7 Contoh Konten Edukasi di TikTok, Bisa Jadi Inspirasi Remaja

Anak ingin membuat konten edukasi di TikTok? Yuk lihat contohnya dari kreator TikTok edukasi ini!

13 Januari 2022

7 Contoh Konten Edukasi TikTok, Bisa Jadi Inspirasi Remaja
Pexels/Katerina Holmes

Konten edukasi menjadi salah satu konten paling populer di aplikasi berbagi video pendek TikTok sejak akhir tahun lalu. Pengguna TikTok sekarang ini terhitung kurang lebih satu miliar yang mana kebanyakan adalah anak remaja. 

Selain itu TikTok tidak hanya sebagai saran untuk hiburan atau joget-joget semata, sekarang ini TikTok sudah maju, konten-konten yang dibuat oleh kreator pun sangat beragam salah satunya mengenai edukasi ini. 

Tentu, edukasi sangat penting bagi anak SD, SMP, SMA maupun Mahasiswa, karena sosial media itu harus kita gunakan sepintar dan sebijak mungkin agar mengambil manfaat yang baik. 

Maka dari itu, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa contoh konten edukasi di Tiktok. Mama penasaran? Simak di bawah ini ya, Ma! 

1. Daffa Speaks (@daffaspeaks)

1. Daffa Speaks (@daffaspeaks)
Popmama.com/Mutiara Oktaviana.

Akun Tiktok edukasi pertama yang wajib di follow adalah milik Daffa Speaks. Di akun ini, kamu bisa belajar berbagai tips seputar public speaking. Bahkan untuk kamu yang introvert, masih bisa mendapatkan tips seru di sana.

Contohnya seperti konten ia yang berjudul “PUBLIC SPEAKING CHALLENGE! KALI INI LO YANG OPENING!” 

Daffa membagi peran untuk berlatih public speaking ini, untuk bagian daffa yang berwarna hijau dan untuk bagian kamu berwarna merah. Ketika sudah mulai ia langsung memberikan teks untuk diikuti oleh kamu yang ingin berlatih public speaking. Teks nya seperti ini: 

''Selamat pagi, teman-teman gimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya! Saya *isi nama kamu* bersama dengan rekan saya daffa.''

Lalu selanjutnya ia pun melanjutkan, 

'' Dan saya tengku daffa kita akan membicarakan tentang “public speaking” 

Selanjutnya ada teks lagi untuk kamu lanjutkan mengenai penjelasan public speaking, seperti ini teksnya: 

''Public Speaking adalah salah satu skill yang penting banget untuk dimiliki! Tanpa public speaking kita nggak bisa mengungkapkan ide kita dengan baik di depan umum! Padahal kadang-kadang otak kita penuh dengan ide kan? Pernah merasa seperti itu nggak? Langsung saja kalau gitu daf!'' 

Daffa pun langsung melanjutkannya lagi, '' Ini dia public speaking by Ibu Markonah, silahkan.''

Sumber: @daffaspeaks

Memang, di setiap konten yang Daffa buat selalu dibentuk dengan metode duet, di mana nantinya kamu akan berlatih bersama Daffa secara bergantian dan kamu bisa replay akun TikTok Daffa, jadi kamu bisa langsung praktek public speakingnya agar makin lancar! 

Tips untuk melakukan interview pekerjaan pun ada lho, Ma.  Metode yang ia gunakan pun metode duet dan ia memberikan teks nya juga untuk kamu ikuti. 

Yuk, bergabung dengan followers lainnya, yang saat ini jumlahnya sudah 325,0K.

3. Haydira Prili Ananza (@ananzaprill)

3. Haydira Prili Ananza (@ananzaprill)
Popmama.com/Mutiara Oktaviana.

Akun Tiktok edukasi kedua yang wajib kamu follow adalah milik @ananzaprill. Perempuan yang memiliki nama asli Haydira Prili Ananza yang biasa dipanggil pengikutnya dengan sebutan Kak Nanza, merupakan salah satu mahasiswa jurusan psikologi. 

Di setiap konten yang ia buat selalu isinya memberikan edukasi beragam terkait dengan psikologis seorang manusia. Seperti contoh isi konten edukasi nya yang berjudul “PSYCHOLOGICAL TRICKS - Bikin Orang Lain Auto Setuju” 

Sebelum masuk memberikan caranya, ia terlebih dahulu menyebutkan judul. “PSYCHOLOGICAL TRICKS - Bikin Orang Lain Auto Setuju

Kemudian, ia pun baru memaparkan beberapa cara, seperti ini yang ia ungkapkan: 

“Caranya adalah ngangguk-ngangguk atau Nodding saat dengerin mereka ngomong, ya ini memang sudah ada penelitiannya guys ngangguk-ngangguk ketika menyimak obrolan orang lain atau ketika berdiskusi menumbuhkan rasa percaya dan ada kecenderungan orang tersebut setuju dan nggak menentang kamu , dicoba nggak nih? “ paparnya. 

Sumber: @ananzaprill

Adapun konten-konten lainnya yang berjudul: 

- “Cara Mulai Percaya Diri” 

- Belajar Dari Kasus “Lulusan Terbaik” Perhatikan Bagaimana Kamu Merespons Sesuatu 

Cara bicara yang ia bawakan sambil dengan memberikan edukasi mengenai psikologi manusia kepada pengikutnya terasa mengasyikkan sehingga kamu tidak akan bosan ketika menonton sambil menerima informasi yang bermanfaat. 

Yuk bergabung dengan followers lainnya, yang saat ini jumlahnya sudah 612,5K.

Editors' Picks

2. Mbak grammar (@eranitri) 

2. Mbak grammar (@eranitri) 
Popmama.com/Mutiara Oktaviana.

Akun tiktok edukasi yang ketiga ini tidak kalah menarik, contoh akun tiktok yang memberikan edukasi sebagai pembelajaran bahasa inggris dimiliki oleh akun @eranitri. 

Ia selalu memberikan konten-konten mempelajari dan memperluas vocabullary, belajar grammar, memberikan tips dan rekomendasi seputar belajar bahasa inggris. 

Seperti contoh konten edukasinya yang berjudul “#Yukcaritahu — Tips Dasar Belajar Bahasa Inggris— seperti ini teks nya: 

“Yang pertama perbanyak baca quotes bahasa inggris. Selain mudah ditemui, quotes bahasa inggris itu menggunakan kosakata yang tidak terlalu berat” 

Lalu, ia melanjutkan ke cara yang kedua yaitu: “Mendengarkan lagu bahasa inggris dan pahami liriknya”  Cara number three, menonton video belajar bahasa inggris di youtube tapi versi English.” Setelah itu, ia memberikan step selanjutnya, 

“Step selanjutnya, menulis keseharianmu menggunakan bahasa inggris, step yang kelima coba untuk bicara sendiri menggunakan bahasa inggris.” 

Setelah selesai memaparkan step by step cara untuk tips dasar belajar bahasa inggris, ia langsung memberikan rekomendasi buku untuk kalian yang ingin belajar bahasa inggris. 

“Nah, buat kamu yang mau belajar bahasa inggris dari awal aku saranin untuk baca buku “Top English”, buku panduan yang cocok banget untuk kalian yang ingin belajar bahasa inggris, tetapi bingung mulai nya darimana.” 

Sumber: @eranitri

Di dalam video ini, ia menjelaskannya dengan metode menulis. Ia menuliskannya di buku kertas putih yang isinya terlihat menarik dan juga diisi dengan suaranya disaat menjelaskan. Hal ini akan membuat kamu makin menarik untuk menonton konten dengan edukasi pembelajaran bahasa inggris ini. 

Yuk bergabung dengan followers lainnya, yang saat ini jumlahnya sudah 893,3K.

4. Aqila Sheila (aqilasheila)

4. Aqila Sheila (aqilasheila)
Popmama.com/Mutiara Oktaviana.

Akun tiktok edukasi yang keempat adalah milik @aqilasheila. Di mana Aqila Sheila Zhafira merupakan mahasiswa fresh graduated asal Bengkulu. 

Konten-konten yang ia berikan di dalamnya membahas tentang dunia pendidikan seperti membuat presentasi menarik , cara pakai mendeley yang biasa untuk jurnal, editing dan tips-tips belajar lainnya. 

Seperti contoh konten nya yang berjudul “Wajib Tahu, Belajar Fokus Teknik Pomodoro” 

“Suka nggak fokus saat belajar? Ubah dong gaya belajarmu dengan menggunakan teknik pomodoro, intinya kamu belajar istirahat pendek lima menit sampai kerjaan kelar. Istirahatnya bebas mau ngapain aja, tenang setelah itu kamu diizinin istirahat panjang 30menit, sampai dirasa cukup. Cobain deh!” ucapnya dengan penuh semangat. 

Sumber: @aqilasheila 

Ia menjelaskan konten informasi tips itu dengan nada komunikasi yang ceria dan semangat. Penjelasannya pun mudah dipahami deh untuk kamu. 

Adapun konten-konten edukasi lainnya yang berjudul: 

- “Tips Presentasi Auto A dan Aestethic”

- “5 Tips Belajar Daring Biar Terus Semangat” 

- “Pelajar SD/SMP/SMA Wajib Tahu!”

Cara komunikasi yang ia bawakan sangat aktif sekali dan dengan nada ceria sehingga untuk kamu yang ingin menonton konten-konten seputar pendidikan yang dibawakan oleh Aqila ini tidak akan bosan deh! 

Yuk bergabung dengan followers lainnya, yang saat ini jumlahnya sudah 238,8K.

5. Putra Sembiring Brahmana (@Putrabrhms)

5. Putra Sembiring Brahmana (@Putrabrhms)
Popmama.com/Mutiara Oktaviana.

Akun tiktok edukasi yang kelima adalah milik kalangan mahasiswa dari Universitas Pelita Harapan, Medan jurusan Management yaitu Putra Sembiring Brahmana. 

Putra merupakan seorang mahasiswa berprestasi serta banyak sekali kegiatan yang ia ikuti seperti Badan Eksekutif Mahasiswa dan beberapa kepanitiaan lain. 

Dalam akun TikTok nya, Putra sering memberikan informasi mengenai tips and trick, life hack, trivia, fakta-fakta unik serta edukasi seputar dunia Pendidikan. Salah satunya contoh konten yang satu ini memiliki judul “Lebih Bagus SMA Jurusan IPA/IPS?” 

“Berikut ini adalah perbedaannya, bersekolah di jurusan IPA merupakan jurusan di mana kamu akan mempelajari ilmu terkait bagaimana alam ini bekerja, Mata pelajaran seperti Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia akan lekat kaitannya dengan jurusan ini.” ucapnya 

Setelah ia memaparkan bagaimana jurusan IPA, kemudian dilanjut dengan memaparkan jurusan IPS. 

“Jurusan IPS mempunyai latar belakang ilmu yang mempelajari tentang sosial dan kemasyarakatan, mata pelajaran seperti: Ekonomi, Geografi dan Sejarah akan lekat kaitannya dengan jurusan IPS, saat kamu masih bersekolah.” 

Putra pun melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, “Nah, jurusan kuliah untuk anak IPA bisa Kedokteran, Teknik, Matematika dan berbagai jurusan Saintek lainnya.” 

“Sedangkan, IPS juga bisa berkuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Hukum dan masih banyak lagi, selain itu kamu juga bisa kuliah lintas jurusan” tutupnya lewat akun TikToknya. 

Sumber: @Putrabrhms

Konten edukasi di sini yang ia bahas adalah seputar perbedaan antara masing-masing jurusan dan tujuannya itu kemana. 

Ia menjelaskan konten informasi edukasi ini dengan nada yang tegas. Penjelasannya pun mudah dipahami sekali untuk kamu! 

Adapun konten-konten edukasi milik Putra lainnya yaitu: 

- PTN paling diminati di SBMPTN 2021 

- Kenapa Korea Jadi Negara Maju? 

- Jurusan Kuliah Tersulit 

Yuk bergabung dengan followers lainnya, yang saat ini jumlahnya sudah 506,9K.

6. Ekida Rehan Firmansyah (@ekidarehanf)

6. Ekida Rehan Firmansyah (@ekidarehanf)
Popmama.com/Mutiara Oktaviana.

Akun edukasi yang keenam adalah milik calon dokter yang saat ini ia tercatat sebagai mahasiswa kedokteran di Universitas Indonesia (UI). 

Pemilik akun TikTok @ekidarehanf yang memiliki nama lengkap Ekida Rehan Firmansyah, ia gemar sekali membuat konten edukasi tentang kesehatan bagi masyarakat. 

Salah satu contoh konten yang memiliki judul “Hati-Hati Minum spill Obat Penambah Tinggi” 

“Minum pill penambah tinggi yang nggak terbukti efektivitasnya dan kemanannya, apalagi kalo yang mahal.” 

Ia pun melanjutkan membahas mengenai penentuan tinggi badan yang seharusnya. “Kita masih bisa tinggi atau nggak ditentukan oleh struktur lempeng epifisis, yang ada disekitar ujung tulang kita. Kalo dia masih terbuka artinya tulang masih bisa membelah dan memanjang.” 

“Tapi kalau sudah ketutup ya tulang sudah tidak bisa memanjang lagi, akhirnya tingginya sudah maksimal.” 

Ia pun kembali melanjutkan pembahasannya mengenai rata-rata penentuan tinggi setiap jenis kelamin. 

“Bisa diperiksa pada x-ray/rontgen oleh dokter anak. Perempuan rata-rata sudah tertutup diusia 15 tahun sedangkan laki-laki diusia 17 tahun, tetapi masih bisa bervariasi sampai 22 tahun.” 

“Jadi kalo misalnya udah menutup, minum pill 1 pabrik pun enggak akan tinggi ya.'' tutupnya.

Sumber: @ekidarehanf

Itulah tadi contoh konten edukasi oleh pemilik tiktok @ekidarehanf, cara pembawaan gayanya yang simpel, fun dan terkadang kocak menjadi ciri khas tersendiri ya untuk Ekida. 

Konten-konten tersebut, Ekida menyajikannya dalam bentuk edukasi tentang kesehatan bagi masyarakat dengan menyajikan berbagai sumbernya juga. Jadi, walaupun informasinya bisa diterima dengan baik dan benar ya, Ma! 

Yuk bergabung dengan followers lainnya yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 1,1M.

7: Zull Ensa (@zullensa)

7 Zull Ensa (@zullensa)
Popmama.com/Mutiara Oktaviana

Akun edukasi yang terakhir adalah milik @zullensa. Di mana ia selalu memberikan informasi dan membuat edukasi tentang buku, studyhacks, pengembangan diri maupun tips PTN untuk anak kelas XII dan tips untuk pelajar lainnya. 

Salah satu contoh konten yang memiliki judul “UTBK sebentar lagi, Harus Ngapain?” 

“Pertama, review materi. Kedua, perbanyak latihan soal. Ketiga, hindari konflik dengan orang terdekat. Keempat, jaga kesehatan. Kelima, ikut tryout sebulan sampai dua kali sebulan. Keenam, fokus jangan sampai terlalu berharap pada SNMPTN.” ucapnya.

Sumber: @zullensa

Konten-konten yang dihasilkan atau diberikan oleh aull termasuk konten yang sangat edukasi ya. Di mana para pelajar maupun anak-anak lainnya bisa banyak mendapatkan tips dari akun ini. Dari segi pembawaannya pun seru dan lebih santai saja. 

Yuk bergabung dengan followers lainnya yang saat ini jumlahnya 125,6K.

Nah, itulah tadi beberapa contoh konten edukasi di TikTok, semoga bisa diikuti dan bermanfaat ya, Ma! 

Baca Juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.