Penyebab dan Cara Mencegah PCOS pada Remaja Perempuan

Dialami oleh 5 sampai 10 dari 100 perempuan pada usia subur antara 15 hingga 44 tahun

11 September 2020

Penyebab Cara Mencegah PCOS Remaja Perempuan
Freepik

Jika anak sering mengeluh haid tidak teratur atau jarang-jarang, berikan perhatian khusus pada anak tersebut. Karena anak mungkin saja mengalami Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik.

Hormon androgen yang berlebih pada anak, dapat mengakibatkan ovarium atau indung telur memproduksi banyak kantong-kantong berisi cairan. Akibatnya, sel telur tidak berkembang sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur.

PCOS ini termasuk kelainan hormonal yang umum dialami oleh 5 sampai 10 dari 100 perempuan pada usia subur antara 15 hingga 44 tahun. Sayangnya hanya sekitar 30 persen perempuan mengalami PCOS yang mencari pengobatan.

Apa penyebab dan bagaimana cara mencegah PCOS pada anak remaja?

Berikut Popmama.com berikan penjelasan penyebab dan tips mencegah PCOS pada remaja.

Apa Saja Penyebab PCOS pada Remaja?

Apa Saja Penyebab PCOS Remaja
Freepik

Penyebab PCOS memang belum diketahui dengan jelas. Namun, diduga ada beberapa faktor yang berperan menyebabkan PCOS pada anak, yaitu:

Kelebihan hormon insulin

Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengelola gula darah. Bila sel-sel tubuh menjadi resisten pada insulin, maka kadar gula darah akan meningkat dan tubuh akan menghasilkan lebih banyak insulin.

Kelebihan insulin dapat memicu produksi hormon androgen yang membuat remaja bisa sulit mengalami ovulasi.

Peradangan derajat rendah

Istilah ini dipakai dalam menjelaskan sel darah putih yang memproduksi zat zat untuk melawan infeksi. Studi telah menunjukkan, bahwa remaja dengan PCOS memiliki peradangan derajat rendah, yang memicu ovarium untuk memproduksi hormon androgen.

Hal ini juga memicu masalah pada jantung dan pembuluh darah.

Faktor genetik atau keturunan

Studi menyebutkan bahwa faktor genetik mungkin berhubungan dengan PCOS.

Kelebihan androgen

Seperti yang disebutkan di atas, ovarium remaja dengan PCOS memproduksi kadar androgen yang tinggi, sehingga muncul jerawat dan pertumbuhan rambut dibagian wajah yang normalnya ditemukan pada laki-laki, seperti kumis.

Perubahan hormon di atas tampak sebagai gejala khas pada PCOS. Gejalanya antara lain haid tidak teratur atau jarang, pertumbuhan rambut di wajah, pertumbuhan rambut lengan dan tungkai bawah yang berlebihan, kebotakan rambut seperti pada laki-laki, serta jerawat.

Lalu bagaimana cara mencegah PCOS pada anak remaja perempuan?

Editors' Picks

1. Mengonsumsi makanan rendah kalori dan bebas pengawet

1. Mengonsumsi makanan rendah kalori bebas pengawet
Freepik/Onlyyouqj

Untuk mencegah PCOS, remaja perempuan disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah kalori dan bebas pengawet. Konsumsi makanan yang alami atau tidak memiliki kandungan pengawet di dalamnya agar menjaga hormon tetap seimbang.

Sebaiknya, ganti makanan yang mengandung tepung putih, pasta dan roti dengan biji-bijian bebas gluten seperti gandum, beras merah, millet, dan quinoa.

2. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula tinggi

2. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman memiliki kandungan gula tinggi
Pixabay/Studioessen

PCOS bisa disebabkan kadar hormon insulin yang tinggi. Sehingga sebaiknya hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula tinggi, karena akan memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh.

Selain itu, makanan manis juga menyulitkan remaja untuk menurunkan berat badan. Sehingga konsumsi makanan rendah gula dan kurangi karbohidrat untuk membantu menurunkan berat badan, dan mengurangi risiko diabetes.

Sebaiknya juga hindari jus manis dengan gula tambahan, kue, cookies, soda, dan lain-lain. Bila anak ingin menyantap makanan manis, pilihlah yang memiliki pemanis alami, seperti buah-buahan, madu, atau gula merah.

3. Hindari mengonsumsi alkohol karena akan meningkatkan risiko 50 persen

3. Hindari mengonsumsi alkohol karena akan meningkatkan risiko 50 persen
Freepik

Penting sekali untuk mengajarkan anak bahaya dari mengonsumsi alkohol agar terhindar dari dampak buruknya ketika dewasa nanti. Mengonsumsi alkohol akan meningkatkan risiko sebanyak 50 persen terjangkit PCOS.

Selain itu juga akan menambah tingkat ketidakseimbangan hormon estrogen pada tubuh anak. Alkohol mengubah dirinya menjadi gula dalam tubuh. Sehingga, jika mengonsumsi alkohol terlalu banyak tentunya akan meningkatkan kadar gula darah.

Mulai remaja, sebaiknya hindari dan batasi diri anak agar tidak mengonsumsinya ya Ma!

4. Kurangi pemberian garam karena menyebabkan retensi air dalam tubuh anak

4. Kurangi pemberian garam karena menyebabkan retensi air dalam tubuh anak
Freepik/Racool_studio

Pada satu sendok teh garam, mengandung lebih dari kebutuhan sodium anak dalam sehari. Di samping itu, kadar natriumnya yang tinggi dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh anak.

Anak yang menderita PCOS memiliki kadar retensi air dan pemberian garam berlebih, justru akan berdampak buruk bagi kondisinya tersebut.

Nah itulah tadi beberapa penyebab dan tips mencegah PCOS pada anak remaja yang perlu Mama ketahui. Bila anak menunjukkan gejala seperti yang dijelaskan di atas, Mama dapat segera berkonsultasi pada dokter agar anak mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.