TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Anak Remaja Mama Wajib Tahu, Apakah Mimpi Basah Itu Dosa?

Mimpi basah sering dikaitkan dengan aktivitas seksual, lantas apakah itu dosa?

25 September 2022

Anak Remaja Mama Wajib Tahu, Apakah Mimpi Basah Itu Dosa
Pexels/John-Mark Smith

Ketika anak beranjak remaja, biasanya dia akan mengalami beberapa perubahan pada dirinya baik secara fisik maupun psikis. Salah satu perubahan yang terjadi adalah mimpi basah.

Secara singkat, mimpi basah diartikan sebagai suatu kondisi di mana anak yang sedang mengalami pubertas tanpa sadar mengeluarkan cairan (air mani) dari kelaminnya saat tidur, yang menyebabkan pakaian atau tempat tidurnya basah saat terbangun.

Banyak yang beranggapan bahwa mimpi basah terjadi karena seseorang sedang memimpikan sesuatu yang berbau erotis atau seksual.

Hal ini membuat orang-orang berpikir bahwa mimpi basah adalah perbuatan dosa karena memimpikan sesuatu yang bersifat dosa.

Lantas, apakah mimpi basah itu dosa? Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta terkait mimpi basah untuk menambah pengetahuan Mama serta anak remaja mama. Langsung disimak, yuk!

1. Mimpi basah mulai dari umur berapa?

1. Mimpi basah mulai dari umur berapa
Unsplash/Victor B.

Mimpi basah sering diartikan sebagai tanda bahwa si Anak sudah mulai pubertas atau beranjak remaja, dan umumnya terjadi pada anak laki-laki yang mulai memasuki usia 9-13 tahun. Di masa ini, tubuhnya memproduksi hormon testosteron yang akan menghasilkan sperma.  

Melansir dari Alodokter.com, selain mimpi basah, remaja laki-laki juga akan mengalami beberapa perubahan saat menginjak usia 12 tahun, seperti bentuk kelamin yang mulai berkembang, suara yang mulai memberat, dan sebagainya.

Editors' Picks

2. Apa yang dimimpikan saat mimpi basah?

2. Apa dimimpikan saat mimpi basah
Pexels/Kampus Production

Biasanya, mimpi basah sering disangkutpautkan dengan mimpi tentang kegiatan seksual atau sesuatu yang erotis. Karena memimpikan hal-hal ini, anak menjadi terangsang dan tanpa sadar melakukan orgasme.

Akan tetapi, mimpi basah tidak selalu memimpikan sesuatu yang erotis. Terkadang, meskipun saat tidur, anak tidak bermimpi tentang aktivitas seksual, mimpi basah tetap bisa terjadi karena ada kemungkinan dia mendapat rangsangan dari gesekan tempat tidur atau ada faktor lainnya.

3. Apakah bisa terjadi pada remaja laki-laki ataupun perempuan?

3. Apakah bisa terjadi remaja laki-laki ataupun perempuan
Unsplash/Lux Graves

Tidak hanya laki-laki, ternyata remaja perempuan juga bisa mengalami mimpi basah. Walaupun kondisi ini sering dikaitkan dengan tanda anak laki-laki mengalami pubertas, sebenarnya anak perempuan yang beranjak remaja juga mengalami hal serupa.

Mimpi basah yang terjadi pada anak perempuan lebih jarang terjadi dibanding laki-laki. Cairan yang umumnya dikeluarkan adalah hasil dari sekresi vagina tambahan, dan biasanya perempuan tidak selalu mengeluarkan cairan dari kelamin seperti ejakulasi pada remaja laki-laki.

4. Apa mimpi basah itu dosa?

4. Apa mimpi basah itu dosa
Pexels/Karolina Grabowska

Pertanyaan mengenai “Apakah mimpi basah itu dosa?” sering terlintas di benak setiap orang, terutama pada remaja laki-laki. Terjadinya mimpi basah memang sulit dilepaskan dari aktivitas seksual, karena anak melakukan orgasme atau mengeluarkan cairan dari kelaminnya walau secara tidak sadar.

Akan tetapi, menurut pandangan Islam, terjadinya mimpi basah pada laki-laki maupun perempuan saat tidur sebenarnya tidak termasuk dosa, karena mimpi yang berlangsung sudah berada di luar kuasa dan bukan sesuatu yang dilakukan dengan sengaja.

5. Apa yang terjadi saat laki-laki mimpi basah?

5. Apa terjadi saat laki-laki mimpi basah
Pexels/RODNAE Productions

Saat anak laki-laki memasuki masa pubertas, tubuhnya akan memproduksi hormon testosteron yang nantinya akan menghasilkan sel sperma. Adanya hormon ini menyebabkan remaja laki-laki mengalami ereksi pada alat kelaminnya.

Terjadinya ereksi ini juga disebabkan beberapa faktor lain, seperti mendapat rangsangan dari gesekan di tempat tidur. Setelah ereksi, anak akan berorgasme atau mengeluarkan cairan berupa air mani dari kelaminnya, sehingga membasahi pakaiannya dan area kasur.

Nah, itulah beberapa fakta yang sering dipertanyakan mengenai mimpi basah, termasuk apakah mimpi basah itu dosa. Semoga dapat menambah pengetahuan bagi Mama dan anak remaja mama, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk