5 Cara Membuat Jam Dinding dari Kardus, Unik dan Bermanfaat

Anak bisa mengkreasikan jam dinding buatannya sendiri

25 Mei 2022

5 Cara Membuat Jam Dinding dari Kardus, Unik Bermanfaat
Youtube.comHomade Creations

Jika di rumah memiliki cukup banyak kardus bekas tak terpakai, jangan langsung dibuang yuk, Ma. Kardus-kardus tersebut masih bisa kita gunakan dan kreasikan menjadi benda-benda bermanfaat lho!

Salah satu benda bermanfaat yang bisa dibuat dari kardus adalah bingkai foto, serta jam dinding. Cara membuatnya pun nggak sulit dan bisa dicoba untuk mengasah kreativitas anak mama di rumah.

Nggak harus beli baru, yuk simak cara membuat jam dinding dari kardus yang sudah Popmama.com rangkum pada artikel berikut ini. Bisa jadi ide kegiatan edukatif bersama anak di rumah.

Peralatan yang diperlukan

Peralatan diperlukan
Youtube.com/Art and Makeover

Sebelum memulai pembuatan jam dinding dari kardus, berikut peralatan yang anak perlukan, antara lain:

  • Kardus bekas yang cukup tebal
  • Gunting atau cutter
  • Pensil
  • Mesin jam
  • Spidol atau pensil warna
  • Kertas karton untuk melapisi bagian depan 

1. Buat pola jam di atas kardus

1. Buat pola jam atas kardus
Youtube.com/Making Tricks

Setelah seluruh peralatan siap, maka yang bisa anak lakukan berikutnya adalah menentukan konsep jam seperti apa yang mereka inginkan. Nggak selalu berbentuk bulat, anak mama bisa kok mengkreasikannya menjadi bentuk lain yang mereka inginkan.

Jika sudah menemukan konsep seperti apa yang dinginkan, barulah langkah berikutnya ambil kardus yang sudah tak terpakai dan buatlah pola jam di atas kardus menggunakan pensil. 

Editors' Picks

2. Potong pola jam

2. Potong pola jam
Pinterest/kidsomania

Setelah pola pada jam sudah selesai digambarkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemotongan kardus sesuai dengan pola yang ada. Untuk langkah satu ini, Mama atau Papa bisa membantu anak melakukan pemotongan atau bisa diawasi agar anak gunting atau cutter yang digunakan tidak sampai melukai tangan anak.

Jika pola sudah selesai, anak bisa melapisi bagian depan kardus dengan kertas putih atau warna lainnya untuk nantinya bisa dihiasi dengan tambahan warna atau desain lainnya agar tampilan jam lebih menarik.

3. Pasang mesin jam

3. Pasang mesin jam
Shopee.co.id

Sebelum membuat jam dinding dari kardus, Mama dan Papa bisa membeli mesin jam terlebih dahulu jika memang tidak ada. Namun, jika ada jam tak terpakai yang bagian body-nya sudah rusak, maka mesin jam tersebut bisa digunakan kembali.

Setelah pemotongan pola selesai, berikutnya tahap pemasangan mesin jam pada bagian belakang kardus. Caranya adalah dengan melubangi bagian tengah agar dapat dipasang jarum jam yang sudah disiapkan sebelumnya.

4. Membuat angka untuk jarum jam

4. Membuat angka jarum jam
Youtube.com/Suvomam Creative

Dibagian depan kardus yang sudah dilapisi kertas putih sebelumnya, anak kemudian bisa membuat angka untuk nantinya jarum jam bisa menunjukkan pukul berapa. Tulis angka 1 sampai 12 menggunakan pensil terlebih dahulu, sehingga bisa dihapus terlebih dahulu jika ada kesalahan. Pastikan jarak angkanya cukup pas, ya.

Jika seluruh angka sudah cukup rapi, barulah anak bisa memberikan warna pada bagian angka tersebut menggunakan spidol hitam agar lebih tebal, atau menggunakan spidol warna warni untuk tampilan jam yang lebih menarik.

5. Beri hiasan dan gantungan

5. Beri hiasan gantungan
Youtube.com/saidas craft house

Jika anak tampilan jam yang cukup sederhana, jam dengan warna putih polos tadi pun sudah siap digunakan. Tinggal menambahkan baterai, lalu sesuaikan pukul berapa jam saat itu.

Namun, jika anak mama ingin mengkreasikan jam agar lebih menarik, maka biarkan mereka untuk memberi sedikit hiasan pada bagian depan jam. Mulai dari memberikan berbagai warna menggunakan spidol, hingga menempelkan potongan kertas warna yang telah dikonsepkan sebelumnya.

Jika hiasan sudah selesai, langkah terakhir adalah beri gantungan pada bagian atas tengah dan jam dinding dari kardus buatan anak pun siap dipasang.

Bagaimana, cukup mudah dibuat kan? Itu dia cara membuat jam dinding dari kardus yang bisa anak buat di rumah. Nggak harus beli baru, yuk kita manfaatkan kardus bekas tak terpakai menjadi benda-benda berguna seperti jam dinding.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk