TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Profil dan Biodata Devano Danendra, Penyanyi dan Aktor Remaja

Jadi idola para remaja, Devano rupanya sempat alami perundungan sejak TK

18 Maret 2022

Profil Biodata Devano Danendra, Penyanyi Aktor Remaja
Instagram.com/iamdevano

Nama Devano Danendra baru-baru ini menjadi ramai diperbincangkan lantaran dirinya diketahui putus setelah tiga tahun menjalin hubungan dengan Naura Ayu. Devano sendiri merupakan putra dari pedangdut Tanah Air, Iis Dahlia.

Namanya semakin dikenal masyarakat luas setelah memerankan berbagai karakter untuk ragam sinetron atau web series yang ada. Salah satu web series terbaru yang dibintanginya bersama sang mantan kekasih adalah 'My Nerd Girl'.

Berperan sebagai Reyhan dalam serial drama remaja tersebut, berikut Popmama.com akan merangkumkan profil dan biodata Devano Danendra beserta fakta menariknya.

1. Biodata Devano Danendra

1. Biodata Devano Danendra
Instagram.com/iamdevano

Putra kedua Iis Dahlia dan Satrio Dewandono memiliki nama lengkap Devano Danendra. Lelaki kelahiran Indramayu, Jawa Barat pada 23 September 2002 itu lebih akrab disapa Devano dalam kehidupan sehari-harinya.

Meski bukan anak satu-satunya dari Iis Dahlia, Devano nyatanya memiliki seorang kakak sambung yang juga dikenal sebagai seorang public figure. Ia adalah Salshadilla Juwita.

Pada September 2021 lalu, remaja yang kini mulai tumbuh dewasa sudah genap berusia 19 tahun. Ia pun semakin digemari banyak remaja, khususnya remaja perempuan. Hal ini lantaran penampilan Devano yang selalu memukau di berbagai kesempatan.

Editors' Picks

2. Perjalanan karier Devano Danendra

2. Perjalanan karier Devano Danendra
Instagram.com/iamdevano

Sebelum dikenal sebagai seorang aktor yang telah membintangi sejumlah sinetron mau pun web series ternama, Devano rupanya memulai kariernya sebagai seorang penyanyi di tahun 2017 silam. 

Di tahun tersebut, ia dan sang kakak merilis single duet perdananya berjudul 'Always In Love With You'. Kemudian setahun setelahnya, ia kembali merilis single solo perdananya yang diberi judul 'Menyimpan Rasa'.

Masih di tahun yang sama yakni 2018, Devano kembali aktif merilis lagu barunya yang dijadikan soundtrack untuk film remaja, Dear Nathan: Hello Salma. Lagu tersebut berjudul 'Ini Aku'.

Di tahun 2019, Devano semakin aktif dalam berkarya di dunia musik Tanah Air. Ia merilis empat lagu kolaborasi bersama teman-temannya, yang salah satunya yakni bersama sang mantan kekasih, Naura Ayu.

Ada pun lagu yang pernah dirilisnya adalah 'Teman Cintaku' feat Aisyah Aqilah (Soundtrack Melodylan), 'Harmoni' featt Naura Ayu (Soundtrack DoReMi & You), 'Cintaku Hilang' (Soundtrack DoReMi & You) dan terakhir berjudul 'Bisakah?'.

Perjalanan kariernya sebagai musisi kemudian berhasil membawanya meraih penghargaan. Lagu 'Harmoni' yang dinyanyikannya bersama Naura sempat meraih penghargaan untuk kategori  Duo/Grup/Grup Vokal/Kolaborasi Anak-Anak Terbaik di ajang Anugerah Musik Indonesia 2019.

Di tahun 2020, Devano Danendra pun merilis album perdananya berjudul 'Cerita #1' dan di tahun 2021 kemarin, ia kembali merilis single terbarunya berjudul 'Rembulan' dan 'Rasi Bintang'.

Itulah deretan karya Devano di dunia musik. Tak hanya itu, putra Iis Dahlia ini juga mulai menekuni dunia akting dengan memerankan karakter di berbagai judul film atau web series remaja. Di antaranya Dear Nathan: Hello Salma (2018), Melodylan (2019) dan DoReMi & You (2019), Teluk Alaska (2021), dan My Nerd Girl (2022).

