Kapankah Saat yang Tepat Memberikan Yogurt Untuk Bayi?

Yogurt ternyata boleh dikonsumsi bayi, bahkan saat usianya belum menginjak 1 tahun

4 April 2019

Kapankah Saat Tepat Memberikan Yogurt Bayi
flickr.com/Donnie Ray Jones

Berbeda dengan berbagai rekomendasi untuk menghindari pemberian susu sapi hingga anak berusia di atas 12 bulan, ternyata yogurt sudah bisa diberikan saat bayi sudah mulai mengonsumsi makanan padat.

Padahal, yogurt kan bahan dasarnya susu? Lantas apa yang membuat keduanya berbeda? Simak hasil laporan Popmama.com ini, yuk!

Porsi Yogurt Sesuai Usia Bayi

Porsi Yogurt Sesuai Usia Bayi
Pixabay/Imoflow

Umumnya, yogurt dapat diperkenalkan kepada bayi mulai usia 8 bulan.

Pemberian makanan padat pada anak memang harus disesuaikan dengan usianya. Untuk yogurt, dilansir dari verywellfamily.com, berikan ¼ hingga ½ cangkir yogurt untuk anak yang berusia 8 hingga 12 bulan.

Porsi bisa mulai ditambahkan saat si Kecil mulai mengenal produk di luar susu formula atau ASI. Untuk usia di atas 1 tahun, Mama dapat memberikan ½ cangkir yogurt atau dengan perbandingan satu banding 6 porsi susu yang dibutuhkannya setiap hari. 

Editors' Picks

Cara Memilih Produk Yogurt

Cara Memilih Produk Yogurt
Pixabay/Neupaddy

Tahukah Mama jika yogurt merupakan produk susu fermentasi yang bahkan dapat dikonsumsi oleh anak yang mengalami intoleransi laktosa? Ya, hal ini disebabkan karena dalam proses pembuatan yogurt, laktosa telah diubah menjadi asam laktat dan protein susu telah dipecah sehingga lebih mudah untuk dicerna.

Namun, beberapa anak mungkin mengalami reaksi alergi jika memakan yogurt. Mungkin, alergi disebabkan bahan tambahan yang dibubuhkan ke dalam produk yogurt pasaran yang dijual di supermarket. 

Jadi, meskipun yogurt aman, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum memberikannya kepada anak, agar terhindar dari berbagai reaksi alergi seperti gatal-gatal, gejala sulit bernapas atau asma, pembengkakan mulut atau tenggorokan, muntah atau diare dan kehilangan kesadaran.

Ide Penyajian Yogurt

Ide Penyajian Yogurt
Unsplash.com/Victoria Shes

Yogurt bisa menjadi makanan yang sangat sehat untuk bayi Mama, tetapi penting untuk diperhatikan bahwa tidak semua produk yogurt sama dan aman untuk dikonsumsi. Jika tidak hati-hati, yogurt akan mempengaruhi kesehatan anak dengan berbagai kandungan berbahaya di dalamnya seperti pemanis buatan, pewarna buatan, gula, sirup jagung fruktosa tinggi, dan zat pengental lainnya. 

Solusinya, Mama dapat membeli yogurt tawar dan menambahkan buah-buahan favorit kesukaan anak ke dalamnya. Gunakan penggiling makanan atau blender untuk menghaluskan buah (misalnya mangga atau blueberry) dan tambahkan sedikit yogurt untuk membuat smoothie. Namun, jika Mama memiliki waktu yang lebih, cobalah untuk membuat yogurt sendiri, selain sangat mudah, tentu saja lebih sehat dan murah. 

Salah satu jenis yogurt yang bisa diberikan pada bayi adalah Greek Yogurt. Mama bisa mengolahnya jadi lebih enak dan menarik untuk bayi. Yuk contek resepnya, di sini.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!