5 Jenis Mainan Untuk Menstimulasi Bayi Usia 6-9 Bulan

Di usia ini, bayi mulai punya ketertarikan terhadap suara dan dunia di sekitarnya lho, Ma

22 Maret 2019

5 Jenis Mainan Menstimulasi Bayi Usia 6-9 Bulan
maxpixel.net

Tak terasa, kini si Kecil sudah beranjak ke fase baru dalam usianya. Di usia 6-9 bulan, bisa dibilang merupakan fase yang menarik dalam hidup seorang anak karena di masa-masa ini ia mulai menunjukkan ketertarikan terhadap sekitarnya. 

Di usia 6-9 bulan, bayi mulai belajar dan menyerap informasi dari apa yang dilihat dan didengarkannya dari sekitar. Jika Mama memperhatikan, si Kecil mulai belajar memegang benda-benda dan mendengarkan sumber suara berasal. Gemas ya, Ma!

Mainan bisa menjadi stimulan yang menyenangkan untuk mendukung tumbuh-kembang bayi usia 6-9 bulan. Penting sekali menemukan jenis mainan yang interaktif dan menarik. Terinspirasi dari Firstcry.com, berikut beberapa rekomendasi mainan bayi usia 6-9 bulan yang bisa Mama pilih.

1. Mainan musik

1. Mainan musik
maxpixel.net

Mainan yang mengeluarkan suara musik membantu melatih kemampuan sensorik anak. Terutama terhadap suara. Mainan musik dapat mengeluarkan melodi, suara binatang atau benda lain yang dapat menumbuhkan minat si Kecil dalam bidang musik.

Pilihkan mainan piano kecil, drum, xylophone mini, marakas, atau mainan dengan tombol yang jika dipencet menimbulkan lagu. 

Editors' Picks

2. Mainan berbahan kayu

2. Mainan berbahan kayu
pxhere.com

Mainan berbahan kayu dengan bentuk dan warna-warni yang beragam membantu bayi untuk mulai belajar tentang perbedaan warna, bentuk dan ukuran. Si Kecil bisa memainkannya dengan bantuan Mama yang mengelompokkan berdasarkan kategori yang sama atau pun berbeda.

Mainan berbahan kayu yang bisa dipilih misalnya: balok warna-warni, mobil atau hewan beroda yang bisa ditarik, bongkar pasang, atau mainan mencocokan bentuk. 
 

3. Boneka

3. Boneka
Pixabay.com/Bru-nO

Biasanya, di usia ini bayi mulai memiliki rasa keterikatan terhadap sesuatu. Misalnya boneka. Bermain dengan boneka akan menumbuhkan kemampuan sensorik. Selain itu, bayi biasanya ingin memeluk bahkan tidur dengan boneka kesayangannya di sisinya. Ini menunjukkan bayi mulai memiliki keterlibatan socioemotional.

Pilihkan boneka atau plush toys yang terbuat dari bahan kain katun atau kain boneka yang tidak berbulu panjang. Boneka bentuk hewan, manusia, atau mainan, misalnya boneka berbentuk bola, bisa Mama pilih untuknya.  

4. Mainan interaktif

4. Mainan interaktif
Pixabay.com/PublicDomainPictures

Saat ini, tidak sulit mencari permainan interaktif di pasaran. Mainan ini bisa berupa papan yang punya tombol untuk ditekan, bagian-bagian yang bisa dibuka-tutup atau pun mengeluarkan cahaya dan suara. Mainan seperti ini sangat menarik bagi bayi karena merangsang motoriknya.

Mainan yang bisa Mama berikan: 

  • Mainan bongkar pasang, 
  • mainan ring donat, 
  • mainan bertombol. 
     

5. Bola

5. Bola
maxpixel.net

Bola jadi mainan yang menarik dan tidak pernah membosankan untuk bayi. Ajak bayi melihat Mama memantulkan bola. Hal ini akan membuatnya terkejut dan melihat hal yang baru ditemuinya. Bola dengan bunyi gemerincing akan semakin memikat perhatian bayi 

Dalam memilih mainan untuk bayi usia 6-9 bulan, pastikan tidak ada sudut-sudut yang tajam atau pun bagian-bagian kecil yang mudah tertelan ya, Ma. Mama punya inspirasi mainan lain untuk anak usia 6-9 bulan? Yuk berikan idenya di kolom komentar di bawah. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.