Efektif Cegah Virus, tapi Amankah Bayi Pakai Hand Sanitizer?

Sebagian hand sanitizer mengandung alkohol. Apa efek alkohol ini untuk kesehatan si Bayi?

13 Maret 2020

Efektif Cegah Virus, tapi Amankah Bayi Pakai Hand Sanitizer
jillshomeremedies.com

Merebaknya virus Corona belakangan ini, menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. Selain melindungi diri dengan masker dan rutin mencuci tangan dengan sabun, masyarakat pun turut membekali diri dengan hand sanitizer. 

Hand sanitizer merupakan alternatif untuk menjaga tangan kita agar tetap bersih, terutama pada kondisi di mana tidak ada air dan sabun di sekitar. Dengan sedikit saja cairan hand sanitizer, kuman dan bakteri di tangan bisa mati seketika. Namun, bolehkah bayi menggunakan hand sanitizer? Berikut Popmama.com merangkum serba-serbi yang perlu Mama ketahui seputar hand sanitizer dan penggunaannya pada bayi, dilansir dari firstcry.com:

Apakah Hand Sanitizer Mengandung Alkohol?

Apakah Hand Sanitizer Mengandung Alkohol
Intothegloss.com

Ya, sebagian besar hand sanitizer yang dijual di pasaran mengandung alkohol sebanyak 60 persen atau lebih. Alkohol ini berfungsi sebagai pembunuh kuman dan bakteri yang efektif. 

Alkohol yang terkandung dalam hand sanitizer akan menguap ketika digosokkan di tangan. Tetapi, sebagian terserap melalui kulit dan menembus pembuluh darah. Selain itu, bila digunakan bayi dan anak-anak, maka kandungan alkohol ini dapat terhirup atau tertelan bila mereka menjilat atau memasukkan tangannya ke mulut. Untuk itulah, disarankan memilih hand sanitizer bebas alkohol untuk anak-anak agar lebih aman digunakan.

Editors' Picks

Apakah Hand Sanitizer Berpotensi Menyebabkan Alergi pada Bayi?

Apakah Hand Sanitizer Berpotensi Menyebabkan Alergi Bayi
Freepik/onlyyouqj

Sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan adanya keterkaitan antara penggunaan hand sanitizer terhadap alergi pada anak-anak. Meskipun begitu, karena bayi cenderung memasukkan apapun ke dalam mulutnya menggunakan tangannya, tak menutup kemungkinan sejumlah kecil bahan kimia yang terkandung dalam hand sanitizer dapat tertelan.

Oleh karena itu, sebaiknya Mama memilih pembersih yang terbuat dari bahan-bahan alami dan organik yang bebas dari bahan kimia berbahaya.

Benarkah Hand Sanitizer Dapat Memicu Asma pada Bayi?

Benarkah Hand Sanitizer Dapat Memicu Asma Bayi
babycenter.com

Seperti yang disebutkan di atas, hand sanitizer mengandung beberapa bahan kimia. Salah satunya adalah parfum yang membuatnya lebih harum dan tidak terlalu beraroma alkohol menyengat.

Pada sebagian bayi dan anak-anak, penggunaan parfum yang cukup kuat dapat terhirup dan menimbulkan potensi pemicu asma. Konsultasikan dengan dokter anak Mama untuk kemungkinan apakah si Kecil boleh menggunakan hand sanitizer dalam kasus ini.

Memilih Hand Sanitizer untuk Bayi

Memilih Hand Sanitizer Bayi
Freepik/Onlyyouqj

Hand sanitizer merupakan pilihan yang baik jika di sekitar kita sulit mendapatkan air dan sabun untuk mencuci tangan. Akan tetapi jika digunakan setiap hari untuk membersihkan tangan, mainan atau permukaan benda-benda yang sering disentuh anak, sebaiknya dibatasi. Menggunakan hand sanitizer setiap kali si Kecil terpapar debu sebetulnya tidak perlu. 

Usahakan agar bayi dan anak-anak mencuci tangannya dengan air dan sabun, ketimbang menggantungkan pada penggunaan hand sanitizer. Air dan sabun masih menjadi cara membersihkan tangan dari kuman yang terbaik ketimbang alternatif lain, seperti hand sanitizer atau tissue basah. 

Bila memang diperlukan untuk kondisi darurat, pilih hand sanitizer yang bebas bahan pewangi dan pewarna untuk anak-anak. Saat ini telah tersedia hand sanitizer khusus bayi dan anak-anak, yang diperkaya dengan kandungan bahan alami untuk menjaga kelembutan tangan si Kecil meski terpapar pemakaian alkohol di dalamnya. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.