3. Sempat alami depresi dan kembali bangkit

3. Sempat alami depresi kembali bangkit
Instagram.com/iamdevano

Sebagai seorang public figure, kehidupannya tentu tidak berjalan semanis yang diceritakan dalam tayangan film. Namanya kerap menjadi bahan perbincangan netizen, dan sempat membuatnya berada di masa terberatnya hingga mengalami depresi.

Dilansir dari beberapa sumber, Devano diketahui sempat alami depresi ketika mendapat penghakiman yang dilakukan netizen terhadap kariernya, kehidupan, bahkan juga keluarganya. Bahkan, dirinya diketahui pernah mendapat prundungan sejak masih duduk di bangku kanak-kanak atau TK.

Seperti yang diketahui, keluarga pedangdut Iis Dahlia memang kerap kali mendapat sorotan publik dan gosip miring. Bahkan, sang kakak pun juga sempat mendapat penghakiman karena sempat menjalin hubungan dengan artis yang menuai kontroversi kata 'anjay' yakni Lutfi Agizal.

Cibiran yang diberikan kepada keluarganya, rupanya juga berdampak pada karier Devano. Atas kejadian yang banyak menimpanya, Devano diketahui sempat mengalami depresi. Kendati begitu, banyaknya dukungan yang diberikan penggemar serta keluarga dan teman dekat membuat Devano akhirnya bisa keluar dari fase sulit tersebut.

4. Kedekatan Devano dengan sederet artis perempuan

4. Kedekatan Devano sederet artis perempuan
Instagram.com/iamdevano

Nama Devano Danendra memang kerap kali perlihatkan kedekatannya dengan sejumlah artis perempuan Tanah Air. Beberapa di antaranya adalah Jennifer Coppen, Stefhanie Zamora dan Brisia Jodie.

Meski sempat memperlihatkan foto mesra saat bersama, namun Devano juga menyebutkan bahwa hubungannya hanya sebatas sahabat yang memang dekat dengan para artis perempuan tersebut.

Kemudian tiga tahun silam, kedekatan Devano dengan Naura berkat single duet 'Harmoni' rupanya mengantarkan keduanya pada hubungan sepasang kekasih. Keduanya diketahui resmi berpacaran dan banyak mendapat dukungan dari keluarga dan para penggemar.

Bahkan, kemistri keduanya juga begitu terasa ketika Devano dan Naura memerankan karakter sepasang kekasih dalam web series remaja terbaru yang dibintangi mereka, 'My Nerd Girl'.

5. Resmi putus dengan Naura setelah 3 tahun pacaran

5. Resmi putus Naura setelah 3 tahun pacaran
Instagram.com/iamdevano

Meski hubungannya dengan putri sulung Nola Be3 banyak mendapat dukungan, namun nyatanya hubungan asmara remaja yang beranjak dewasa ini dinyatakan kandas pada Kamis (17/3/22) kemarin.

Setelah digosipkan adanya perslingkuhan yang dilakukan Devano terhadap Naura, pemeran Fara dan Rea dalam 'My Nerd Girl' itu kemudian membantah adanya gosip miring tersebut. Keduanya memang tidak bisa meneruskan hubungan mereka dan harus berakhir setelah 3 tahun berpacaran.

Untuk menanggapi gosip tersebut, keduanya bahkan masih terlihat bersama dan kini tetap menjalin hubungan yang baik sebagai seorang sahabat. Seperti Instagram Story yang dibagikan Naura, ia membagikan sebuah unggahan singkat dengan Devano sambil menuliskan kalimat, "Bestie!"

Begitu juga Devano, dalam Instagram Story-nya ia yang didampingi Naura berkata, “Terima kasih banyak buat yang sudah support kami berdua dari 3 tahun belakangan ini. Maaf banget memang ternyata kami harus pisah dulu. Masih banyak hal-hal yang mau kami pelajari ke depannya." 

Demikianlah profil dan beberapa fakta dari Devano Danendra, artis muda yang banyak menjadi idola para remaja. Semoga kerja keras dan semangat tinggi Devano dalam merintis karier di dunia entertain bisa menjadi inspirasi bagi anak remaja mama, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk