif.

Dengan perpaduan sabun dan sampo, Buds Organic Super Shoothing Hydrating Cleanser tidak hanya dapat mampu mengatasi biang keringat saja, tetapi juga iritasi dan eksim pada bayi.

Selain itu, bahan baku utama sabun bayi ini terbuat dari 95% bahan organik yang terlah teruji secara klinis dan tidak mengandung bahan kimia maupun pewangi buatan, sehingga aman digunakan untuk bayi.

Tidak hanya itu, Buds Organic Super Shoothing Hydrating Cleanser juga bersifat hypoallergenic dan mengandung aloe vera yang dapat menenangkan kulit.

Harga Buds Organic Super Shoothing Hydrating Cleanser ukuran isi 225 ml ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yakni Rp 289.900.

2. Aveeno Baby Wash and Shampoo

2. Aveeno Baby Wash and Shampoo
Tokopedia/aveeno-id

Aveeno Baby Wash and Shampoo memiliki dua fungsi, yakni sebagai sabun dan sampo untuk bayi.

Aveeno Baby Wash and Shampoo diformulasikan khusus untuk kulit bayi sensitif yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit, seperti kulit kering, kemerahan, dan iritasi ringan. Selain itu, sabun dan sampo ini sangat lembut, dapat menenangkan kulit, dan melembapkan kulit tanpa merusak lapisan pelindungnya karena mengandung natural outmeal.

Bahan yang ada pada Aveeno Baby Wash and Shampoo ini tidak mengandung alkohol, sodium lauryl sulfate (SLS), dan paraben, melainkan mengandung ekstrak oat alami yang kaya vitamin dan mineral.

Apabila bayi Mama sedang mengalami biang keringat, Mama bisa gunakan Aveeno Baby Wash and Shampoo ini. Mama hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 238.803 untuk 1 botol kemasan berukuran 354 ml.

Perlu Mama ketahui, Aveeno Baby Wash and Shampoo ini telah diakui keamanannya oleh National Eczema Association di US. Jadi, Mama tidak perlu khawatir ya!

3. Caladine Baby Liquid Soap with Anti Irritant

3. Caladine Baby Liquid Soap with Anti Irritant
Tokopedia/jayamels

Sabun Caladine Baby Liquid Soap with Anti Irritant ini diperkaya dengan kandungan alpha bisabolol yang dapat mengatasi gejala inflamasi, seperti kemerahan dan beruntusan akibat biang keringat.

Adanya kandungan aloe vera pada sabun ini dapat memberikan efek dingin di kulit, sehingga sensasi panas dan gatal pada kulit bayi akan berkurang.

Selain itu, sabun Caladine Baby Liquid Soap with Anti Irritant juga dapat membersihkan kulit bayi dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

Caladine Baby Liquid Soap with Anti Irritant dibanderol dengan harga sekitar Rp 12.500 dengan ukuran isi 110 ml.

4. Sebamed Baby Bubble Bath

4. Sebamed Baby Bubble Bath
Tokopedia/wah-mart

Sebamed Baby Bubble Bath merupakan produk diformulasikan dengan pH yang seimbang. Sebab, sabun ini dapat digunakan sebagai sabun bayi yang dapat mengatasi buang keringat.

Tidak hanya itu, kulit kemerahan dan gatal-gatal pada kulit pun dapat diatasi dengan menggunakan Sebamed Baby Bubble Bath.

Dengan kandungan yang terbuat dari bahan-bahan yang ringan, sabun ini cocok untuk semua jenis kulit dan tidak perih di mata.

Sebamed Baby Bubble Bath dijual dengan harga Rp 125.000 dengan kemasan ukuran isi 200 ml.

Editors' Picks

5. Cetaphil Baby Moisturising Bath & Wash

5. Cetaphil Baby Moisturising Bath & Wash
Tokopedia/cetaphil

Cetaphil Baby Moisturising Bath & Wash adalah pilihan aman untuk kulit bayi yang mengalami biang keringat.

Sabun cair ini akan membantu meredakan sensasi menyengat akibat biang keringat pada kulit yang dialami bayi.

Dengan formula hypoallergic dan pH yang seimbang, Cetaphil Baby Moisturising Bath & Wash ini juga cocok bagi kulit bayi yang sensitif. Teksturnya yang cair juga dapat membuat kulit menjadi lembap, sehingga kulit bayi akan terhindar dari kulit kuring. Aroma yang dihasilkan dari sabun cair bayi ini sangat lembut dan tahan lama.

Selain itu, busa pada cetaphil babyi moisturising bath & wash sangat melimpah. Jadi, Mama akan lebih hemat dalam penggunaannya.

Harga Cetaphil Baby Moisturising Bath & Wash dibanderol mulai dari Rp 99.000 per 230 ml.

6. Pure Baby Liquid Soap

6. Pure Baby Liquid Soap
Tokopedia/vitamindiskon

Selain dapat mengatasi biang keringat, Pure Baby Liquid Soap juga dapat mengatasi ruam, iritasi, dan masalah-masalah kulit bayi lain. Sebab, dalam sabun ini terdapat kandungan ekstrak chamomile yang menenangkan, sehingga dapat mengurangi kemerahan.

Dengan teksturnya yang cair dan mengandung oat kernel, sabun ini juga dapat membersihkan kulit dan tidak perih saat diaplikasikan ke kulit bayi.

Kelembapan kulit pun akan terjaga karena kandungan pro vitamin B5 di dalamnya.

Pure Baby Liquid Soap tidak mengandung SLS dan dapat digunakan bagi kulit bayi yang sensitif. Jadi, Mama tidak perlu khawatir.

Pure Baby Liquid Soap dikemas dalam botol pump, sehingga sangat mudah untuk mengeluarkan isinya. Dengan ukuran 230 ml, Mama bisa mendapatkan sabun ini dengan harga berkisar Rp 92.000.

7. Mitu Baby 2in1

7. Mitu Baby 2in1
Tokopedia/warungabahtea

Selain tisu basah, merek ini juga mengeluarkan sabun mandi untuk bayi, Ma.

Mitu Baby 2in1 sabun mandi ini diformulasikan untuk biang keringat pada kulit bayi. Meski begitu, produk sabun ini juga bisa digunakan sebagai sampo kok, Ma.

Dengan kandungan pH yang seimbang, Mitu Baby 2in1 sabun mandi ini sangat aman untuk kulit bayi yang sensitif dan tidak perih di mata.

Kandungan hypoallergenic pada sabun ini tidak akan membuat bayi meNgalami reaksi alergi.

Selain itu, adanya kandungan ekstra mawar dan geranium oil ini mampu membuat Mitu Baby 2in1 memiliki wangi yang menenangkan bayi.

Kemasan botolnya pun sangat simpel dan travel friendly, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Harganya cukup terjangkau, berkisar Rp 19.000 untuk ukuran isi 200 ml.

8. Pigeon Baby Wash 2in1

8. Pigeon Baby Wash 2in1
Tokopedia/farmaku

Pigeon Baby Wash 2in1 dipercaya dapat mengatasi kulit kering dan iritasi karena biang keringat.

Selain mampu menenangkan kulit dengan kandungan chamomile, sabun ini juga bisa melembutkan kulit secara optimal karena kandungan jojoba-nya.

Sabun ini dapat digunakan dari kepala hingga kaki karena dibuat dengan dua fungsi, yakni sebagai sabun dan sampo.

Pigeon Baby Wash 2in1 sangat aman digunakan untuk bayi karena memiliki Ph 5,5 yang sesuai dengan pH kulit bayi.

Selain itu, sabun ini juga tidak membuat pedih di mata dan tidak mengandung pewarna yang dapat memicu alergi.

Harga Pigeon Baby Wash 2in1 dibanderol sekitar Rp 51.500 dengan ukuran isi 400 ml. Selain kemasan botol pump, sabun mandi ini juga memiliki kemasan refill.

9. Johnson’s Baby Cooling Bath

9. Johnson’s Baby Cooling Bath
kalcare.com

Tidak seperti sabun mandi bayi lainnya, Johnson’s Baby Cooling Bath  mampu memberikan sensasi sejuk pada kulit bayi. Kesejukannya tersebut diyakini dapat mengurangi rasa gatal dan panas akibat biang keringat.

Dengan kandungan honey suckle, sabun ini mampu mengurangi kemerahan akibat ruam dan iritasi pada kulit bayi.

Selain dapat membantu masalah-masalah kulit bayi, adanya kandungan vitamin A dan B pada Johnson’s Baby Cooling Bath ini dapat mencegah kulit dari infeksi, memberikan klembapan, hingga kulit dapat ternutrisi dengan baik.

Apabila terkena mata, sabun ini tidak akan menimbulkan rasa pedih. Johnson’s Baby Cooling Bath juga cocok digunakan untuk anak usia 1 tahun yang mulai aktif.

Harga sabun ini sangat bersahabat, hanya sekitar  Rp 30.915 untuk ukuran isi 200 ml.

10. Cussons Baby Soap Mild & Gentle

10. Cussons Baby Soap Mild & Gentle
Tokopedia/bayininja

Cussons Baby Soap Mild & Gentle merupakan salah satu sabun mandi berbentuk batang yang diformulasikan untuk kulit bayi.

Meski berbentuk sabun batang, Cussons Baby Soap Mild & Gentle ini mampu menjaga kulit agar tetap lembut dan terlindung dari iritasi. Terdapat kandungan protein susu, minyak bunga chamomile, dan minyak zaitun, sehingga sabun batang ini dapat menutrisi kulit bayi dengan baik.

Aroma yang dikeluarkan juga tidak mengganggu, melainkan sangat membuat hidung bayi terasa nyaman. Cussons Baby Soap Mild & Gentle ini sudah teruji secara dermatologis, sehingga aman dan dapat digunakan setiap hari.

Harga sabun mandi bayi ini sangat terjangkau. Untuk ukuran berat 75 g, Mama bisa dapatkan dengan harga berkisar Rp 3.200. selain itu, Mama juga dapat membelinya di mana pun.

Nah, itulah 10 rekomendasi sabun biang keringat untuk bayi yang telah Popmama.com rangkum. Mama bisa membelinya di warung terdekat, toko offline, maupun e-commerce.

Agar biang keringat pada kulit bayi tidak semakin parah, Mama harus memastikan kebersihan kulitnya. Usahakan kulit si Kecil tetap sejuk. Apabila semakin parah, Mama perlu pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.