TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Rekomendasi Film Seru untuk Temani Libur Sekolah di Akhir Tahun

Film-film seru ini tak boleh terlewatkan untuk ditonton saat liburan

21 Desember 2021

9 Rekomendasi Film Seru Temani Libur Sekolah Akhir Tahun
campaignlive.co.uk

Liburan akhir semester ganjil dan tahun baru segera tiba. Namun, adanya virus corona membuat pemerintah melarang perayaan tahun baru 2022 di luar rumah. Hal itu pasti membuat anak-anak merasa sedih. Namun, jangan terlalu larut dalam kesedihan karena perayaan tahun baru di rumah bersama keluarga tak kalah menyenangkan. 

Ada beragam aktivitas seru yang dapat dilakukan, salah satunya menonton film. Akan tetapi, banyaknya film yang beredar mungkin membuat Mama dan Papa bingung memilih film untuk mengisi liburan Natal dan tahun baru anak-anak. 

Untuk itu, berikut ini Popmama.com akan menyuguhkan sederet film seru untuk mengisi libur sekolah anak. Jangan lupa cantumkan ke watchlist ya! 

1. Home Alone 

Mama pasti sudah tak asing lagi dengan film Home Alone. Film dengan beberapa chapter ini sering kali diputar untuk menemani libur akhir tahun anak-anak. Alasannya, karena film ini menceritakan tentang perayaan Natal yang jatuh pada 25 DEsember, tepat dengan waktu liburan akhir tahun anak-anak. 

Film ini menceritakan tentang keberanian anak laki-laki bernama Kevin yang tertinggal di rumah sementara seluruh keluarganya pergi berlibur. 

Awalnya, ia merasa enjoy tertinggal di rumah sendirian. Namun, tiba-tiba ada orang jahat yang mengincar rumah. Hal itu membuat Kevin berhati-hati dan membuat jebakan agar orang jahat yang mendatangi rumahnya terluka sehingga tidak jadi berbuat kejahatan. Jebakan yang dibuat Kevin pun macam-macam hingga membuat pencuri pusing. 

Dalam film ini pun terlihat Kevin sangat berani menghadang para penjahat sendirian. 

2. Big Hero 6 

Boneka putih yang sangat besar bernama Baymax menjadi ikon  tak terlupakan dari film animasi garapan Walt Disney yang rilis pada tahun 2014. 

Big Hero 6  bercerita tentang 6 pahlawan super, 5 manusia dan 1 boneka berupa robot buatan. Mereka semua bekerja sama untuk mengungkap kebenaran. Dalam mencapai hal ini, banyak sekali halang rintang yang harus dilewati. 

Bahkan, mereka sempat berada di titik ingin menyerah. Namun hal itu tidak terjadi karena mereka saling menyemangati hingga bisa bangkit lagi untuk mengungkap kebenaran. 

Sebenarnya kebenaran seperti apa ya yang ingin mereka ungkap? Lalu, apakah mereka berhasil mengungkapnya? Yuk langsung tonton film Big Hero 6 saat liburan nanti! 

3. Toy Story 

Seperti judulnya, Toy Story bercerita tentang kehidupan para mainan milik Andy. Di mana cerita kehidupannya sama seperti dengan keadaan anak-anak. 

Mulai cerita pertengkaran, persaingan ingin menjadi yang terbaik dan terhebat supaya jadi yang paling disukai, serta cerita tentang kecemburuan dan kesedihan jika ada mainan baru karena takut tersingkir. 

Tak hanya itu, film ini pun memperlihatkan betapa sedihnya mainan saat melihat mainan lain rusak. 

Dari keadaan-keadaan buruk tersebut, Toy Story pun mengajarkan untuk saling membantu. Hal tersebut terlihat ketika salah satu mainan rusak mereka akan sedih dan berusaha memperbaikinya. 

Selain itu, para mainan pun saling meminta maaf dan memaafkan jika dari mereka berbuat salah dan menyakiti hati satu sama lain. Bisa banget nih diterapkan oleh anak-anak di kehidupan sehari-hari. 

Maka dari itu, yuk tonton Toy Story untuk mengisi waktu libur akhir tahun! Oiya, film ini ada beberapa chapter lho, Toy Story, Toy Story 2, Toy Story 3, dan Toy Story 4. Di tahun 2022 mendatang akan ada kelanjutan cerita para mainan dalam film Toy Story 5. 

Editors' Picks

4. Jumanji 

Film Jumanji yang dirilis pada tahun 1995 bercerita tentang permainan papan supernatural. Papan permainan Jumanji tersebut mulanya dikubur oleh dua anak lelaki  pada tahun 1869. Kemudian, di tahun 1969, Alan menemukan kotak tersebut. Ia membawa kotak Jumanji itu pulang dan memainkannya bersama Sarah. 

Saat sedang asik bermain, Alan terhisap oleh permainan tersebut. Hal itu membuat sarah berlari ketakutan dan diserang kelelawar. 

Lalu, enam tahun berikutnya Judy dan saudaranya Peter pindah ke rumah yang sebelumnya ditempati Alan dan Sarah. Ia menempati rumah tersebut bersama sang Bibi. 

Di sana, Judy dan Peter menemukan papan permainan Jumanji. Keduanya memainkan permainan tersebut hingga akhirnya Alan yang terjebak pun bisa keluar dari sana. 

Menurut Alan, ada yang tidak beres dengan permainan papan ini. a mengatakan permainan Jumanji harus diselesaikan untuk mengembalikan kondisi semula. Maka dari itu, Alan, Sarah, Judy, dan Peter bersama-sama memecahkan masalah tersebut. 

Kira-kira bisakah mereka mengatasinya? 
 

5. Klaus 

Kehangatan Natal dan tahun baru bisa dirasakan melalui Film Klaus. Sesuai dengan judulnya, Klaus bercerita tentang Santa Claus yang dipercaya datang pada hari Natal untuk memberi hadiah. 

Dalam film ini, gambaran Santa Claus bermula dari kehidupan tukang pos bernama Jasper yang gagal melakukan pekerjaannya. 

Saat merasakan kegagalan itu, Jasper bertemu dengan Klaus, seorang pembuat mainan tua. Pertemuan itu membuat mereka menjadi sepasang sahabat yang selalu menebar kebaikan. Keduanya membagikan hadiah berupa mainan untuk anak-anak. 

Seru banget ya sepertinya. Coba tonton bareng anak yuk, Ma! 

6. Wish Dragon 

Film yang berlatar tempat di Shanghai ini bercerita tentang pemuda bernama Din yang menemukan teko ajaib. Saat itu, Din tidak sengaja langsung menggosok teko yang ia temukan. Tiba-tiba saja, seekor naga keluar dari teko tersebut. 

Naga tersebut bernama Long. Saat berhasil keluar dari teko, Long berjanji pada Din akan mengabulkan tiga permintaannya. Kira-kira apa saja, ya? Langsung tonton saja yuk untuk menemukan jawabannya! 

7. Keluarga Cemara

Kembali mempererat hubungan keluarga di akhir tahun untuk menyambut tahun baru yang lebih indah dengan menyaksikan film keren dari dalam negeri Keluarga Cemara. 

Film ini bercerita tentang kondisi keluarga Abah yang kaya raya namun tiba-tiba jatuh miskin. 

Hal itu membuat Abah memboyong keluarganya untuk tinggal di desa, di rumah peninggalan keluarganya. Keadaan yang berubah drastis tentunya menimbulkan berbagai macam konflik di dalam keluarga Abah. Namun, semuanya bisa teratasi dan keluarga Abah tetap harmonis. 

Dari film ini Mama, Papa, serta anak-anak dapat belajar bersama-sama menyelesaikan segala permasalahan hidup yang datang dalam keluarga. Sehingga di masa mendatang tak ada lagi masalah besar atau masalah yang tak bisa diselesaikan. 

8. Air Bud

Film yang rilis pada tahun 1997 ini menceritakan tentang persahabatan antara seorang anak bernama Josh dengan seekor anjing bernama Buddy. Keduanya menjadi sahabat karena bisa bermain basket bersama. 

Bahkan, kehebatan Buddy dalam bermain basket layaknya manusia. Hal itu membuat Buddy dipercaya masuk ke dalam tim basket dan ikut bertanding. 

Wah seru banget nih. Apakah keberadaan Buddy bisa mengantarkan tim basket Josh menjadi juara? Tonton kelanjutannya bersama anak yuk, Ma! 

9. Lima Elang  

Film Lima Elang bercerita tentang persahabatan 5 orang anak yang bertemu di perkemahan pramuka. Mereka adalah Baron, Aldi, Rusdi, Anton, dan Sindai. 

Dalam kegiatan pramuka tersebut, para anggota harus melakukan kegiatan jelajah hutan. Kegiatan tersebut pada awalnya berjalan dengan lancar. Namun, di tengah jalan, mereka bertemu dengan seorang yang melakukan pembalakan liar yang membuat Rusdi dan Anton diculik. 

Mengetahui kedua temannya dalam keadaan darurat, akhirnya Baron, Aldi, dan Sindai bekerja sama untuk melepaskan Rusdi dan Anton dari perangkap penculik. Kira-kira berhasil nggak ya mereka menyelamatkan para temannya? 

Film Lima Elang ini bagus sekali ditonton anak-anak, Ma. Melalui film ini anak-anak akan diajarkan untuk berempati, saling tolong menolong, tidak egois, dan lain sebagainya. 

Nah itulah beberapa film yang dapat menjadi teman liburan akhir tahun anak-anak. Walaupun film-film di atas bercerita tentang persahabatan dan keluarga, pendampingan orangtua di samping si Anak juga penting lho, Ma. Supaya setelah selesai menonton film, Mama dan Anak dapat langsung mengulas dan mengambil pesan yang disampaikan dari film tersebut. 

Jadi, jangan lupa temani anak untuk menonton ya, Ma. Semangat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk