10 Fakta Menarik Seputar Bendera Negara di Seluruh Dunia

Tahukah anak bahwa ungu adalah warna paling langka yang digunakan di semua bendera?

6 Juni 2021

10 Fakta Menarik Seputar Bendera Negara Seluruh Dunia
Freepik/Nikol85

Bendera merupakan lambang dari sebuah negara. Di Indonesia, kita memiliki Sang Saka Merah Putih yang menjadi bendera negara. Tak hanya Indonesia, setiap negara di dunia tentu memiliki bendera negaranya masing-masing.

Sangat mudah untuk melihat bendera dari negara-negara lain dan menghargai warna, bentuk dan polanya, tetapi apakah anak pernah bertanya-tanya mengapa bendera dibuat dengan cara tertentu?

Untuk menambah pengetahuan anak seputar dunia, kali ini Popmama.com 10 akan membahas fakta menarik tentang bendera dunia yang akan membuat anak ingin tahu lebih banyak.

Yuk simak di bawah ini!

1. Nepal memiliki satu-satunya bendera di dunia yang tidak memiliki 4 sisi

1. Nepal memiliki satu-satu bendera dunia tidak memiliki 4 sisi
Bergerpaints.com

Tahukah bahwa bendera Nepal bukanlah persegi atau persegi panjang? Hal ini menjadikannya satu-satunya bendera di dunia yang tidak berbentuk segi empat. Bendera terdiri dari dua bentuk segitiga, sering disebut sebagai pennon atau panji.

Dua segitiga tersebut ditumpuk di atas satu sama lain untuk membentuk bendera. Secara resmi dibuat bendera Nepal pada tahun 1962.

Bendera tersebut memiliki latar belakang merah tua yang melambangkan keberanian dan pita biru yang menggambarkan bendera yang melambangkan perdamaian. Selain itu juga menggunakan dua simbol di setiap segitiganya, yaitu matahari dan bulan sabit.

2. Hanya ada dua bendera berbentuk persegi di dunia

2. Ha ada dua bendera berbentuk persegi dunia
Unsplash/Ronnie Schmutz

Dilansir dari The Fact Site, dari 193 bendera berdaulat dunia, 190 berbentuk persegi panjang, hanya tiga yang berbeda. Salah satu dari tiga adalah bendera Nepal seperti yang disebutkan di atas dengan bentuk segitiga, dan dua lainnya adalah bendera Swiss dan Kota Vatikan.

Bendera yang digunakan untuk Kota Vatikan mulai digunakan pada 7 Juni 1929. Bendera Vatikan memiliki setengah kuning atau emas dan setengah putih. Pada bagian putihnya yang terletak di sisi kanan, terdapat lambang Vatikan.

Bendera persegi dunia kedua adalah bendera Swiss, yang sering dikacaukan dengan bendera medis yang digunakan oleh Palang Merah, yaitu memiliki kotak merah dengan salib putih di tengahnya. Bendera ini telah digunakan oleh Swiss sejak tahun 1889.

Bendera itu melambangkan kebebasan dan kehormatan, salib putih melambangkan agama Kristen dan latar belakang merah melambangkan darah yang hilang untuk menegakkan iman mereka.

3. Simbol yang digunakan pada bendera biasanya memiliki arti tertentu

3. Simbol digunakan bendera biasa memiliki arti tertentu
Tsunagujapan.com

Ada banyak simbol universal yang digunakan di seluruh bendera. Tak semua bendera memilikinya, tetapi yang memiliki biasanya akan menunjukkan bentuk seperti matahari, bulan, bintang, salib, segitiga, dan bujur sangkar.

Beberapa dari simbol-simbol ini memiliki arti penting bagi setiap negara, contohnya sebagai berikut:

Lingkaran

Jepang dikenal sebagai “Negeri Matahari Terbit”, oleh karena itu mereka memiliki bentuk lingkaran di tengah bendera yang melambangkan matahari.

Bulan Sabit Bintang dan Bulan

Pertama kali digunakan oleh Kekaisaran Ottoman, tetapi sekarang digunakan oleh banyak negara mayoritas beragama Islam, seperti Azerbaijan, Turki, Tunisia, dan Malaysia. Bintang dan bulan sabit adalah simbol yang diakui yang mewakili agama Islam

Salib

Sama seperti bulan sabit bintang dan bulan, bentuk salib juga sering dikaitkan dengan agama, terutama untuk mewakili agama Kristen. Hal ini terlihat pada bendera Inggris, Georgia (Negara), Norwegia, Swedia, dan Denmark.

Ada juga salib berbentuk nordik, yang ditemukan di semua bendera Skandinavia, yang juga melambangkan agama Kristen. Ada simbol lain yang digunakan untuk mewakili agama Kristen, tetapi salib adalah yang paling umum digunakan.

Hewan

Beberapa negara menggunakan burung nasional mereka pada bendera mereka untuk mencerminkan warisan negara, seperti bendera Ekuador yang memiliki burung Andes yang disebut Condor. Negara lain akan menggunakan binatang buas seperti singa untuk melambangkan keberanian dan kekuatan.

Ada juga negara-negara yang menggunakan hewan fiksi juga, seperti bendera Wales yang bergambar naga, dan bendera Albania yang bergambar elang berkepala dua.

4. Warna yang digunakan untuk bendera sering dikaitkan dengan sejarah negara

4. Warna digunakan bendera sering dikaitkan sejarah negara
Pexels.com/Indra Tyo

Sebagian besar bendera dunia menggunakan warna serupa, dan yang paling sering digunakan adalah warna primer, seperti merah, biru, dan kuning, tetapi ada juga yang unik. Berikut adalah beberapa arti dari apa yang dapat diwakili oleh warna yang paling sering digunakan dalam bendera:

Merah

Merah merupakan lambang keberanian, seperti bendera Indonesia yang memiliki dua warna merah dan putih, dan juga bendera Nepal yang menggunakan warna utama merah dan biru.

Biru

Anak mungkin berpikir bahwa biru akan mewakili langit atau lautan pada bendera. Namun terkadang penggunaan warna biru juga bisa memiliki makna yang lebih dalam, seperti melambangkan kebebasan dan perdamaian.

Kuning atau Emas

Selama bertahun-tahun kuning atau emas telah digunakan untuk mewakili kekayaan dan energi karena ini dapat dikaitkan dengan matahari.

Hijau

Di sebagian besar bendera, hijau mewakili kekayaan alam suatu negara atau pertaniannya, meskipun juga dapat digunakan untuk melambangkan harapan dan kemudaan.

Hitam

Warna hitam jarang terlihat pada bendera negara. Tetapi ketika ada, seperti bendera Jerman, itu dapat digunakan untuk melambangkan warisan etnis, kekalahan musuh, atau tekad suatu negara.

Editors' Picks

5. Ungu adalah warna yang paling langka untuk digunakan pada bendera

5. Ungu adalah warna paling langka digunakan bendera
Britannica.com

Warna paling jarang selain hitam yang dapat ditemukan pada bendera adalah ungu. Warna ungu hanya digunakan pada dua bendera dunia. Ungu dapat mewakili royalti atau kekayaan, dan dapat ditemukan pada bendera Nikaragua dan bendera Dominika.

Alasan mengapa hanya dua negara yang menggunakan warna ini adalah, sepanjang sejarah warna ungu selalu mahal dan sulit didapat.

Hal ini juga membuat Nikaragua baru menggunakan benderanya pada tahun 1971 dan bendera Dominika pada tahun 1978, yang berarti sudah lebih mudah untuk mendapatkan pewarnanya, dibandingkan ratusan tahun yang lalu saat sebagian besar bendera negara lain telah dirancang.

6. Bendera Belize memiliki warna paling banyak dari bendera mana pun di dunia

6. Bendera Belize memiliki warna paling banyak dari bendera mana pun dunia

Ada banyak bendera dengan desain rumit yang melibatkan banyak warna, dan dapat dikatakan bahwa ada begitu banyak bendera berwarna sehingga tak mudah untuk mengatakan bendera apa yang paling berwarna.

Namun, anak perlu tahu bahwa negara Belize yang terletak pada Amerika Tengah, memiliki total 12 warna, dan menjadikannya bendera dengan warna terbanyak!

Benderanya memiliki warna utama berwarna biru, dengan lingkaran putih di tengah yang berisi lambang, dan ada pita merah di bagian atas dan bawah bendera.

Lambang di tengah menggambarkan dua manusia memegang alat, kemudian ada lambang pohon di latar belakang, desain bunga, dan spanduk dengan teks. Bendera Belize baru digunakan pada 21 September 1981.

7. Denmark memiliki bendera tertua di dunia

7. Denmark memiliki bendera tertua dunia
Theculturetrip.com

Bendera telah digunakan selama ratusan tahun tetapi selalu berubah seiring berkembangnya negara. Namun, bendera negara yang paling konsisten digunakan di dunia adalah bendera Denmark.

Latar belakang merah dengan satu garis putih di tengah secara horizontal pertama kali digunakan pada tahun 1625 dan masih sama sampai sekarang.

Namun desain itu sendiri dibuat pada tahun 1219. Di Denmark, bendera negaranya dikenal sebagai Dannebrog, dan jika diterjemahkan menjadi "Kain Denmark".

8. Mauritania memiliki bendera terbaru di dunia

8. Mauritania memiliki bendera terbaru dunia
Freepik/Ollegn

Bendera Mauritania memiliki warna hijau sebagai warna utama, dengan bulan sabit emas dan bintang di tengah dan dua garis merah pada bagian atas dan bawah bendera.

Dilansir dari World Atlas, negara Mauritania menggunakan bendera asli mereka hingga 5 Agustus 2017, ketika sebuah rapat besar diadakan tentang apakah akan mengganti bendera. Sekitar 85% persen pemilih menyetujui, dan ini memberikan dua garis merah pada bendera.

Garis-garis itu melambangkan darah para patriot yang berjuang dalam kemerdekaan mereka melawan negara Perancis. Negara Mauritania akhirnya memiliki bendera nasional baru pada tanggal 15 Agustus 2017.

9. Ada tiga jenis kelompok bendera

9. Ada tiga jenis kelompok bendera
Pixabay/DavidRockDesign

Sampai saat ini, anak mungkin berpikir bahwa setiap bendera unik untuk negaranya. Namun mungkin anak belum tahu bahwa ada beberapa pola dan warna yang konsisten yang dapat diperhatikan untuk menghubungkan negara.

Ada 3 kategori utama yang digunakan untuk mengelompokkan negara, misalnya dengan menggunakan warna yang sama pada benderanya, seperti berikut ini:

Warna Pan-Slavia

Ini adalah bendera negara yang menggunakan warna merah, putih, dan biru dan terletak di Eropa Timur. Mereka pernah dipersatukan oleh Uni Soviet, tetapi sejak memperoleh kemerdekaan mereka telah membuat bendera mereka sendiri dengan menggunakan warna yang sama.

Negara-negara tersebut antara lain Kroasia, Ceko, Rusia, Serbia, Slovakia, dan Slovenia.

Warna Pan-Afrika

Bendera negara dalam kategori ini hanya menggunakan warna merah, kuning, dan hijau dan semuanya berbasis di Afrika. Negara-negara dalam kategori ini adalah Benin, Kamerun, Republik Kongo, Ethiopia, Ghana, Guinea, Guyana, Mali, Mozambik, Senegal, Togo, Zambia, dan Zimbabwe.

Warna Pan-Arab

Kategori ini terdiri dari bendera yang hanya menggunakan warna putih, merah, hijau, dan hitam pada benderanya. Biasanya negara-negara ini berbasis di Timur Tengah dan mereka adalah Irak, Yordania, Kuwait, Sudan, Suriah, Uni Emirat Arab, dan Sahara Barat.

10. Ada 4 bendera di dunia yang menampilkan senjata api

10. Ada 4 bendera dunia menampilkan senjata api
Undispatch.com

Anak mungkin melihat bendera dan berpikir itu mewakili sejarah suatu negara melalui pilihan warna, simbol, dan bentuk. Namun ada beberapa bendera yang menggunakan senjata api untuk melambangkan perang atau perkelahian yang telah mereka lalui sebelum menemukan kedamaian.

Banyak yang akan memiliki item seperti kapak, panah, meriam, pedang, belati, perisai, tombak, dan lain-lain pada lambangnya , tetapi hanya 4 yang memiliki senjata api.

Seperti Bendera Mozambik menggambarkan AK-47 yang disilangkan dengan alat pertanian di atas sebuah buku, kemudian ada juga bendera Guatemala yang menggambarkan dua senapan bersilang di belakang gulungan, yang mewakili kesediaan untuk membela diri sebagai sebuah negara.

Lalu juga ada bendera Haiti, dengan senapan yang berada di atas bukit hijau. Ini melambangkan kemerdekaan mereka. Terakhir, ada Bolivia, yang secara halus memiliki dua senjata api bersilangan di latar belakang lambang, yang mewakili kesediaan negara untuk mempertahankan diri.

Nah itulah beberapa fakta menarik tentang bendera dunia. Seperti yang Mama dan anak lihat, ada begitu banyak bagian yang membentuk sebuah bendera, pilihan warna untuk mewakili sejarah negara, penggunaan lambang, simbol dan bahkan bentuknya. Kini anak memiliki lebih banyak pemahaman tentang bendera dunia!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.