10 Fakta Jake ENHYPEN, Idol Kpop Muda yang Banyak Disukai Remaja

Baru debut, nama Jake ENHYPEN telah mendunia

22 Februari 2022

10 Fakta Jake ENHYPEN, Idol Kpop Muda Banyak Disukai Remaja
Twitter.com/ENHYPEN_members

Sim Jae Yoon atau yang lebih dikenal dengan Jake adalah salah satu member boy grup Korea Selatan generasi ke-4, ENHYPEN. Ia berhasil debut melalui ajang survival show I-LAND. 

Dengan bakat bernyanyi dan menari yang dimilikinya, Jake berhasil mengalahkan peserta lain dalam acara tersebut hingga akhirnya debut menjadi Idol Kpop. 

Selain kemampuannya yang luar biasa dalam dunia musik, Jake juga banyak digemari para remaja karena wajah yang rupawan serta kecerdasannya. 

Namun sayangnya, baru-baru ini ia mendapat banyak kritik dari para kpopers termasuk ENGENE (fans ENHYPEN) karena memakai kalung berlafaz Allah. 

Terlepas dari kasus kontroversi tersebut, berikut ini Popmama.com akan membagikan 10 fakta Jake ENHYPEN. Termasuk tentang ucapan maaf tersirat Jake tentang kasus kontroversinya.

1. Jake meminta maaf secara tidak langsung melalui siaran VLive

1. Jake meminta maaf secara tidak langsung melalui siaran VLive
Vlive.tv/ENHYPEN

Permasalahan kalung berlafaz Allah dimulai ketika Jake mengenakan kalung tersebut untuk tampil dalam salah satu acara musik show. Kala itu ia sedang melakukan promosi untuk album terbarunya DIMENSION : ANSWER. 

Hal itu membuat para penggemar bereaksi mengkritik stylist grup karena dianggap menjadikan agama Islam sebagai estetika. Mereka pun menuntut permintaan maaf dari pihak manajemen dan Jake. 

Walau demikian, pihak manajemen tak kunjung membuat unggahan permintaan maaf. Begitu pun dengan Jake. 

Akan tetapi, para penggemar pun mengetahui jika sebenarnya Jake sudah ingin meminta maaf namun terhalang izin manajemen. 

Maka dari itu, beberapa hari lalu, tepatnya pada Jumat (18/2/2022) Jake melakukan siaran langsung melalui VLive. Kala itu ia meminta maaf melalui lagu-lagu yang ia putar selama VLive. 

Mulai dari 'Best Part', 'Telepathy', 'Polaroid Love', 'Young Dumb and Broke', 'Hold On', dan 'Wrong'.

Kemudian, sebelum siaran live berakhir, Jake memutar lagu 'You Said' milik Connor Price. Lirik lagu tersebut berisi tentang permintaan maaf. Maka, melalui lagu tersebut, secara tidak langsung Jake mengutarakan permintaan maafnya.

"Jake berbicara lewat lagu," ucap fans dengan akun Twitter @Heseung_leee.

"Jake muter lagu ini ('You Said') di vlive dia tadi, tanpa kita sadar, terdapat kalimat maaf di dalamnya 😭😭😭😭 di vlive tadi dia juga keliatan ga nyaman, ekspresi dia keliatan banget😭," ucap pemilik akun Twitter @jdhnyayjw.

2. Selain meminta maaf melalui lagu, Jake pun meminta maaf dengan menunjukkan apel pada handphonenya

2. Selain meminta maaf melalui lagu, Jake pun meminta maaf menunjukkan apel handphonenya
Twitter.com/jakesarchive

Di tengah-tengah live, kala ia mendapat banyak komentar buruk dan dicerca untuk meminta maaf, Jake nampak gelisah dan selalu melihat staf yang sedang bersamanya. 

Maka dari itu, kemudian secara tiba-tiba ia mengatakan kalau beberapa waktu lalu membeli ponsel baru. Ia hanya menunjukkan sisi belakang ponsel tersebut untuk menunjukkan logo Apple yang tertera di sana. 

Ternyata, dalam bahasa Korea, apple disebut sagwa. Kata ini juga dapat diartikan sebagai bentuk permintaan maaf. 

3. Di balik kontroversi yang dinyatakan menghina agama Islam, nyatanya Jake adalah anak yang taat beragama

3. balik kontroversi dinyatakan menghina agama Islam, nyata Jake adalah anak taat beragama
Twitter.com/jakesarchive

Jake merupakan salah satu member ENHYPEN yang sangat taat beragama. Ia pun menjunjung tinggi toleransi dalam perbedaan agama setiap umat manusia.

Bentuk taat Jake pada Tuhan seringkali terekam dalam video-video milik ENHYPEN. Contohnya video back sage yang menunjukkan persiapan Jake sebelum tampil ke atas panggung yakni dengan berdoa. 

Tak hanya itu, dalam salah satu album ENHYPEN, Jake menuliskan pesan, "I do it all for the glory of god (Saya melakukan semuanya untuk kemuliaan Tuhan)." 

4. Kini, Jake Shim telah berusia 20 tahun

4. Kini, Jake Shim telah berusia 20 tahun
Twitter.com/ENHYPENPeru

Pada 15 November 2021, Jake baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-20 berdasarkan usia Korea. 

Semasa hidupnya, ia menghabiskan waktu untuk tumbuh dan berkembang di dua negara berbeda yakni Korea Selatan dan Australia. 

Ia lahir di Korea Selatan lalu pindah ke Australia ketika ia duduk di bangku SD. Semenjak di Australia, Jake tak ada keinginan untuk kembali ke Korea Selatan. Maka dari itu, kewarganegaraan miliknya yani Australia. 

Namun, pada kenyataannya ia kembali ke Korea Selatan saat SMA untuk menjadi trainee KPop. 

Editors' Picks

5. Jake merupakan satu idol KPop yang memiliki masa trainee paling sedikit

5. Jake merupakan satu idol KPop memiliki masa trainee paling sedikit
Twitter.com/ENHYPENPeru

Jake mulai tertarik dengan KPop setelah menonton penampilan BTS di American Music Awards pada 2017. Ia merasa penampilan seniornya itu sangat keren dan ingin menjadi seperti mereka. 

Maka dari itu, saat BigHit Entertainment membuka audisi secara global, ia langsung mengirim video bernyanyinya. Tak disangka, melalui video itu Jake dinyatakan lolos audisi. Setelah itu ia menjadi trainee di BigHit Entertainment.

Selama menjadi trainee, Jake selalu menunjukkan penampilan terbaiknya dan berbagai macam kemajuan dalam hal menyanyi dan menari. Hingga akhirnya Bang Shi Hyuk, pemilik BigHit Entertainment memilihnya menjadi salah satu peserta survival show I-LAND. 

Di sana Jake pun selalu bekerja keras agar tak terkalahkan oleh peserta lainnya. Penilaian juri terhadap dirinya pun selalu naik turun. Namun, hal itu tak mematahkan semangatnya. 

Setelah melewati berbagai macam tantangan di I-LAND, akhirnya ia dinyatakan sebagai peserta ke-3 yang dinyatakan debut dengan grup ENHYPEN pada tahun 2020.

Dengan demikian, Jake hanya menghabiskan waktu 9 bulan sebagai masa trainee.

6. Salah satu idol KPop dengan biaya pendidikan termahal

6. Salah satu idol KPop biaya pendidikan termahal
Twitter.com/ENHYPENPeru

Jake tak pernah kekurangan dalam hal pendidikan. Kedua orangtuanya selalu menyekolahkannya di sekolah-sekolah terbaik. 

Ketika di Australia, ia mengenyam pendidikan SMP di St. Peters Lutheran College dengan biaya SPP Rp651,5 juta. Kemudian, ketika pindah ke Korea, ia mengenyam pendidikan di SMA Internasional termahal di Korea Selatan yakni Dwight School Seoul dengan biaya SPP sebesar Rp646 juta.

Hal ini membuatnya menjadi salah satu idol KPop dengan biaya pendidikan termahal.

7. Jake sangat menyukai pelajaran fisika dan matematika

7. Jake sangat menyukai pelajaran fisika matematika
Twitter.com/amesoeur_02

Sebagai seorang siswa, tentunya Jake memiliki mata pelajaran favorit yakni fisika dan matematika. Ia selalu ingin mendapatkan nilai terbaik dalam pelajaran tersebut. 

Namun, harapan dan kenyataan kadang tak sejalan. Ketika duduk di bangku kelas 2 SMP, Jake hanya mendapat nilai 88 atau B+ dalam mata pelajaran fisika dan matematika. Hal itu membuatnya sedih hingga menangis. 

Wah, kira-kira kamu juga bakal nangis tidak jika mendapat nilai fisika dan matematika seperti Jake? 

8. Terkenal sebagai idol yang memiliki sikap sangat baik

8. Terkenal sebagai idol memiliki sikap sangat baik
Twitter.com/jakesarchive

Dalam acara I-LAND, Jake dipuji oleh Sunghoon karena sangat baik terhadap orang lain. Ia mendapat pujian bahwa hatinya semurni susu. 

Tak hanya sampai situ, dalam acara variety show En-O'clok beberapa waktu lalu ia pun terpilih menjadi anggota ENYPEN terbaik. Dalam acara tersebut, ia mendapat 3 suara dari pemungutan suara yang dilakukan secara rahasia.

"Jake, dia memiliki sikap yang baik (berpikir bebas)."

"Jake, dia merawat anggota dengan baik dan suka berbagi makanan."

"Jake, dia memasak ramyeon dengan baik." 

9. Sangat sayang pada anjing peliharaannya

9. Sangat sayang anjing peliharaannya
Twitter.com/bbyxjaeyun

Jake diketahui sangat menyayangi hewan peliharaannya yang diberi nama "Lyala". Ia kerap menyatakan rasa sayangnya pada Lyala di depan para fans. 

Menurut Jake, Lyala sangatlah berarti karena bisa membuat dirinya bahagia. Hal ini memang benar adanya, Jake selalu terlihat senang ketika sedang menonton video dan melihat foto Lyala di ponselnya. 

Ketika pulang ke rumah dan bertemu dengan Lyala, Jake tak lupa untuk berfoto dan bermain bersama dengannya. Gemas banget!

10. Jake bercita-cita ingin menjadi orang kaya agar bisa menolong orang lain melalui donasi

10. Jake bercita-cita ingin menjadi orang kaya agar bisa menolong orang lain melalui donasi
Twitter.com/starfess
Kiri: Tulisan Jake, kanan: stiker Save the Children ada di belakang HP Jake

Saat Jake duduk di kelas 2 SD, ia menuliskan apa yang ia sukai beserta dan cita-citanya dalam sebuah lembar tugas yang diberi oleh gurunya. 

"My favorite music is 'The Water Cycle' song. Because it is fun and it can remember the science words. Before i knew that song, i liked BigBang's song bercause the BigBang song is exciting. When I grow up I will be a singer because I like singing song dan I know many song (Musik favorit saya adalah lagu 'The Water Cycle'. Karena menyenangkan dan bisa mengingat kata-kata sains. Sebelum saya tahu lagu itu, saya suka lagu Big Bang karena lagu BibBang itu seru. Ketika saya dewasa saya akan menjadi penyanyi karena saya suka menyanyikan lagu dan saya tahu banyak lagu)," tulis Jake. 

Ia pun bertekad untuk menjadi penyanyi terkenal dan menghasilkan banyak uang agar bisa berdonasi. 

"If I become a famous singer, I will be rich. After I am rich I will give money (Jika aku menjadi penyanyi yang terkenal, aku akan menjadi kaya. Setelah aku kaya, aku akan memberikan uang)," lanjutnya. 

Kini, impiannya telah tercapai. Ia menjadi penyanyi yang dikenal oleh masyarakat berbagai belahan dunia, setiap comeback lagunya pun selalu sukse dan bertengger di Billboard.

Setelah segala pencapaiannya itu, ia tak lupa untuk menyisihkan sebagian uangnya ke organisasi perlindungan anak Save the Children. 

Semoga segala kebaikan ini akan terus dilakukan Jake. Mudah-mudahan segala permasalahan yang kini membelitnya pun akan cepat berakhir. Itulah fakta Jake ENHYPEN.

Semangat terus, Jake! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk