Penting! 8 Tips dan Cara Bermain Valorant yang Perlu Kamu Perhatikan

Yuk masuki permainan seru dan menantang bersama timmu di Valorant!

22 Februari 2022

Penting 8 Tips Cara Bermain Valorant Perlu Kamu Perhatikan
Playvalorant.comValorant
joker with card

Siapa sih yang tidak tertarik bermain game Pc yang gratis, dapat dimainkan online bersama teman-teman, dan tentunya menantang. Baik gamers ataupun bukan, kamu pastinya akan menikmati waktu bermain game satu ini. 

Valorant merupakan game FPS yang permainannya dibagi menjadi dua tim, satu tim sebagai penyerang (attacker), dan yang lainnya berperan sebagai tim bertahan (defender). 

Ada mekanisme bermain unik yang dihadirkan di dalam game ini. Berbeda dari game FPS lainnya yang umumnya bergantung pada taktik, senjata, dan kemampuan menembak. Di Valorant kamu diberikan beberapa Agent yang memiliki keahlian unik berbeda-beda, seperti berteleportasi,  meningkatkan kecepatan, dan lain sebagainya. 

Penasaran bagaimana tips dan cara bermain Valorant? Yuk simak pembahasan cara bermain valorant di Popmama.com

1. Gameplay Valorant

1. Gameplay Valorant
gamertweak.com

Sebelum membahas mengenai senjata, agent, dan tips bermain yang lebih rumit, ada baiknya kita membahas mengenai gameply dasar dari Valorant. 

Setiap match di Valorant terdapat dua tim yang terdiri dari 5 orang pemain. Permainan sendiri akan berjalan selama 13 ronde.

Tim yang berhasil meraih kemenangan selama 13 ronde akan keluar sebagai pemenang. Dalam satu ronde hanya terdapat satu nyawa, namun ketika mati tertembak kamu dapat kembali bermain di ronde berikutnya. Setiap tim dapat meraih kemenangan dnegan cara mengalahkan semua pemain tim lawan. 

Tim dibagi menjadi dua, yaitu tim yang menyerang dan tim yang bertahan. Tim penyerang (attacker) memiliki tujuan untuk menanam bom yang disebut spike di beberapa lokasi pada area. Sedangkan tim bertahan (defender) memiliki tugas untuk mematikan bom, dan mencegah tim penyerang menanamkan bom. 

Di awal setiap ronde, para pemain akan mendapatkan uang yang disebut dengan Creds yang dapat digunakan untuk membeli senjata, armor, dan abilities. Gunakan Creds ini sebaik mungkin agar membantumu meraih kemenangan. 

2. Alur bermain Valorant

2. Alur bermain Valorant
nme.com

Setelah masuk ke dalam permain dan membentu tim. Pertama-tama kamu akan diberikan pilihan karakter yang dapat kamu gunakan. Setiap pemain perlu memilih karakter yang berbeda dengan roles yang berbeda-beda juga. 

Selanjutnya, kamu akan dibawa masuk ke dalam peta dan ronde pertamamu bermain dimulai. Di sana kamu akan bermain sebagai attacker atau defender dan berganti roles di ronde berikutnya.

Di antara ronde, terdapat fase berbelanja yang dapat kamu gunakan untuk membeli senjata dan abilities. Kamu perlu menentukan hal prioritas yang perlu kamu beli terlebih dahulu.

Selanjutnya kamu akan bermain selama beberapa ronde hingga salah satu tim berhasil merebut kemenangan. Cukup mudah bukan?

3. Pahami roles di Valorant

3. Pahami roles Valorant
playvalorant.com

Dalam memilih karakter atau Agent ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan lho. Agar memudahkanmu menang melawan tim lain atau membuat strategi, kamu perlu memahami roles dari para Agent di Valorant.

Ada empat roles utama dari para Agent di dalam game, yaitu duelist, initiator, controller, dan sentinel. Berikut adalah penjelasan singkat dari roles yang ada di Valorant:

  • Duelist

Duelis merupakan DPS di Vlaorant yang mampu memberikan daya serang yang besar. Semua duelis dapat bertahan dalam pertarungan sengit dengan kemampuan offensivenya. Beberapa contoh karakter duelis, seperri Jett, Raze, Rayna, dan Phoenix. 

  • Initiator

Inisiator memiliki kemampuan untuk memulai atau membuka pertempuran dan memberikan tim beragam keuntungan dari tim musuh. Mereka dapat membuka sites atau zone dan memberikan keuntungan taktikal. Contoh karakter di role ini ialah Sova, Breach, Skye, dan Kay/O.

  • Sentinel

Sentinel merupakan karakter yang mampu mempertahankan zones and menjelajahi terotori baru. Beberapa dari mereka bahkan memiliki kemampuan ala role support seperti menyembuhkan atau memasang tembok untuk memblok zones. Beberapa karakter di role ini ialah, Sage, Killjoy, dan Cypher.

  • Controller

Terakhir ada role controler. Karakter dengan role ini memiliki keahlian untuk mengontrol area yang sudah dikuasai. Karakter bertipe ini memiliki tugas utama untuk menutup akses pergerakan dan pengelihatan lawan ketika bertahan atau menyerang. Contoh agen controller ialah Brimstone, Viper, Omen, dan Astra.

    Editors' Picks

    4. Pilih senjata yang sesuai

    4. Pilih senjata sesuai
    gamertweak.com

    Setlah memilih karakter, kini saatnya kamu memilih senjata. Sebenarnya di game Valorant tidak ada senjata terbaik, semua bekerja dalam kondisi yang berbeda-beda. Cara bermainmu menentukan pilihan senjata yang dapat kamu gunakan. 

    Senjata seperti The Phantom and Vandal merupakan dua senjata favorit banyak pemain Valorant. Tetapi kamu juga dapat memilih senjata lainnya, mulai dari sidearms, smgs, rifles, snipers, heavy weapons, and shotguns.

    Senjata seperti Ghost adalah senjata yang damagenya paling besar dan lurus arah tembaknya. Cocok untuk digunakan pada ronde pistol atau ketikaduel jarak jauh. 

    Sedangkan ketika berada dalam ronde Creds terbatas, ada baiknya kamu memilih senjata seperti Spectre. Karena senjata ini memiliki firing rate dan damage yang cukup bagus dan mudah digunakan.

    Namun ketika memiliki banyak Creds, kamu dapat memilih senjata seperti Phantom atau Vandal. Kedua senjata ini merupakan rifle dengan damage terbesar di Valorant.

    5. Kenali map dengan baik

    5. Kenali map baik
    se7en.ws

    Valorant memiliki berbagai map-map dengan karakteristiknya tersendiri  Beberapa jenis map di Valorant di antaranya ialah; Ascent, Icebox, Haven, Split, dan juga Breeze. Kelima map tersebut akan dipilih oleh sistem secara acak ketika kamu akan memainkan game.

    Karakteristik setiap map yang berbeda membuatmu harus mengenali semuanya dengan baik. Mulai dari tempat paling bagus untuk plant spike, tempata yang kemungkinan digunakan oleh musuh untuk sembunyi, dan lain-lain.

    Dengan memahami map,.kamu memiliki pengetahuan lebih untuk membuat dan merancang strategi terbaikmu ketika sedang bermain. 

    6. Pelajari mekanisme dalam bermain

    6. Pelajari mekanisme dalam bermain
    earlygame.com

    Meskipun masuk ke dalam kategori game FPS, Valorant memiliki mekanikal game yang unik dan berbeda dari kebanyakan game FPS pada umumnya.

    Pertama, agar dapat menembak lurus, kamu perlu memastikan terlebih dahulu bahwa badan karakter kamu sedang diam (tidak boleh bergerak apalagi berlari). Jika tidak, maka dapat dipastikan tembakanmu tidak akan mengenai target.

    Untuk mengatasi itu, kamu perlu belajar counter-strafing. Ini merupakan trik untuk membuat badan karakter yang bergerak tiba-tiba berhenti dengan cepat. Carany cukup mudah yaitu dengan cara menekan tombol berlawanan arah dari yang sedang ditekan. Contohnya ketika kamu sedang tekan A, maka counter dengan menekan D. 

    Terkait masalah senjata, senjata rifle (kecuali spectre) di Valorant memiliki recoil tersendiri. Dan tembakan dari senjata ini juga memiliki arah peluru yang acak. Sehingga sebaiknya kamu tidak selalu melakukan spray sampai peluru habis, cukup beberapa peluru di awal saja.

    7. Gunakan creds sesuai prioritas

    7. Gunakan creds sesuai prioritas
    polygon.com

    Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, ada uang yang dapat kamu gunakan dalam match yang disebut dengan Creds. Uang ini dapat digunakan untuk membeli senjata atau abilities.

    Hindari penggunaan Creds yang boros, ada baiknya kamu menyimpan Creds untuk membeli benda yang kamu butuhkan sesuai dengan permainan timmu. Sebagai contoh, kamu tidak akan memenangkan pertarungan jika hanya kamu yang memiliki pistol, sedangkan yang lain hanya memiliki senjata biasa. 

    Namun jika kamu berhasil mengumpulkan Creds, maka semua anggota timmu dapat memiliki pistol ditambah armor yang meningkatkan kesempatanmu untuk menang. 

    Oh ya, daripada membeli senjata, kamu dapat mengambil senjata dari musuh yang kamu kalahkan lalu simpah hingga ke ronde berikutnya. Dengan ini kamu dapat menghemat pengeluaran Credsmu. 

    8. Bangun komunikasi antar pemain dengan baik

    8. Bangun komunikasi antar pemain baik
    screenrant.com

    Sebagai game yang dimainkan online bersama pemain lainnya, sudah pasti satu hal penting yang perlu kamu kuasai untuk meraih kemenangan ialah kerjasama antar anggota tim dan komunikasi yang baik.  

    Sebelum match dimulai, ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk berdiskusi dengan timmu, mungkin membahas pilihan hero yang akan kalian gunakan, strategi, atau cara taktik tertentu. 

    Dan selama bermain pun akan jauh lebih baik jika kalian memberitahu lokasi musuh, berbagi lokasi item drop dan membahas taktik baru yang kemungkinan cocok untuk digunakan di kondisi itu. Biasakan juga untuk berkomunikasi dengan jelas dan detail agar tidak ada infromasi yang salah atau keliru. 

    Dengan tips dan penjelasan cara di atas kamu sudah bisa masuk bermain ke dalam dunia Valorant. Apakah kamu siap?

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk