Review Pokémon Showdown, Game Strategi Pokémon yang Seru

Atur taktik dan kalahkan tim Pokémon lawan!

12 Januari 2022

Review Pokémon Showdown, Game Strategi Pokémon Seru
pokemonblog.com

Sempat menguncangkan dunia di tahun 2016 lalu, kini nama Pokémon dikenal banyak orang. Pokémon sendiri merupakan franchise raksasa yang berasal dari Jepang dengan maskot utamanya si tikus listrik kuning, Pikachu. 

Pokémon dapat kamu temukan di berbagai hal, mulai dari video game, permainan kartu, serial animasi, komik, dan merchandise, dan lainnya. Namun tetap saja yang paling terkenal dari Pokémon ialah seri video game konsolnya yang telah berjalan selama 25 tahun lebih dan kini berada di generasi ke-8nya, wow!

Cara bermain Pokémon tidak semudah kelihatannya. Ketika bertarung dengan pemain lainnya, kita perlu memperhatikan type Pokémon yang digunakan, moves, ability, stats, Iv, Ev, kondisi field, banyak sekali ya ternyata. Terdengar rumit ya!

Tapi tenang saja, ada kok game online Pokémon yang dapat membantumu jadi lebih hebat dalam bermain Pokémon. Gim ini dikenal dengan nama Pokémon Showdown. 

Tidak usah khawatir binggung atau pusing, anak-anak yang hanya ingin bermain Pokémon dengan seru bersama teman-temannya juga dapat memainkan game satu ini. Selain mudah diakses, game ini pun dapat dimainkan dengan gratis. 

Penasaran bagaimana cara bermainnya? Simak dulu review Pokémon Showdown di Popmama.com!

1. Apa itu pokemon showdown?

1. Apa itu pokemon showdown
pokemonshowdown.com

Pokémon dikenal sering mengadakan kompetisi untuk para pemain handalnya, tetapi tidak untuk para fans secara luas. Di sanalah peran Pokémon Showdown, memberikan para fans Pokémon rasa permainan yang kompetitif dan penuh strategi. 

Gim Pokémon Showdown merupakan sebuah online simulator Pokémon battle berbasis web yang dapat dimainkan bersama teman. Permainan ini awalnya dikembangkan oleh Zarel dan sejak 2 Juli 2012 lalu dimiliki oleh Smogon University.   

Pokemon Showdown dapat diakses secara gratis melalui laman https://pokemonshowdown.com/, dan tersedia juga dalam bentuk aplikasi untuk windows.  

Perlu diingat, permainan Pokémon Showdown sangat berbeda dari seri game utamanya. Di sini pemain hanya dapat bertarung dengan pemain, tidka dapat menangkap pokemon liar, apalagi berpetualang di dunia Pokémon yang fantastis.

Gim ini juga lebih menekankan penggunaan strateginya, tidak ada level atau Pokémon items yang dapat membantumu menang. Jadi simpan jauh-jauh keinginanmu untuk menang melawan tipe air menggunakan tipe api, kecuali kamu punya strategi yang bagus. 

Editors' Picks

2. Dimana kamu dapat bermain Pokémon Showdown?

2. Dimana kamu dapat bermain Pokémon Showdown
pokemonshowdown.com

Cara mengakses Pokémon Showdown cukuplah mudah. Pertama-tama kamu cukup membuka laman http://pokemonshowdown.com, untuk menuju halaman utama Pokémon Showdown.

Setelahnya klik “Play Online”. Kalian akan dimasukan ke server utama Pokémon Showdown, yaitu “Lobby”. Ketika sudah berada di dalam Lobby, pemain dapat mengkilk “Choose Name”. Pilih dan buatlah nama user kalian sesuka hati. 

Oh ya, kalian juga dapat memilih avatar lho. Cukup klik “Choose Avatar” dan pilih avatar-mu. Ada banyak pilihan avatar yang merupakan desain karakter para trainer di dalam game pokemon generasi IV-V (Diamond & Pearl, Platinum, Heart Gold & Soul Silver, Black & White, dan Black & White 2).

Berikutnya klik “Register” dan registrasikan username kalian. Sebagai tambahan kalian juga dapat memilih password akan digunakan untuk username kalian, agar akun kalian tidak digunakan oleh orang lain. Ingat, jangan sampai lupa dengan password-nya ya! 

Setelah itu di atas button "Battle" ada dua hal lagi yang perlu kalian perhatikan sebelum bermain, yaitu format dan team. Pada opsi format, pemain dapat memilih format bermain yang kalian inginkan. 

Sedangkan pada opsi team, kalian dapat menyusun tim dari Pokémon yang kalian suka, dengan lengkap mulai dari serangan, hingga kekuatan Pokémon tersebut. Sekitar 900 Pokémon lebih dapat kalian gunakan. 

3. Format bermain Pokémon Showdown

3. Format bermain Pokémon Showdown
teahub.io

Jenis dan mode permainan di Pokémon Showdown ada banyak sekali. Penting untuk kamu perhatikan, ada mode bermain yang mewajibkanmu membuat tim terlebih dahulu, seperti mode OU, Ubers, UU, RU, NU, dan lainnya. Mode ini cocok bagi mereka yang ingin menguji kemampuan tim favorit mereka. 

Namun ada juga mode yang dapat langsung dimainkan, seperti Random Battle dan Monotype Random Battle. Pada beberapa mode barusan, sistem akan memberikanmu Pokémon secara acak.  

Ada juga beberapa mode unik yang wajib kamu coba, seperti Almost Any Ability, dimana Pokémon bisa memiliki ability yang seharusnya bukan ability Pokémon tersebut. Mode Free For All Random Battle, yang dapat dimainkan oleh empat pemain. Dan mode Super Staff Bros, dimana kalian akan bermain menggunakan Pokémon dibuat oleh staf Pokémon Showdown dengan ability, moves, dan items yang unik. 

Pokémon Showdown menyediakan beragam format bermain sesuai generasi Pokémon, mulai dari gen 1 hingga gen 8. Jadi kamu tidak perlu takut jika tidak memahami dan mengenali Pokémon di generasi terbaru. 

Kebanyakan format umum dalam Pokémon Showdown, seperti OU (over used), Ubers, UU (under used), RU (rarely used), dan NU (never used) dibuat berdasarkan tangga meta Smogon. Dimana setiap Pokémon ditempatkan ke dalam kategori tertentu karena dianggap kuat dan banyak digunakan. 

4. Cara bermain dan meta

4. Cara bermain meta
nintendosoup.com

Cara bermain di Pokémon Showdown mirip dengan car bermain Pokémon di game konsol pada umumnya. Setiap pemain diberi kesempatan untuk menyerang Pokémon lawan dengan moves yang mereka pilih. Setiap Pokémon juga dilengkap dengan ability dan held item yang membantu mereka ketika bertarung. 

Ada juga hal-hal yang menjadi penting di sini, seperti nature Pokémon (nature dapat memberikan tambahan kekuatan), Iv atau Individual Values (stat tersembunyi yang menentukan tinggi atau rendahnya base stats Pokémon), dan juga Ev atau Effort Values (stat teresembunyi lainnya yang menentukan kekuatan Pokémon).

Namun di sini kamu tidak dapat mengandalkan level yang tinggi atau heal items seperti potion dan revive untuk menang. Semuanya ditentukan dari bagaimana cara kita mengatur strategi.

Umumnya, pada pertarungan Pokémon, setiap pemain perlu memahami weakness masing-masing type seperti type dark yang lemah terhadap type fairy, fight, dan bug, atau type water yang lemah terhadap type electric dan grass. Setiap pemain diberi kesempatan menyerang secara bergilir.

Kamu dapat menggunakannya untuk menyerang musuh, memberikan status condition pada musuh (burn, sleep, paralyze), menyiapkan entry hazard, menyembuhkan diri menggunakan healing moves, dan lainnya.  

Selalu utamakan Pokémon yang dapat menghabisi musuh dengan mudah (karena over power atau telah mendapatkan boost sebelumnya). 

Inilah salah satu alasan mengapa game Pokémon Showdown dikenal sebagai permainan yang membantu anak-anak mama mengasah kecerdasan dan kemampuan berpikir. Karena dalam permainannya, mereka perlu mengatur setiap langkah dengan hati-hati dan penuh perhitungan agar berhasil meraih kemenangan. 


5. Kelebihan dan kekurangan Pokémon Showdown

5. Kelebihan kekurangan Pokémon Showdown
chrome.google.com

Setiap game tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan membantu game mendapatkan banyak pemain. Sedangkan melalui kekurangan, pihak developer dapat selalu memberikan update yang membantu game menjadi lebih seru. 

Berikut ialah kelebihan dan kekurangan bermain Pokémon Showdown:

Kelebihan

  • Terdapat banyak sekali pilihan Pokémon yang ada di dalam game. Di sini kamu tidak perlu menangkap, mengevolusikan, atau bahkan melatih Pokémon terlebih dahulu. Terdapat Pokémon dari gen 1 hingga gen 8 yang dapat dipakai sesuka hati. 
  • Untuk mendapat Pokémon yang kuat kamu tidak perlu melatih atau bahkan breeding agar mendapatkan Pokémon dengan Iv dan Ev yang sesuai. 
  • Mudah diakses, gratis, dan dapat dimainkan bersama teman lain. 
  • Dapat dimainkan dimana saja, kapan saja, Karena hanya membutuhkan web browser dan internet. 
  • Ada banyak sekali format yang dapat dicoba, termasuk beberapa format unik yang tidak ada di dalam game Pokémon sendiri.  
  • Menantang dan kompetitif. Ada banyak sekali pemain Pokémon Showdown yang memiliki pengetahuan luas mengenai dunia Pokémon, sehingga dapat mengasaha kemampuan pemain membuat strategi dalam bermain. 
  • Ada sistem ladder (rangking) yang membantu pemain mengukur kemampuan bermainnya. 
  • Ada sistem chat yang memungkinkan pemain saling beriteraksi. 

Kekurangan

  • Permainan yang repetitif. Karena di Pokémon Shodown pemain hanya dapat bertarung/battle menggunakan Pokémon mereka saja. 
  • Lebih sulit karena mengandalkan strategi. Sehingga ini kurang cocok bagi pemain yang terbiasa memainkan seri Pokémon di konsol. 
  • Visual yang tidak terlalu baik. Karena ini game berbasis web, tidak mungkin bukan berharap game ini memiliki visual yang sebaik game konsol.
  • Update Pokémon Showdown sangat tergantung dari perkembangan seri utama Pokémon dan meta di Smogon. 

Meskipun sedikit berbeda dari seri game konsolnya, Pokémon Showdown patut kamu coba. Apalagi jika kamu mengaku sebagai fansnya Pokémon. Bagaimana? Sudah siap mencoba berhadapan dengan trainer lain dan menjadi yang terbaik?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.