Nyerinya Minta Ampun, ini lho Penyebab Cantengan pada Bayi

Ternyata bukan cuma orang dewasa, bayi pun bisa mengalami cantengan

8 Juni 2019

Nyeri Minta Ampun, ini Penyebab Cantengan Bayi
Pixabay/Josh Mason-Barkin

Di antara Mama tentu pernah merasakan rasa sakit akibat cantengan. Cantengan membuat aktivitas jadi terganggu. Rasa sakitnya menusuk dan berdenyut, bahkan ketika tidak sedang melakukan apapun. 

Membayangkan rasa sakitnya saja, tak ada seorang pun yang berharap mengalaminya lagi ya, Ma. Apalagi jika hal ini terjadi pada sang Buah Hati yang masih bayi.

Tak hanya orang dewasa, bayi pun ternyata bisa cantengan lho, Ma. Cantengan biasanya terjadi pada kuku yang sangat panjang atau yang cenderung melengkung sehingga lebih rentan untuk tumbuh ke dalam jari kaki atau menekan kulit di sekitarnya. 

Penyebab Cantengan pada Bayi

Penyebab Cantengan Bayi
babydotdot.com

Normalnya kuku kaki maupun tangan bayi akan tumbuh lurus. Namun, pada beberapa bayi, faktor genetika menyebabkan kuku mereka tumbuh melengkung sehingga bagian tepi kuku tumbuh ke dalam daging. Bentuk ini berpotensi melukai jaringan lunak. 

Selain faktor genetika tersebut, cantengan yang dikenal dengan nama medis onychocryptosis ini juga bisa terjadi pada bayi karena faktor lainnya. Dilansir dari momjunction.com berikut ini beberapa penyebab terjadinya cantengan pada bayi. 

Salah memotong kuku

Kuku bayi yang dipotong terlalu pendek atau terlalu dekat pada kulit akan cenderung tumbuh ke dalam. Demikian pula jika kuku dipotong dengan bentuk melengkung juga dapat meningkatkan terjadinya cantengan. Hindari memotong kuku kaki pada bayi yang baru lahir dan biarkan kuku itu tumbuh dengan alami selama beberapa waktu sehingga cukup aman untuk dipotong. 

Alas kaki terlalu sempit

Penyebab paling umum terjadinya cantengan pada bayi adalah pemakaian kaus kaki atau sepatu yang terlalu sempit. Kondisi ini akan membuat kuku jari kaki akan menekan satu sama lain sehingga pada kuku tertentu akan masuk ke dalam kulit dan menyebabkan terjadinya cantengan.

Cedera

Bayi yang kehilangan kuku atau terluka karena suatu hal akan mudah terkena cantengan saat kuku tersebut tumbuh melengkung ke dalam kulit. 

Infeksi 

Terjadinya infeksi pada kulit di sekitar kuku juga bisa menyebabkan terjadinya cantengan. Infeksi jamur pada kuku dapat menyebabkan perkembangan kuku jari kaki yang melebar atau menebal.

Editors' Picks

Tanda Bayi Mengalami Cantengan

Tanda Bayi Mengalami Cantengan
Pexels/ Julia Lee

Tanda awal cantengan pada bayi:

  • Timbulnya bengkak kemerahan pada kulit di tepi kuku,
  • bayi akan merasa kesakitan saat area sekitar kuku mengalami gesekan dengan alas kaki yang dikenakannya,
  • pada beberapa kasus, kuku di sekitar kaki bayi akan tampak melepuh, bernanah dan tampak bengkak. Hal ini akan semakin parah saat kuku tumbuh dan mengeras.
  • pada tahapan ini, bayi mengalami gejala demam untuk menunjukkan adanya infeksi pada tubuhnya.

Mengobati Cantengan pada Bayi

Mengobati Cantengan Bayi
babydocclub.com

Sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan saat bayi mengalami cantengan. Mama dapat mengobatinya sendiri dengan cara sederhana, misalnya:

  1. Merendam kaki bayi dalam air sabun hangat selama hampir sepuluh menit, dua kali atau tiga kali setiap hari.
  2. Jangan lupa untuk menggunakan sabun yang ringan dan aman bagi kulit bayi.
  3. Selanjutnya keringkan dengan handuk lembut dan oleskan antiseptik di sekitar area kuku yang bermasalah. 

Selain itu, untuk mengurangi rasa tak nyaman, kompres dengan menggunakan handuk basah hangat di sekitar kuku untuk membantu melunakkan permukaan kulit. Namun, jika dalam waktu tujuh hari kondisinya tidak membaik, segera ajak si Kecil menemui dokter untuk mencegah kondisinya agar tidak semakin memburuk.

Cantengan sudah pasti akan menimbulkan rasa tak nyaman pada bayi. Bayi akan rewel saat ia merasa area di sekitar kakinya terasa sakit dan nyeri. Karena itu sebisa mungkin Mama menghindari faktor penyebab terjadinya cantengan. Yang tak kalah penting untuk diingat, usahakan untuk memotong kuku bayi dengan gunting kuku bukan menggunakan gunting sembarangan yang akan membuat kuku tumbuh melengkung sesuai dengan bentuk potongannya.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!