Belajar Ekspresi dari Emoticon Korea

Gimana sih emoticon kalau pengen cepet pulang kerja?

23 November 2021

Belajar Ekspresi dari Emoticon Korea
Pexels/Ann H

Hampir semua yang berasal dari Korea hingga saat ini mulai menarik perhatian masyarakat Indonesia. Mulai dari K-Pop, Kdrama, Makanan Korea, bahkan juga bahasa. Terdapat beberapa orang yang tertarik dengan bahasa Korea.

Hal ini terjadi umumnya karena mereka yang selalu mengikuti berbagai macam hal tentang Korea sehingga timbul lah rasa ingin tahu untuk belajar bahasa Korea. Namun, ada pula yang memang sudah sedari dulu ingin belajar bahasa Korea, lho!

Salah satu hal yang harus dipelajari adalah ekspresi. Bagaimana cara mengeskpresikan perasaan terhadap sesuatu hal, misalnya dari emoticon. Lalu, bagaimana mengetahui ekpresi dari emoticon Korea?

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum cara belajar ekspresi melalui emoticon korea. Seru banget lho, yuk di simak!

1. Sudah tidur?

1. Sudah tidur
Popmama.com/Shania Tabina Anandanoe

Emoticon yang pertama memberikan pertanyaan tentang tidur, "Udah tidur?". Dalam bahasa koreanya dibaca dengan 'Jani?'. Kata ini digunakan untuk seseorang yang menanyakan dan sedang memastikan apakah orang tersebut masih terjaga atau tidak.

Ekspresi yang tergambar dalam emoticon ini menunjukan karakter yang sedang tertidur. Kemudian datanglah satu karakter lagi yang mengganggu karakter satunya yang sedang tertidur.

Pada emoticon ini terlihat karakter tersebut bertanya apakah ia sudah tidur, sambil mengguncangkan badan yang satunya dengan berteriak

2. SADAR!!

2. SADAR
Popmama.com/Shania Tabina Anandanoe

"Jeong shin cha ryeo!", merupakan ekspresi saat menyadarkan seseorang terhadap suatu hal, misalnya saat sedang melamun. Kata ini memiliki arti "sadar". 

Pada gambar emoticon tersebut terlihat bahwa satu karakter sedang meneriaki temannya untuk sadar sambil membawa sebuah sendok atau gayungan yang berisi air untuk menyadarkan temannya yang sedang berkhayal dengan tersenyum.

Editors' Picks

3. Kebelet Pengen Pulang Kerja!!

3. Kebelet Pengen Pulang Kerja
Popmama.com/Shania Tabina Anandanoe

Pada emoticon selanjutnya adalah, "thwe geun ma ryeop tta." Kata ini digunakan untuk mengekspresikan diri yang sangat ingin segera pulang dan kembali ke rumah untuk beristirahat setelah seharian full sudah bekerja.

Pada emoticon tersebut, menggambarkan karakter yang sedang menahan diri sambil mendumel kesal dengan mengatakan ingin segera cepat pulang ke rumah dari bekerja.

4. Pura-pura nggak tahu

4. Pura-pura nggak tahu
Popmama.com/Shania Tabina Anandanoe

Kata selanjutnya yang digunakan dalam mengekspresikan sesuatu hal adalah "mo reun cheok." Kata ini merupakan sebuah ekspresi yang digunakan ketika sedang mengalihkan pertanyaan atau menjawab sesuatu hal yang tidak diketahuinya.

Pada emoticonnya menggambarkan karakter yang sedang mengalihkan perhatian dengan cara menyusun pot sambil berpura-pura tidak tahu terhadap kejadian yang sedang terjadi.

5. Terbaik!

5. Terbaik
Popmama.com/Shania Tabina Anandanoe

"Chwe go!!", merupakan sebuah ekspresi yang memperlihatkan bahwa ia memberikan sebuah ucapan dan pujian yang baik terhadap sesuatu hal yang baik pula.

Pujian ini dapat diucapkan saat seseorang berhasil mendapatkan sesuatu hal, seperti selesai mengerjakan sesuatu, atau setelah memberikan sebuah kalimat membangun. Kata pujian ini pun tentu dapat digunakan.

Pada gambar emoticon menghadirkan karakter yang sedang tersenyum lebar sambil memberikan jempol atau kedua ibu jarinya untuk memberikan ekspresi senang, pujian dan ucapan bangga.

6. Merinding!!

6. Merinding
Popmama.com/Shania Tabina Anandanoe

Kata yang menggambar ekspresi yang terakhir adalah, "so reum!". Kata ini merupakan sebuah ekspresi yang digunakan ketika menggambarkan sesuatu hal yang membuat 'bulu kuduk merinding' yang disebabkan oleh rasa ketakutan, kedinginan, ataupun kaget terhadap suatu hal.

Pada emoticon ini memberikan ekspresi karakter yang sedang terkejut dengan badannya yang bergetar. Hal ini memberikan kesan yang membuatnya menjadi merinding.

Nah, itulah berbagai cara mengetahui ekspresi berdasarkan dari emoticon Korea. Bagaimana? sudah hafal yang mana aja nih, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.