7 Sarapan Sehat agar Anak Tidak Ngantuk saat Sekolah Online

Sarapan penting untuk menambah energi anak dan membuatnya lebih fokus belajar

26 Oktober 2020

7 Sarapan Sehat agar Anak Tidak Ngantuk saat Sekolah Online
Freepik/Nensuria

Untuk melakukan kegiatan setiap hari, penting menyiapkan sarapan untuk anak. Karena sarapan merupakan rutinitas penting bagi manusia. Dengan sarapan, anak bisa menyimpan energinya untuk melakukan aktivitas agar tidak mudah lelah.

Namun, Mama jangan asal pilih sarapan ya. Apa penyebabnya?

Beberapa sarapan yang kadar gulanya tinggi, justru bisa membuat anak jadi mudah mengantuk saat sekolah online dan menghambat aktivitas lainnya.

Agar Mama dapat menyiapkan sarapan yang tepat untuk anak, berikut Popmama.com akan merekomendasikan 7 menu sarapan sehat dan rendah gula agar anak tidak ngantuk saat sekolah online!

Simak informasinya di bawah ini!

1. Roti gandum dan selai kacang

1. Roti gandum selai kacang
Freepik/User4265739

Makan roti untuk sarapan memang paling sering dijadikan pilihan, karena penyiapannya yang lebih sederhana dan tidak perlu memerlukan waktu banyak. Makan roti di pagi hari memang tidak ada salahnya ya Ma!

Tapi lebih baik pilih roti yang kadar serat nya tinggi dan gulanya yang rendah, yaitu roti gandum adalah pilihan yang tepat.

Jangan lupa berikan selai kacang secukupnya, karena protein dari selai kacang sangat dibutuhkan anak untuk menambahkan energinya selama beraktivitas. Protein juga baik bagi pertumbuhan anak untuk membangun, memelihara, dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

Cara membuatnya pun juga mudah dan sederhana bukan? Agar rasanya lebih menarik, Mama bisa pilih selai kacang dengan tekstur yang creamy dan crunchy ya!

2. Roti gandum dan telur mata sapi

2. Roti gandum telur mata sapi
Freepik/Everyonephoto

Selain dipasangkan dengan selai kacang, Mama juga bisa mencoba variasi lainnya dari roti gandum. Saat anak bosan makan roti gandum dan selai kacang untuk sarapan, Mama bisa mengganti selai kacang dengan telur mata sapi.

Mama juga bisa menambahkan sedikit garam atau merica ke bagian atas telur mata sapi. Selain protein anak tercukupi, anak juga bisa menghindari kolesterol lho!

Anak juga bisa mencicipi sarapan a la luar negeri nih!

Editors' Picks

3. Susu rendah lemak dan gula yang ditambahkan protein bubuk

3. Susu rendah lemak gula ditambahkan protein bubuk
freepik.com

Di pasaran, sudah banyak merek susu rendah lemak dan gula yang baik untuk dikonsumsi anak-anak. Mama bisa pilih merek-merek susu favorit anak.

Mama juga bisa memilih rasa susu yang disukai anak, tapi jangan lupa tambahkan protein bubuk sebagai campurannya ya!

Seperti yang disebutkan sebelumnya, protein merupakan sumber makanan yang sangat dibutuhkan oleh perkembangan tubuh anak. Kini anak tetap bisa sarapan sehat dengan menu yang disukainya, bukan?

4. Ubi ungu yang bisa ditambahkan kacang rebus

4. Ubi ungu bisa ditambahkan kacang rebus
Freepik/Kitsananan

Nah kalau rekomendasi ini, merupakan makanan khas Indonesia. Mama bisa juga memilih ubi ungu sebagai pengganti karbohidrat.

Mama juga bisa tambahkan kacang rebus sebagai sumber protein dari menu sarapan anak. Perpaduan ubi ungu yang lembut dan kacang rebus dengan tekstur yang renyah bisa membuat sarapan anak semakin menarik dan tentunya membuat ia ketagihan.

Tetapi ingat untuk tetap makan sesuai kebutuhan harian anak saja ya Ma!

5. Greek yogurt dan buah-buahan segar

5. Greek yogurt buah-buahan segar
Freepik

Kali ini, Mama bisa mengganti protein untuk sarapan anak dengan mencoba greek yogurt. Mama bisa memenuhi kebutuhan kalsium dan protein anak dengan satu jenis makanan.

Tak hanya protein, namun kalsium merupakan mineral utama yang dibutuhkan anak untuk pembentukan tulang dan gigi pada masa anak-anak dan remaja, selain itu juga membantu perkembangan sistem saraf dan fungsi otot tubuhnya.

Jangan lupa pilih plain greek yogurt, namun buat anak yang kurang suka yogurt tanpa rasa, bisa ditambahkan buah-buahan segar juga.

Sarapan sehat dengan rasa yang unik ini bisa jadi pilihan anak yang menyukai buah-buahan, tertarik untuk memberikan menu ini?

6. Oatmeal dan granola

6. Oatmeal granola
freepik.com/freepik

Selain dengan ubi ungu, Mama juga bisa mengganti sumber karbohidratnya dengan oatmeal. Mama bisa pilih oatmeal yang langsung diseduh atau yang perlu dimasak terlebih dahulu.

Buat sumber proteinnya, Mama bisa menambahkan granola ke dalamnya. Mama juga bisa memilih rasa granola yang disukai anak. Namun ingat jika ia memilih granola dengan rasa yang manis, batasi jumlah konsumsinya ya, Ma!

7. Oatmeal dan buah-buahan segar

7. Oatmeal buah-buahan segar
Freepik/azerbaijan_stockers

Jika anak kurang suka dengan kacang-kacangan, Mama bisa mengganti sarapannya dengan buah-buahan segar. Tambahkan juga oatmeal sebagai pengganti karbohidrat, dan kemudian Mama bisa memilih buah-buahan yang disukai oleh anak.

Anak itulah 7 rekomendasi menu sarapan sehat rendah gula yang tidak membuat anak mengantuk saat sekolah online dan beraktivitas di pagi hari. 

Walaupun porsinya sedikit, namun Mama wajib membiasakan anak untuk sarapan ya, selain untuk mengenyangkan perut dan menambah energinya, sarapan juga bisa menambah fokus anak untuk belajar, lho!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.