Cara Mudah Memilih Ukuran Bra yang Cocok untuk Remaja

80 persen perempuan salah memilih ukuran bra

11 Oktober 2021

Cara Mudah Memilih Ukuran Bra Cocok Remaja
Realsimple.com

Usia remaja adalah waktu yang rentan bagi seorang anak perempuan, karena ini membawanya dari anak-anak menjadi gadis remaja yang membawa banyak perubahan fisik, emosional dan mental untuk menghadapi tantangan di dunia.

Remaja mengalami fase kehidupan baru dan bersiap menghadapi semua tantangan baru. Salah satu tantangan penting yang muncul pada remaja perempuan adalah memilih bra pertama yang tepat.

Mencapai usia pubertas berarti remaja telah mengembangkan payudara, sehingga membutuhkan dukungan dan kenyamanan bra yang tepat. 

Namun memilih bra ternyata tak mudah lho, dan bahkan bisa menakutkan bagi remaja. Untuk itu, bantu remaja memilih branya dengan mengikuti empat langkah yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini yuk Ma!

Simak, cara memilih ukuran bra untuk payudara remaja berikut ini!

80 persen perempuan mengenakan bra yang tidak pas

80 persen perempuan mengenakan bra tidak pas
Pexels/Marina Stoichkova

Tahukah Mama bahwa sekitar 80 persen perempuan di dunia mengenakan ukuran bra yang salah?

Dilansir dari The New York Times, seorang pegawai dari merek pakaian dalam terkemuka, bersama dengan banyak ilmuwan mengatakan bahwa siapa pun memiliki peluang 20 persen untuk memilih yang benar.

Angka ini diambil dari gagasan bahwa 80 persen perempuan mengenakan ukuran bra yang salah. Ini telah tertanam di benak pembeli selama beberapa dekade, dan menjadi teka-teki yang tidak dapat dipecahkan oleh siapa pun.

Para peneliti dan penjual mengakui bahwa angka 80 persen tidak mudah, tetapi mereka sering menggunakannya untuk menggambarkan masalah yang meluas yaitu: bra yang tidak pas.

Menyadari ukuran pada label bukanlah masalah sebenarnya. Namun mengetahui bagaimana mencari bra yang tepat menjadi masalah, karena tak sedikit perempuan yang tidak tahu bagaimana cup bra seharusnya pas.

"Banyak perempuan tidak tahu bagaimana tali pengikat itu seharusnya diletakkan, atau di mana tali itu harus mengenai punggung mereka. Mereka hanya tidak memiliki konsep tentang bagaimana mereka seharusnya memakai bra.” ujar Carrie Gergely, yang bekerja sebagai penata bra dan manajer toko Victoria's Secret dari tahun 2003 hingga 2008.

Untuk menemukan bra untuk remaja yang tepat dan nyaman, Mama dapat mengikuti beberapa langkahnya di bawah ini ya!

Editors' Picks

1. Cara mengukur lingkar bawah bra (underbust)

1. Cara mengukur lingkar bawah bra (underbust)
Realsimple.com

Untuk mengukur ukuran bra yang tepat, yang perlu Mama siapkan adalah penggaris yang berbentuk pita atau tali.

Penting untuk mengetahui ukuran lingkar bra atau underbust dengan tepat. Ini adalah bagian di mana anak bisa mengaitkan bra, setiap ujung nra memiliki tiga pengait dengan jarak yang berbeda untuk menyesuaikan lingkar bra yang dikenakan.

Untuk mendapatkan ukuran bra yang tepat, tempatkan pengukur di sekitar tulang rusuk anak, tepatnya di tempat untuk meletakkan bra. Pastikan pengukur ditarik dengan kencang, tetapi jangan membuat anak tidak nyaman atau sesak.

Pastikan remaja tidak menahan napas selama pengukuran ini. Lalu catat berapa inci. Jika dalam centimeter, Mama dapat mengubahnya ke pengukuran inci.

2. Cara menentukan lingkar bawah bra (underbust)

2. Cara menentukan lingkar bawah bra (underbust)
Pixabay/Chillsoffear

Ada beberapa ukuran bra, seperti 32,34,36,38, dan 40. Untuk mengetahui ukuran yang tepat, Mama dapat melihat panduan berikut ini, yang dilansir dari Bamboo Mi:

Lingkar bawah bra/underbustUkuran bra
68 - 72 cm70 (32)
73 - 77 cm75 (34)
78 - 82 cm80 (36)
83 - 87 cm85 (38)
88 - 92 cm90 (40)
93 - 97 cm95 (42)
98 - 102 cm100 (44)

3. Cara mengukur lingkar dada (upperbust)

3. Cara mengukur lingkar dada (upperbust)
Realsimple.com

Untuk mendapatkan lingkar cup bra atau upperbust yang tepat, Mama perlu menempatkan pengukur di bagian penuh dari payudara remaja.

Sama seperti sebelumnya, Mama dapat melingkarkan pengukur di tubuh anak, dan tempatkan di bagian bagian dada remaja. Catat berapa inci ukuran payudara atau upperbust-nya. 

Pastikan untuk tidak menarik pengukur terlalu kencang, cukup membuat pita pengukur tetap rata namun tidak bergelombang terlalu banyak.

4. Cara menentukan ukuran cup

4. Cara menentukan ukuran cup
Pixabay/Shutterbug75

Mungkin remaja menyadari adanya huruf-huruf di ukuran bra. Dan bagi remaja yang baru pertama kali ingin membelinya, hal ini tentu membuatnya bingung. Namun Mama bisa menunjukkan pada anak bagaimana cara menentukan ukuran bra yang tepat. 

Setelah menemukan dua angka, yaitu ukuran pita bra atau bawah dada dan cup-nya, Mama hanya perlu melakukan pengurangan. Kurangi ukuran pita dari ukuran cup remaja dan catat hasilnya. Hasilnya, akan menunjukkan ukuran cup bra untuk remaja.

Dilansir dari Womens Health Magazine, berikut adalah ukuran cup bra yang bisa dijadikan pedoman:

Selisih perbedaan (inci)Selisih perbedaan (cm)Ukuran cup bra
00AA
12,5A
25,1B
37,7C
410,2D
512,7DD
615,3E
717,8F
820,3FF
922,9G
1025,4GG
1128H
1230,5HH
1333J

Setelah mendapatkan dua hasil di atas, Mama bisa menggabungkan keduanya untuk ukuran bra yang tepat.

Misalnya, jika remaja memiliki ukuran lingkar payudara (underbust) 70 cm dengan selisih cup 1 inci atau sekitar 2,5 cm, maka ukuran bra yang cocok untuknya adalah ukuran 32A.

Nah itulah beberapa langkah memilih bra untuk remaja. Walaupun telah mengetahui ukuran bra yang tepat, penting untuk mengetahui ukuran bra yang akan dibeli. Karena tak menutup kemungkinan bahwa merek memiliki pengukuran yang berbeda.

Pastikan untuk membeli bra yang mendekati ukuran payudara remaja ya, Ma. Agar anak bisa beraktivitas dengan nyaman sehari-hari!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.