Tips Merawat Diri agar Lebih Menarik & Percaya Diri, Remaja Harus Tahu

Perawatan sehari-hari yang simple dan bisa dilakukan di rumah

3 Desember 2021

Tips Merawat Diri agar Lebih Menarik & Percaya Diri, Remaja Harus Tahu
Freepik/lookstudio

Penampilan merupakan salah satu cara mempresentasikan diri. Maka dari itu, penting sekali untuk kita selalu tampil percaya diri dan menarik. Agar kita tidak dipandang sebelah mata oleh orang lain karena tampil serampangan. 

Namun, tampil percaya diri dan menarik bukan berarti kita harus menggunakan barang-barang mewah lho. Tampil percaya diri dan menarik dapat kita tunjukkan dengan melakukan hal-hal sederhana seperti merawat diri. 

Perawatan diri seperti apa ya yang harus dilakukan? 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa tips merawat diri untuk remaja agar bisa tampil percaya diri dan menarik. Simak yuk Ma, agar Mama bisa merawat diri bareng anak remaja mama! 

1. Gaya Hidup Sehat 

1. Gaya Hidup Sehat 
Pexels/Andrea Piacquadio

Hal utama agar bisa tampil percaya diri dan menarik sangatlah mudah dan murah. Kita hanya perlu melakukan gaya hidup sehat. Dengan begitu, suasana hati kita bisa menjadi bahagia, keadaan mental pun membaik, serta kulit seluruh badan pun menjadi lebih terawat.

Berikut ini beberapa gaya hidup sehat yang mampu membuat penampilanmu lebih menarik:

1. Tidur yang cukup

Mula-mula, cobalah untuk mengatur waktu tidur. Kita harus tidur cukup sehingga memiliki energi untuk fokus belajar dan menjalani aktivitas lainnya di hari berikutnya. Hal itu membantu kita tampil lebih semangat dan optimis dalam menjalani hidup. 

Tidur yang cukup bukan berarti kamu menghabiskan banyak waktu untuk tidur, ya. Tidur yang cukup yakni tidur dengan waktu ideal. Sebab, jika tidur terlalu lama justru akan menyebabkan gangguan kesehatan. 

Untuk remaja, waktu tidur idealnya yaitu:

  • Anak usia sekolah usia 6–13 tahun: 9–11 jam per hari.
  • Remaja usia 14–17 tahun: 8–10 jam per hari. 

2. Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang

Mengonsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang dapat menambah asupan nutrisi untuk tubuh. Dengan begitu, tubuh menjadi terlihat sehat dan bugar. 

3. Olahraga 

Hal ink banyak disepelekan oleh sebagian orang. Padahal olahraga tidak repot dan memakan waktu yang lama. Cobalah dengan olahraga sederhana seperti berjalan 20 menit setiap harinya. Dengan begitu, tubuh akan mendapat lebih banyak energi dan menjadi lebih fit untuk beraktivitas. 

4. Mengonsumsi banyak air mineral 

Ini merupakan hal yang sangat sederhana, namun banyak manfaatnya. Beberapa manfaat mengonsumsi air mineral  antara lain melembabkan kulit dan menghambat penuaan kulit, mengurangi jerawat pada kulit wajah, mengurangi rambut rontok, memperkuat kuku, membantu menjaga berat badan, serta meningkatkan metabolisme tubuh. 

Editors' Picks

2. Menjaga kebersihan tubuh 

2. Menjaga kebersihan tubuh 
Doc. SNP PREP

Cara merawat diri selanjutnya agar bisa tampil percaya diri dan menarik adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. 

Sebab, jika kebersihan tubuh tidak dijaga, maka risiko terkena penyakit akan lebih tinggi. 

Dijelaskan dalam keterangan tertulis produk kecantikan SNP Prep Cafferonic yang baru saja mengeluarkan body wash, body lotion, scrub pada November 2021 ini, bahwa menurut pandangan medis, untuk menjaga tubuh agar tetap bersih, idealnya seseorang mandi dua kali hari sekali. Pertama ketika bangun tidur dan kedua di sore hari setelah menyelesaikan segala aktivitas. 

Saat membersihkan badan, jangan lupa untuk menggunakan body wash yang tepat. Dengan demikian tubuh menjadi benar-benar terasa bersih, lebih berenergi, dan ekstrak biji kopi Arabika yang terkandung dalam body wash ini dapat membantu menenangkan pikiran. 

3. Merawat diri 

3. Merawat diri 
Pexels.com/cottonbro

Setelah membersihkan tubuh jangan lupa untuk merawat diri. Sebab, jika kita abai merawat diri akan berisiko membuat kulit mudah kering atau bersisik karena terkena paparan sinar matahari secara terus-menerus atau terkena AC berlebihan. 

Mama bisa ajak anak remaja untuk membiasakan diri menggunakan body lotion yang mampu menjaga kelembutan dan kelembaban kulit. 

Walau demikian, ternyata hal itu masih belum cukup. Sebab, kulit pun masih memerlukan eksfoliasi agar penumpukan kotoran yang terjebak pada pori-pori kulit jadi terangkat dan kulit menjadi lebih cerah.

Namun, pilihlah eksfoliasi yang cocok untuk kulit remaja. Coba gunakan SNP Prep Cafferonic Body Scrub yang memiliki tekstur scrub dengan butiran-butiran halus sehingga sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati tanpa harus takut teriritasi. 

4. Menghindari stres 

4. Menghindari stres 
Freepik/nensuria

Setiap orang bisa merasakan kondisi stres, termasuk anak remaja. Jika keadaan tersebut terjadi secara berkepanjangan akan memicu banyak penyakit seperti mudah lelah, kulit berjerawat, dan sebagainya.

Maka dari itu, kita harus berlatih untuk menghindari stres. Cobalah hindari stres dengan mengatur waktu. Mulailah membagi waktu untuk mengerjakan segala hal serius dengan bersenang-senang. 

Misalnya, kamu selalu melakukan segala kewajibanmu di pagi hingga sore hari, seperti sekolah dan les. Kemudian, cobalah beristirahat atau bersantai dipergantian waktu sore ke malam.

Setelah energi telah terkumpul kembali, cobalah cek tugas sekolah dan ulas kembali mata pelajaran yang telah diajarkan. Lalu, satu jam sebelum tidur bisa digunakan untuk bermain dan bersenang-senang. 

Jadwal tersebut bisa dibalik saat akhir pekan. Cobalah untuk lebih banyak bersantai dan bermain bersama keluarga. Namun, jangan lupa untuk menyisihkan waktu guna mengulas pelajaran di sekolah. 

Adapun cara lain menghindari stress yakni melakukan meditasi sekitar 10-15 menit setiap hari agar pikiran dan emosi tetap stabil. 

5. Gunakan pakaian yang mengacu pada tiga kriteria: rapi, bersih, dan pantas

5. Gunakan pakaian mengacu tiga kriteria rapi, bersih, pantas
Freepik/serhii_bobyk

Hal yang tak kalah penting untuk tampil lebih percaya diri dan menarik adalah outfit yang digunakan sehari-hari. 

Tampil menarik tak harus menggunakan pakaian baru, pakaian mahal ataupun pakaian bagus. Kita bisa tetap terlihat menarik dengan memakai pakaian yang rapi, bersih, dan pantas. 

Misalnya, selalu ganti pakaianmu setiap hari, biasanya dilakukan ketika habis mandi. Hal ini agar penampilan kita tidak bau sehingga orang lain merasa nyaman di sekitar kita. 

Selain itu, pakaian yang pantas pun sangat penting. Contohnya, ingin hangout ke luar rumah, jangan sampai menggunakan pakaian untuk tidur. Sebab, tidak sesuai fungsinya. Hal itu bisa menjadi faktor yang membuatmu tampil tidak percaya diri. 

Di samping itu, pakaian yang rapi pun dapat meningkatkan rasa percaya diri kita. Sebab, tampilan yang rapi akan enak dilihat. 

Tampil rapi pun ternyata menjadi salah satu cara menghargai orang lho. Orang lain bisa menjadi merasa spesial dan berharga. Sebab, jika kita bertemu orang dengan tampilan yang berantakan, mereka bisa merasa kita tidak niat bertemu dengannya.

Terakhir, jangan lupa gunakan parfum guna membuat penampilan lebih harum dan orang lain pun nyaman berdekatan dengan kita. 

Nah itulah beberapa tips yang dapat membantu anak remaja tampil lebih percaya dan menarik. Selamat mencoba di rumah, ya! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.