TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris yang Bisa Anak Coba

Sekarang ngga perlu takut salah lagi saat menulis kata-kata dengan bahasa Inggris

8 Juli 2022

7 Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris Bisa Anak Coba
Pexels/Timamiroshnichenko

Di masa kini, kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam segala aspek. Oleh karena itu, banyak orangtua yang sejak dini sudah mengajarkan anaknya berbahasa Inggris, bahkan mendaftarkan kursus bahasa Inggris. 

Namun buat Mama atau anak mama yang baru belajar bahasa Inggris saat dewasa, tidak perlu khawatir. Saat ini, banyak aplikasi yang dapat membantu seseorang untuk menguasai berbagai bahasa, terutama bahasa Inggris. 

Berbagai aplikasi bahasa Inggris yang ada saat ini, tidak hanya dapat menerjemahkan kata. Namun juga dapat melatih kemampuan speaking, listening, hingga mengecek kebenaran dari tata bahasa atau grammar.

Buat Mama yang mau coba belajar bahasa Inggris, berikut Popmama.com berikan rekomendasi 7 aplikasi cek grammar bahasa Inggris yang dapat Mama coba. Selamat belajar!

1. Grammarly

1. Grammarly
play.google.com

Grammarly menjadi salah satu aplikasi bahasa Inggris yang cukup popular di kalangan pelajar. Dalam aplikasi ini, terdapat beberapa fitur yang bisa dicoba oleh anak, antara lain grammar and punction, spell check, plagiarism, dan writing style.

Fitur grammar and punction dapat digunakan untuk memperbaiki grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris. Grammar kerap kali menjadi permasalahan beberapa orang dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, fitur grammar dan punction dalam aplikasi ini dapat dimanfaatkan anak untuk memperbaiki tulisannya. 

Terdapat pula fitur spell check, yang dapat anak gunakan untuk memeriksa kata-kata dalam kalimat, jika terdapat kesalahan dalam ejaan. 

2. Reverso

2. Reverso
play.google.com

Reverso merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu melatih grammar pada anak. Reverso tersedia dalam dua bentuk, aplikasi dan web. Di aplikasi reverso, anak dapat menerjemahkan teks melalui gambar ataupun di tulis langsung. Terdapat juga mini games, yang dapat melatih kemampuan anak.

Untuk memeriksa kebenaran grammar, anak dapat menggunakan reverso versi web. Jika grammar yang digunakan sudah tepat, nantinya reverso versi web ini akan mengelurakan tulisan yang menyatakan grammar sudah benar. 

Editors' Picks

3. Quillbot

3. Quillbot
apkLastversion.com

Quillbot merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk menilai kebenaran grammar. Quillbot tersedia dalam bentuk website dan aplikasi. Aplikasi Quillbot masih dalam tahap pengembangan, namun sudah bisa untuk digunakan. 

Selain memiliki fitur grammar check, Quillbot juga memiliki fitur paraphraser, yang dapat memudahkan anak untuk meringkas tulisan. Selain itu, tersedia juga fitur plagiarsim yang dapat digunakan untuk melakukan cek plagiasi. 

4. U-Dictionary

4. U-Dictionary
play.google.com

U-Dictionary merupakan aplikasi kamus berbagai bahasa, yang menyediakan fitur cek grammar. Aplikasi ini, tersedia dalam versi premium dan gratis. Untuk aplikasi versi gratis, pengguna aplikasi ini akan mendapatkan lima kali cek grammar dalam sehari. 

Karena pada dasarnya aplikasi ini adalah kamus, maka tersedia fitur terjemahan berbagai bahasa. Selain itu terdapat beberapa fitur menarik lainnya, seperti fitur quiz, berbicara, dan percakapan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan speaking anak.

5. AI Grammar Checker For English

5. AI Grammar Checker For English
play.google.com

Buat yang suka aplikasi simple dan anti ribet, aplikasi AI Grammar Checker For English direkomendasikan menggunakan aplikasi yang satu ini. Dalam aplikasi ini hanya tersedia satu fitur, yaitu grammar cek. 

Grammar cek dalam aplikasi ini, juga dapat dilakukan melalui scan gambar. Sayangnya, untuk aplikasi gratis, hanya mendapatkan 3x kesempatan untuk check grammar. Sedangkan untuk selanjutnya pengguna dapat beralih ke aplikasi premium atau menonton iklan. 

6. Proofreader Grammar Checker

6. Proofreader Grammar Checker
play.google.com

Aplikasi ini juga cocok buat yang suka dengan aplikasi sederhana yang anti ribet. Walau sederhana, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur lain selain grammar, yaitu fitur translate dan dictionary.

Saat melakukan pengecekan grammar dalam aplikasi ini pengguna aplikasi tidak hanya diberitahu salah atau benarnya saja. Aplikasi ini akan memberikan beberapa pilihan kata yang tepat, apabila kata yang kita lakukan pengecekan salah. 

7. Correct Spelling Grammar Check

7. Correct Spelling Grammar Check
play.google.com

Aplikasi lain yang dapat Mama rekomendasikan kepada anak, yaitu Correct Spelling Grammar Check. Dalam aplikasi ini tersedia pula fitur check correct spelling, yang dapat membantu penggunanya untuk belajar speaking. 

Selain itu, dalam aplikasi ini juga terdapat fitur dictionary atau kamus. Sayangnya fitur dictionary dalam aplikasi ini baru tersedia dua bahasa, Inggris dan Spanyol. 

Itu dia tujuh aplikasi cek grammar bahasa Inggris, yang bisa dicoba oleh anak. Perbanyak latihan, karena semakin banyak berlatih maka nantinya akan terbiasa. Selamat berlatih!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk