TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Generalized Anxiety Disorder: Tanda & Penyebabnya pada Anak

Mengenali tanda sejak awal, membantu anak mendapatkan penanganan lebih cepat

26 Januari 2022

Generalized Anxiety Disorder Tanda & Penyebab Anak
Freepik

Kecemasan dalam jumlah tertentu adalah bagian normal dari perkembangan anak yang sehat. Kecemasan perpisahan singkat dan ketakutan akan kegelapan, orang asing, suara keras, atau badai adalah semua kekhawatiran umum yang mungkin dialami anak-anak saat mereka tumbuh dan dewasa.

Namun, jika anak mulai mengalami kecemasan yang lebih konsisten di berbagai topik dan bidang kehidupan, seperti sekolah, teman, keluarga, kesehatan, dan olahraga, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan untuk mengeksplorasi kemungkinan Generalized Anxiety Disorder (GAD)

Sebagai orangtua, jangan biarkan kemungkinan itu membuat Mama khawatir. Dengan memerhatikan tanda-tandanya sejak awal, Mama dapat memberikan penanganan awal yang membawa anak selangkah lebih dekat ke kualitas hidup yang lebih baik.

Jika Mama mencurigai anak memiliki Generalized Anxiety Disorder, berikut ini Popmama.com telah merangkum seputar tanda dan penyebab Generalized Anxiety Disorder pada anak:

1. Generalized Anxiety Disorder adalah rasa khawatir yang terus menerus dan berlebihan

1. Generalized Anxiety Disorder adalah rasa khawatir terus menerus berlebihan
Freepik/yanalya

Dilansir dari Anxiety and Depression Association of America, Generalized Anxiety Disorder (GAD) atau gangguan kecemasan umum adalah bentuk kekhawatiran yang terus-menerus dan berlebihan tentang sejumlah hal yang berbeda.

Individu dengan GAD mungkin mengantisipasi bencana dan mungkin terlalu khawatir tentang uang, kesehatan, keluarga, pekerjaan, atau masalah lainnya. Mereka merasa sulit untuk mengendalikan kekhawatirannya.

Selain itu, mereka dengan kondisi GAD mungkin lebih khawatir dari yang terlihat. Mereka bahkan mungkin mengharapkan yang terburuk, meski tidak ada alasan yang jelas untuk khawatir.

GAD didiagnosis ketika seseorang merasa sulit untuk mengendalikan rasa khawatirnya selama lebih dari enam bulan dan memiliki tiga gejala atau lebih. Ini membedakan GAD dari kekhawatiran yang mungkin spesifik atau untuk jangka waktu yang lebih terbatas.

2. Sekitar 15 hingga 20 persen remaja berjuang dengan gangguan kecemasan

2. Sekitar 15 hingga 20 persen remaja berjuang gangguan kecemasan
freepik/annakuzmenko

Dilansir dari Very Well Mind, sekitar 15 hingga 20 persen remaja dalam populasi umum berjuang dengan gangguan kecemasan. Jika ditambah dengan anak-anak dengan kondisi Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), maka angkanya tampaknya lebih tinggi.

Seperti halnya orang dewasa yang mengalami gangguan kecemasan umum, anak-anak perempuan dua kali lebih mungkin didiagnosis dengan GAD dibandingkan remaja laki-laki.

Karena itu, para ahli merekomendasikan skrining kecemasan secara rutin untuk anak perempuan di atas usia 13 tahun.

Editors' Picks

3. Tanda-tanda gangguan kecemasan umum pada remaja

3. Tanda-tanda gangguan kecemasan umum remaja
Freepik/Pvproduction

Anak-anak dengan kecemasan umum mengalami kekhawatiran dan ketakutan yang berlebihan dan tidak realistis tentang hal-hal sehari-hari. Mereka bahkan sering mengantisipasi bencana atau skenario terburuk.

Menurut sebuah penelitian di Jerman pada tahun 2013 dalam jurnal Deutsches Ärzteblatt, seseorang yang memiliki Generalized Anxiety Disorder ini mengalami beberapa tanda-tanda seperti:

  • Sulit berkonsentrasi
  • Kesulitan menelan
  • Kelelahan
  • Sifat lekas marah
  • Ketegangan otot
  • Perlu sering buang air kecil
  • Kegelisahan
  • Kesulitan tidur
  • Sakit perut

Ketegangan dan stres bersifat kronis dan melemahkan, ini juga dapat memengaruhi berbagai bidang kehidupan anak. Melewati satu hari saja bisa menjadi perjuangan.

Seorang anak mungkin menyadari bahwa kecemasannya berlebihan dan masih mengalami kesulitan besar untuk mengendalikan atau mengelolanya.

Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (edisi ke-5), menguraikan kriteria khusus yang harus dipenuhi dalam diagnosis GAD. Yaitu, gejala perlu dialami setidaknya selama enam bulan.

Untuk memastikan bahwa anak mendapatkan diagnosis dengan benar dan penanganan yang efektif, penting untuk bekerja sama dengan penyedia kesehatan mental yang terlatih dalam menilai anak.

Ada penyedia yang bekerja secara khusus dengan anak-anak dan remaja, dan mereka yang juga terlatih dalam menangani gangguan kecemasan.

4. Penyebab gangguan kecemasan umum pada anak

4. Penyebab gangguan kecemasan umum anak
Freepik
Ilustrasi

Masih dilansir dari Very Well Mind, hingga saat ini belum ada penyebab tunggal yang teridentifikasi dari gangguan kecemasan umum pada anak-anak atau orang dewasa.

Namun ada berbagai faktor dapat memengaruhi perkembangan dan timbulnya GAD pada anak. Ini termasuk kecenderungan genetik, dinamika keluarga, pengalaman hidup, dan faktor neurobiologis.

Anak-anak yang telah mengalami situasi kehidupan yang menantang atau perlakuan buruk mungkin berisiko lebih besar untuk mengembangkan GAD. Pengalaman ini dapat membuat mereka merasa tidak yakin, tidak aman, dan di luar kendali.

Adalah umum bagi orang-orang dari segala usia yang telah melalui pengalaman tantangan, kehilangan, penghinaan, atau pengabaian untuk merasa cemas dalam situasi ketidakpastian di masa depan, begitu pula pada anak-anak.

Selain itu, pubertas dapat membawa stres tambahan dan perasaan kesadaran diri yang dapat menambah perasaan cemas.

Frustrasi dan kesulitan berulang dalam hubungan sosial dan kinerja sekolah dapat menyebabkan peningkatan kecemasan tentang rasa malu di depan teman sebaya, serta ketakutan mengecewakan orangtua atau guru.

Meskipun semua perasaan ini normal, jika tidak mereda seiring waktu dan, sebaliknya, meningkat atau mulai mengganggu aktivitas sehari-hari anak, mungkin segera periksakan kondisi anak pada ahli kesehatan.

5. Pilihan perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi GAD pada anak

5. Pilihan perawatan bisa dilakukan mengatasi GAD anak
Freepik

Rencana perawatan untuk GAD pada anak-anak dan remaja disesuaikan berdasarkan situasi mereka masing-masing. Namun ada berbagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan kondisi GAD anak. Misalnya:

Psikoterapi Konseling

Intervensi psikoterapi penting dalam pengobatan GAD pada anak-anak dan remaja. Konseling menawarkan anak-anak tempat untuk berbagi kekhawatiran mereka tanpa takut dihakimi, ditolak, atau merasa diabaikan.

Melalui proses tersebut, seorang dokter kesehatan mental yang terlatih akan membantu anak dengan hal-hal seperti:

  • Mengembangkan dan menggunakan teknik relaksasi
  • Mengembangkan self-talk positif untuk membantu mengurangi kecemasan
  • Mengidentifikasi ketakutan dan kekhawatiran
  • Meningkatkan keterampilan koping seperti sosialisasi, aktivitas fisik, dan kepercayaan diri
  • Berbagi pikiran dan perasaan secara terbuka

Sebagai pengasuh, Mama dan keluarga kemungkinan besar akan diminta untuk berpartisipasi dalam perawatan anak.

Profesional konseling akan sering menggunakan waktu ini untuk membantu mendidik orangtua tentang gangguan kecemasan umum, menyarankan teknik yang membantu, dan memproses bersama beberapa pikiran dan perasaan cemas anak dengan cara yang efektif dan sehat.

Pengobatan

Untuk situasi ketika kecemasan anak ringan sampai sedang dalam hal tingkat keparahan dan dampak gejala pada kehidupan sehari-hari, pengobatan mungkin tidak diperlukan.

Namun, ketika gejala kecemasan sedang hingga parah, penyedia kesehatan mental mungkin mulai menyarankan agar anak mendapatkan pengobatan untuk membantu mengendalikan gejala.

Selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) cenderung menjadi obat yang lebih sering diresepkan untuk anak-anak dan remaja dengan kecemasan. SSRI termasuk obat-obatan seperti:

  • Celexa (citalopram)
  • Lexapro (escitalopram)
  • Prozac (fluoksetin)
  • Zoloft (sertraline)

Seperti semua obat, resep yang digunakan untuk mengobati kecemasan memiliki risiko. Dokter atau psikiater anak akan meresepkannya jika mereka yakin manfaatnya lebih besar daripada risikonya.

6. Beberapa teknik koping untuk membantu meringankan gejala kecemasan pada anak

6. Beberapa teknik koping membantu meringankan gejala kecemasan anak
Pexels/Monstera

Ada berbagai teknik koping yang dapat digunakan anak-anak dan remaja untuk membantu meringankan gejala kecemasan yang tidak nyaman, secara sosial, perilaku, dan emosional. Mempelajari apa yang cocok untuk anak adalah kuncinya.

Tergantung pada usia anak, Mama mungkin ingin menyarankan ide-ide berikut dan membiarkan anak memilih mana yang ingin dicoba terlebih dahulu. Biarkan ia tahu bahwa inilah saatnya untuk mengeksplorasi apa yang bekerja dengan baik untuknya.

Jika suatu teknik tampaknya tidak membantu setelah jangka waktu tertentu, tidak apa-apa. Memberikan anak kebebasan untuk memberi tahu Mama apa yang membantu dan tampaknya tidak membantu, dapat bermanfaat dan membantu meminimalkan stres.

Berikut adalah beberapa teknik koping yang bisa dilakukan:

Memperlambat pikiran cemas

Kecemasan membuat anak tetap fokus pada "bagaimana jika" di masa depan dan dapat merampas kesempatannya untuk hidup di masa sekarang. 

Ada berbagai latihan perhatian, doa, meditasi, relaksasi progresif, dan latihan pernapasan yang tersedia yang dapat membantu memperlambat pikiran cemas dan respons emosional anak.

Koneksi sosial

Kecemasan dapat membuat anak dan remaja ingin mengasingkan diri dari teman sebaya dan anggota keluarga.

Bantu anak merasa aman untuk terhubung dengan orang lain, seperti menawarkan kesempatan untuk bersama keluarga, menikmati kebersamaan satu sama lain dengan bermain game, menghabiskan waktu bersama di luar ruangan, atau menemukan minat atau hobi yang sama.

Menjadi sukarelawan di komunitas bisa menjadi cara lain untuk membantu anak tetap terhubung dengan orang lain. Biarkan anak mengeksplorasi dan mengidentifikasi sesuatu yang disukai.

Perawatan diri

Rutinitas tidur, kebiasaan makan, dan aktivitas fisik semuanya berkontribusi pada kesejahteraan anak. Anak mungkin berjuang di area tertentu seperti tidur atau aktivitas fisik, terutama jika mereka mengalami kegelisahan, ketegangan otot, atau kelelahan karena kecemasannya.

Membantu anak membuat rencana perawatan diri, dapat meningkatkan kemampuannya untuk mengatasi kecemasan dan belajar mengelola stres secara efektif.

Nah itulah informasi seputar Generalized Anxiety Disorder: tanda & penyebabnya pada anak. Pemahaman yang meningkat tentang gangguan kecemasan umum, membuat Mama lebih mampu melakukan intervensi lebih awal dan menemukan bantuan yang diperlukan.

Intervensi dan pengobatan dini dapat membuat perbedaan besar bagi anak dan dapat mencegah komplikasi lebih lanjut seputar kecemasan.

Jika Mama memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tentang kemungkinan gejala gangguan kecemasan umum pada anak, pastikan untuk berbicara dengan dokter anak atau profesional kesehatan mental yang terlatih.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk