TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Ide Jajanan Kekinian untuk Anak, Lebih Hemat Uang Jajan!

Tampak seperti makanan fancy yang dijual di kafe kekinian lho!

14 Mei 2022

5 Ide Jajanan Kekinian Anak, Lebih Hemat Uang Jajan
entabe.com, preppykitchen.com

Berkembangnya coffee shop atau kafe di Indonesia, seringkali membuat remaja ingin ikut-ikutan mencicipi menu kekinian yang menjadi andalan di setiap kafe.

Namun sering jajan di luar, bisa menguras uang jajan anak yang seharusnya bisa ditabung untuk keperluan penting di lain waktu, bukan?

Sebagai solusinya, Mama dapat mencoba beberapa ide jajanan kekinian a la kafe. Menariknya lagi, Mama bisa mengatur sendiri kadar gula dan garamnya, sehingga kesehatan dan kebersihannya pun terjamin.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut Popmama.com telah merangkum 5 ide jajanan kekinian untuk anak. Yuk simak!

1. Marshmallow nougat

1. Marshmallow nougat
Thespruceeats.com

Ternyata Mama bisa membuat resep nougat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat di supermarket terdekat lho! 

Untuk membuat menu marshmallow nougat yang menjadi hits di kafe a la a la Korea, Mama hanya perlu menyiapkan marshmallow, mentega, buah-buahan, atau kacang-kacangan favorit anak.

Pertama, lelehkan dulu menteganya di atas wajan anti lengket dengan api kecil. Kemudian masukkan marshmallow dan masak sampai meleleh.

Baru, tambah buah-buahan dan kacang-kacangan, kemudian aduk dan angkat. Tunggu sampai dingin dan agak mengeras sebelum dipotong.

Mudah sekali bukan?

Editors' Picks

2. Rice ball

2. Rice ball
entabe.com

Rice ball atau bola-bola nasi juga merupakan jajanan kekinian yang berasal dari Korea. Jajanan kekinian yang satu ini tak hanya mudah di buat, namun juga mengenyangkan dan bisa menjadi ide untuk bekal sekolah anak.

Mama bisa membuatnya dengan mengolah nasi dan lauknya, dan dibentuk menjadi bola-bola. Menariknya lagi, Mama dapat membuat lauknya lebih bervariasi, mulai dari ayam suwir yang ditumis dengan bumbu, teri, atau nori, dan berbagai isian lain yang menjadi favorit anak.

Sebagai tambahan tips, Mama dapat menggunakan nasi yang cukup lembek agar lebih mudah dibentuk dan hasilnya rapi. 

3. Garlic bread

3. Garlic bread
preppykitchen.com

Mama tentu sudah tak asing dengan makanan yang satu ini. Garlic bread merupakan hidangan asal Amerika Serikat yang sering dikombinasikan dengan pasta atau dengan pizza.

Kelezatan dari garlic bread ini ternyata bisa didapatkan dengan caramudah lho!

Mama bisa membuat roti baguette-nya bisa buat sendiri dengan mencampurkan tiga bahan saja, ragi, tepung roti, dan air atau susu. Setelah diuleni dan didiamkan selama 2 jam, roti bisa dipanggang sampai matang.

Setelah itu, potong roti dan olesi dengan mentega dan parutan bawang. Kemudian tingga; panggang atau tumis sebentar di atas teflon.

Sudah jadi dan siap disantap deh!

4. Menbosha 

4. Menbosha 
Pinterest.com/Christy Lam

Untuk remaja yang suka nonton drakor atau reality show Korea Selatan, ia mungkin sudah familier dengan menbosha alias roti goreng isi udang. Ide jajanan kekinian yang satu ini juga mudah dibuat.

Mama hanya membutuhkan roti tawar, udang, dan tepung sagu atau kanji. Pertama buat dulu isiannya dengan menghaluskan daging udang yang sudah dikupas serta dicuci bersih. Lalu campur dengan tepung sagu dan bumbu sesuai selera.

Kemudian potong roti tawar jadi empat bagian dan berikan isian sesendok daging udang pada dua keping roti. Goreng dalam minyak panas atau boleh pakai air fryer maupun oven.

Menbosha ini memiliki teksturnya yang renyah dengan rasa gurih yang pasti anak suka! 

5. Fried chili egg 

5. Fried chili egg 
Instagram.com/heeetae_

Camilan dengan bahan dasar telur rebus mungkin aneh bagi kebanyakan anak. Sehingga ia perlu dikenalkan dengan menu fried chili egg

Camilan gurih dan pedas yang satu ini mudah dibuat dan memiliki tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan.

Pertama Mama dapat membungkus telur dengan rice paper dan digoreng dengan sedikit minyak beberapa menit. Kemudian, oleskan dengan saus sambal, (Mama bisa mencampurkannya dengan saus tomat agar tak terlalu pedas), kecap asin, saus tiram, dan sedikit merica. 

Setelah itu ditumis lagi sebentar dengan keju mozzarella di atas telurnya. Biarkan sampai keju meleleh. Sajikan sebagai lauk atau camilan, agar anak semakin doyan makan. 

Nah itulah 5 ide jajanan kekinian untuk anak, agar lebih hemat uang jajan. Selain memastikan anak dapat mengonsumsi makanan yang sehat dan bersih, masak bersama anak di waktu luang juga dapat meningkatkan bonding antara Mama dan anak lho!

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Yuk buat hidangan di atas!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk