7 Cara Alami Membasmi Komedo Hitam pada Hidung Remaja

Jangan biarkan komedo hitam mengganggu penampilan anak ya, Ma!

26 Juli 2021

7 Cara Alami Membasmi Komedo Hitam Hidung Remaja
Freepik/wayhomestudio

Selama masa-masa pubertas, remaja akan mengalami peningkatan hormon dapat membuat kulit dan rambut berminyak, yang juga menyebabkan pori-pori tersumbat, jerawat, dan komedo.  

Komedo seringkali muncul dalam dua jenis. Komedo hitam atau yang dikenal sebagai blackheads adalah jerawat yang muncul ke permukaan kulit dengan bagian atas yang tetap terbuka. Sedangkan whiteheads muncul ketika pori-pori tersumbat dan menutup.

Jika anak mama berurusan dengan komedo hitam atau blackheads, Mama mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkannya, terutama yang muncul di sekitar hidung.

Untuk mengembalikan kepercayaan diri anak, kali ini Popmama.com akan membahas seputar cara menghilangkan komedo hitam pada hidung remaja secara alami. Baca terus yuk!

1. Masker madu dan lemon

1. Masker madu lemon
Pexels/Victoria Emerson

Cara mudah dan efektif untuk menghilangkan komedo jahat adalah dengan mengoleskan masker lemon dan madu sederhana. Sifat astringen pada lemon dapat membuka pori-pori yang tersumbat, sementara madu dengan sifat antibakterinya menghilangkan bakteri yang menyebabkan komedo.

Cara pakai:

Ambil satu sendok teh jus lemon dan tambahkan setengah sendok teh madu ke dalamnya, kemudian aduk rata. Oleskan campuran ini ke hidung anak, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah mengering, bilas dengan air hangat. Ulangi 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

2. Masker soda kue dan lemon

2. Masker soda kue lemon
Pexels/Kaboompics .com

Dilansir dari Food NDTV, soda kue adalah eksfoliator alami yang membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati, yang pada akhirnya menghasilkan komedo hitam. Dan lemon membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mengencangkannya, meninggalkan sedikit ruang bagi komedo untuk muncul.

Cara pakai:

Mama dapat mengambil satu sendok makan soda kue dan campurkan dengan setengah sendok makan jus lemon. Lanjutkan dengan mengoleskan pasta ini pada hidung anak. Setelah mengering, minta anak untuk membilasnya dengan air hangat.

Editors' Picks

3. Masker putih telur

3. Masker putih telur
Parenting.firstcry.com

Putih telur tidak hanya sehat untuk diet, tetapi juga untuk kulit. Dengan teksturnya yang lengket, putih telur dengan mudah menempel di hidung dan dapat membersihkan blackheads yang membandel dengan mengecilkan pori-pori, serta mengencangkan kulit untuk mencegah pembentukan komedo hitam.

Cara pakai:

Kocok putih telur dan tambahkan sekitar dua sendok teh jus lemon. Oleskan masker putih telur ini ke hidung sampai mengering. Kemudian oleskan lapisan kedua, dan biarkan selama 15-20 menit. Minta anak untuk membilas maskernya dengan air. Pastikan ia membilasnya dengan baik agar baunya tidak tertinggal.

4. Scrub oatmeal

4. Scrub oatmeal
Freepik/bublikhaus

Mungkin Mama berpikir kalau oat hanya baik untuk sarapan pagi? Namun, oat ternyata juga bisa melakukan keajaiban untuk kulit anak juga lho, Ma!

Scrub oatmeal tak hanya akan membantu mengecilkan pori-pori, tetapi juga mengelupas kulit yang mati agar memberikan wajah anak yang bercahaya secara alami.

Cara pakai:

Ambil dua sendok makan oatmeal, tiga sendok makan yogurt tawar dan setengah jus lemon. Campur dengan baik sampai mendapatkan pasta halus. Oleskan ini ke hidung anak dan area lainnya yang memiliki komedo. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat.

5. Scrub gula

5. Scrub gula
Freepik/jcomp

Untuk menghilangkan blackheads, Mama bisa membuat scrub gula sederhana yang hanya dibuat dengan dua bahan, yaitu gula dan minyak jojoba. Scrub ini membantu mengurangi produksi sel kulit mati dan mencegah komedo muncul kembali.

Cara pakai:

Ambil tiga sendok makan minyak jojoba dan campur dengan satu cangkir gula putih. Aduk dengan baik sampai mendapatkan campuran yang kental secara merata. Mama juga bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak almond sebagai pengganti minyak jojoba. Oleskan scrub inni ke bagian hidung anak dan pijat secara lembut. Bilas scrub dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, anak dapat menerapkannya setidaknya dua kali seminggu.

6. Masker teh hijau

6. Masker teh hijau
Freepik/zirconicusso

Tahukah Ma bahwa teh hijau yang dapat diminum bisa menjadi pasta yang menyembuhkan kulit? Dilansir dari Greatist, teh hijau kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), polifenol yang telah terbukti memperbaiki jerawat dan kulit berminyak.

EGCG bersifat anti-androgenik, yang bermanfaat untuk mengurangi produksi sebum yang dapat menyebabkan pengurangan komedo. Selain itu, teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba.

Cara pakai:

Buat secangkir teh hijau, tetapi biarkan kantong teh terendam selama sekitar satu jam. Setelah dingin, buka kantung teh untuk mengambil daunnya. Masukkan daun ke dalam mangkuk dan tambahkan 1 sdm madu. Jika campurannya sangat kental, tambahkan beberapa tetes air.

Oleskan campuran tersebut secara merata pada wajah anak dan biarkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi sekali atau dua kali seminggu sampai komedo hitam anak mulai berkurang.

7. Masker kunyit

7. Masker kunyit
Pixabay/stevepb

Jauh sebelum kunyit menjadi andalan masker yang populer, masyarakat di India dan Indonesia telah menggunakannya sebagai bahan perawatan kulit. Penelitian saat ini tentang efektivitasnya sebagai pengobatan jerawat adalah positif, meskipun terbatas.

Salah satu penelitian menemukan ekstrak tertentu  dari kunyit memiliki efek anti-jerawat. Tentu saja, hanya karena sesuatu belum dipelajari secara mendalam bukan berarti itu tidak akan berhasil. Jika ingin mecobanya, cobalah membuat masker wajah kunyit di rumah.

Namun perlu diingat, kunyit dapat membuat kulit berwarna oranye untuk sementara, jadi penting untuk menggunakannya 24 jam atau lebih sebelum acara penting, atau acara apa pun.

Cara pakai:
Campurkan 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kunyit dan beberapa tetes air hangat (ini akan membantu melelehkan madu, jika sudah mengeras, ini akan membuatnya lebih mudah dioleskan).
Campur menjadi pasta kental dan oleskan ke wajah anak. Minta ia untuk membilasnya dengan air hangat setelah 10 hingga 15 menit.

Nah itulah beberapa cara alami untuk mengatasi komedo hitam atau blackheads pada hidung remaja. Masalah kulit yang satu ini juga membutuhkan perhatian dan perawatan untuk diatasi, karena komedo hitam juga dapat mengganggu penampilan remaja dan menurunkan kepercayaan dirinya.

Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.