9 Potret Persahabatan Jin dan Jungkook BTS Sejak Debut hingga saat Ini

Sering curi perhatian remaja, inilah persahabatan Jin dan Jungkook BTS yang membuat iri banyak orang

24 Januari 2022

9 Potret Persahabatan Jin Jungkook BTS Sejak Debut hingga saat Ini
Twitter.com/ALittleBraver92

Diidolai para remaja, popularitas grup BTS memang sudah tak diragukan lagi. Selain penampilan memukau yang mereka perlihatkan saat di atas panggung, kekompakkan yang terjalin antara satu sama lain pun berhasil mencuri perhatian penggemar.

Memiliki rentang usia berbeda tak membuat ketujuh member BTS ini untuk semakin dekat satu sama lain. Contohnya saja Jin dan Jungkook.

Jin merupakan lelaki kelahiran 1992, sementara Jungkook lahir pada tahun 1997. Jarak usia yang cukup jauh ini tak membuat keduanya merasa canggung, bahkan sejak masa trainee sekali pun.

Meski sering perlihatkan kejahilan satu sama lain, namun keduanya pun saling menyayangi dan memberi banyak dukungan satu sama lain. Hal ini yang membuat para Army (penggemar BTS) merasa iri. Banyak Army yang ingin memiliki pertemanan di dunia nyata seperti Jin dan Jungkook. 

Kira-kira seperti apa sih kisah pertemanan keduanya? Berikut ini Popmama.com telah merangkum 9 potret persahabatan Jin dan Jungkook BTS. Simak yuk! 

1. Sudah dekat sejak predebut

1. Sudah dekat sejak predebut
Twitter.com/MyHappyJin

Dalam sebuah variety show yang BTS bintangi, ketujuh member menceritakan kisah perjuangan mereka saat menjadi trainee dari Big Hig Entertainment. 

Kala itu, Jin berhasil direkrut Big Hit untuk menjadi trainee saat usianya masih 20 tahun. Dua hari setelahnya, Jungkook di usianya yang begitu belia yakni 15 tahun, juga turut serta bergabung bersama trainee lainnya.

Diceritakan oleh Jungkook, kala itu dirinya merasa takut karena harus merantau dari Busan ke Seoul demi meraih impiannya menjadi seorang idol. Jin menjadi orang pertama yang banyak memberikan bantuan pada Jungkook ketika dirinya pertama kali tiba di Seoul.

"Ketika aku pertama datang ke Seoul, aku tidak tahu apa pun. Jin hyung adalah orang pertama yang memberikan banyak bantuan padaku. I love you!" ujar Jungkook dalam Haru Hana Magazine Vol. 2.

2. Memiliki rentang usia cukup jauh

2. Memiliki rentang usia cukup jauh
Twitter.com/koolilstar

Seperti yang sudah diketahui bersama, kedua member BTS ini memiliki rentang usia yang cukup jauh yakni 5 tahun. Pemilik nama lengkap Kim Seok Jin merupakan lelaki kelahiran Anyang, Korea Selatan tepatnya 4 Desember 1992.

Kemudian Jeon Jungkook, maknae atau member termuda BTS ini merupakan lelaki kelahiran Busan, Korea Selatan tepatnya pada 1 September 1997.

Meski usia keduanya terpaut cukup jauh, namun kedekatan yang terjalin sejak masa trainee dahulu membuat Jin dan Jungkook tidak lagi merasa canggung satu sama lain. Bahkan, penggemar sering kali dibuat gemas dengan tingkah mereka saat tengah menjahili satu sama lain.

3. Sering mentraktir Jungkook makanan sejak sebelum debut

3. Sering mentraktir Jungkook makanan sejak sebelum debut
Twitter.com/kookieluvz

Sebagai orang pertama yang banyak membantu Jungkook di awal masa trainee-nya, kedekatan antara Jin dan Jungkook memang sudah tak diragukan lagi. Bahkan, Jin disebutkan sering kali memberikan perhatian pada adik satu grupnya ini dengan mentraktirnya makanan.

Misalnya dalam sebuah live video yang mereka lakukan beberapa tahun silam. Jin kala itu bertanya kepada Jungkook apakah dirinya ingin memakan Jajangmyeon atau tidak, lalu Jungkook berkata, "apakah hyung akan membelikannya?"

Jin pun dengan penuh semangat langsung menyetujui pertanyaan Jungkook untuk membelikannya Jajangmyeon yang akan mereka makan bersama. Mendengar jawaban tersebut tentu saja membuat ekspresi wajah Jungkook semakin sumringah dan sukses membuat penggemar gemas.

Editors' Picks

4. Ungkapan sayang satu sama lain

4. Ungkapan sayang satu sama lain
Twitter.com/ALittleBraver92

Meski saat bersama keduanya sering kali memperlihatkan kejahilan mereka, namun di balik itu semua terdapat rasa sayang dan dukungan yang diberikan Jin dan Jungkok kepada satu sama lain.

Dalam sebuah acara yang dihadiri oleh BTS, para member diminta untuk memberikan ungkapan sayang mereka kepada satu sama lain. Jin pun tak malu untuk memperlihatkan bagaimana rasa sayangnya kepada Jungkook yang sudah ia anggap seperti adik sendiri.

Sambil menatap Jungkook, Jin berkata bahwa dirinya selalu menyayangi Jungkook dan berdoa untuk kesehatan member termuda BTS itu. Dengan ekspresi malu-malu yang begitu gemas, Jungkook pun membalas ucapan Jin dengan senyum manisnya sembari berkata terima kasih telah menyayanginya.

Tak hanya itu, dalam keanggotaan Army beberapa tahun silam, Jin dan Jungkook juga menyebutkan berapa berharganya diri mereka terhadap satu sama lain.

"Jin is my everything," ungkap Jungkook.

"Jungkook is my everything too," ungkap Jin tak mau kalah.

5. Forever maknae to Jin hyung!

5. Forever maknae to Jin hyung
Twitter.com/kookieluvz

Sebagai maknae dalam grup, rupanya Jungkook juga diperlakukan selayaknya adik bungsu dalam keluarga. Dalam sebuah video yang beredar beberapa tahun silam, Jin dan Jungkook tengah menghabiskan waktu mereka bersama disela-sela kesibukannya.

Mengingat usia Jungkook kala itu akan memasuki usia dewasa, Jin pun berkata kepada Jungkook agar tetap menjadi maknae untuk dirinya.

"Maknae kita sebentar lagi akan menjadi dewasa. Tolong untuk tetap jadi maknae untuk hyung ya, muscle man (panggilan untuk Jungkook)," ucap Jin sembari bermain dengan dagu sang maknae.

6. Jin sering mengajak Jungkook makan bersama orangtuanya

6. Jin sering mengajak Jungkook makan bersama orangtuanya
Twitter.com/koolilstar

Sebagai member yang sudah menjalin kedekatan sejak masa trainee dahulu, rupanya kedekatan keduanya juga terjalin di antara para keluarga lho! Hal ini disebutkan oleh Jin dalam Haru Hana Magazine bahwa ia beberapa kali mengajak Jungkook untuk makan bersama orangtuanya.

"Beberapa kali aku membawa Jungkook untuk ikut makan bersama dengan orangtuaku. Itu membuatku sangat senang karena melihat dia makan dengan baik," ungkap Jin yang sukses membuat penggemar gemas dan merasa iri pada persahabatan keduanya.

7. Jin dan Jungkook mendeskripsikan warna persahabatan mereka

7. Jin Jungkook mendeskripsikan warna persahabatan mereka
Twitter.com/ALittleBraver92

Dalam sebuah interview, keduanya diberi pertanyaan untuk mendeskripsikan persahabatan mereka melalui sebuah warna. Jin dan Jungkook pun memiliki jawaban berbeda, namun penuh makna mendalam.

Member tertua di BTS ini menyebutkan bahwa persahabatannya dengan Jungkook seperti warna putih, di mana ketika mereka bersama mood mereka akan bersinar seperti cahaya flashlight.

Lain Jin, lain pula Jungkook. Pemilik panggilan golden maknae ini menyebutkan warna kuning. Menurutnya, cara mereka menghabiskan waktu luangnya begitu mirip yakni membuat diri merasa lebih nyaman dengan menonton drama misalnya.

8. Kesan pertama Jin dan Jungkook saat bertemu

8. Kesan pertama Jin Jungkook saat bertemu
Twitter.com/kookieluvz

Melihat kilas balik satu sama lain sebelum debut, keduanya juga pernah mengutarakan kesan pertama mereka saat bertemu. Dalam sebuah wawancara di Hanyrupia pada Desember 2015 silam, Jungkook berkata bahwa ia tidak menyangka akan bertemu dengan sosok Jin dengan ketampanan yang nyata.

Nggak hanya Jungkook, Jin juga dibuat terpukau kala bertemu dengan sosok lelaki berusia 15 tahun kala itu. Menurut Jin, Jungkook memiliki bola mata yang begitu indah dan menggemaskan. Sehingga kesan pertama yang terbentuk adalah Jungkook yang begitu manis dengan mata rusanya.

9. Tergabung dalam unit yang sama

9. Tergabung dalam unit sama
Twitter.com/BTSChartDailyx

Pada tahun 2020 lalu, BTS mengeluarkan album BE yang di dalamnya berisikan sub unit terbaru yang mereka bentuk. Jin dan Jungkook pun tergabung dalam satu unit yang sama, bersamaan dengan sang leader yakni RM.

Dengan lagu bertajuk "Stay" ketiga member BTS ini berhasil memikat penggemar dengan kemampuan vokal dan rap yang diperlihatkan. Bahkan, lagu unit mereka berhasil mencapai 100 juta pendengar di salah satu platform musik dunia.

Itulah potret persahabatan yang terjalin antara Jin dan Jungkook BTS sejak debut hingga saat ini.

Dari mereka, kita belajar bahwa persahabatan tidak mengenal usia berbeda. Tak selalu berteman dengan orang dengan usia yang sama, namun kedekatan antara mereka yang memiliki rentang usia berbeda pun bisa menjadikan pelajaran baru untuk saling berbagi pahit manisnya kehidupan bersama.

Semoga pertemananmu di luar sana selalu berjalan baik dan langgeng seperti halnya Jin dan Jungkook ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk