5 Hadiah Naik Kelas yang Memotivasi Anak, Tak Melulu Barang Lho

Sebentar lagi kenaikan kelas. Bingung mau memberi apa sebagai kado untuk anak? Ini inspirasinya

16 Mei 2019

5 Hadiah Naik Kelas Memotivasi Anak, Tak Melulu Barang
Pexels/Kai-Chieh Chan

Kenaikan kelas bisa jadi momen yang membanggakan bagi anak setelah belajar dengan tekun dan giat selama setahun. Sebentar lagi, masa pembagian rapor dimulai. Hmm, Mama sudah memikirkan hadiah untuk merayakan kenaikan kelas si Anak?

Untuk menambah semangat belajar buah hati di tahun ajaran berikutnya, tak ada salahnya Mama memberinya hadiah naik kelas. Hadiah naik kelas tak hanya menyenangkan bagi anak, tetapi juga menambah motivasi belajar di tahun-tahun berikutnya. 

Tak perlu bingung memberi hadiah apa, Ma. Meski dengan budget terbatas, Mama bisa kok memberi hadiah kenaikan kelas untuk anak yang berkesan. Butuh inspirasi? Popmama.com sharing 5 ide hadiah kenaikan kelas untuk anak.

1. Bonus screen time

1. Bonus screen time
Freepik

Tak dipungkiri perkembangan zaman saat ini membuat banyak anak kecanduan berbagai teknologi yang menyertainya. Melalui gadget anak dapat menonton video, bermain game bahkan berinteraksi dengan teman-temannya melalui media sosial. 

Sebenarnya penggunaan teknologi tersebut dapat membantu perkembangan kreativitas anak asal digunakan dengan tepat. Karena itu banyak orangtua yang kemudian menerapkan screen time pada anak. Screen time adalah waktu tertentu yang diberikan pada anak untuk menggunakan gadget seperti televisi, komputer, tablet dan ponsel. Tentu saja bagi anak ini bukan hal yang menyenangkan. 

Nah, sebagai hadiah naik kelas, Mama dapat memberikan bonus screen time. Misalnya selama 15 menit dari waktu yang ditentukan biasanya. Jika biasanya anak hanya boleh bermain gadget selama 30 menit, tentu penambahan waktu ini akan sangat menyenangkan hatinya meskipun hanya beberapa menit.

2. Binatang peliharaan

2. Binatang peliharaan
Pexels/Freestocks.org

Memberikan binatang peliharaan sebagai hadiah naik kelas bisa jadi kejutan yang menyenangkan bagi anak. Tak hanya membuat anak berlatih bertanggungjawab, aktivitas seru ini bisa belajar untuk memahami kebutuhan makhluk hidup.

Pilih hewan yang disukai anak misalnya anjing, kucing, hamster, kelinci dan ikan, dan yang mudah dipeliharan. Jangan lupa juga sesuaikan dengan kondisi rumah agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Editors' Picks

4. Liburan pendek sekeluarga

4. Liburan pendek sekeluarga
Rawpixel

Pada dasarnya setiap orang membutuhkan liburan, termasuk anak-anak. Tidak harus liburan jauh dalam waktu lama, short family trip pun bisa jadi saat yang menyenangkan dan meningkatkan bonding keluarga. Ada berbagai pilihan aktivitas short family trip ini, seperti mengunjungi tempat-tempat wisata alam, seperti pegunungan, kebun raya, laut, danau, berkunjung ke kebun binatang, museum atau ke pedesaan yang bisa melepaskan kejenuhan sejenak.

4. Tambahan waktu bebas

4. Tambahan waktu bebas
Freepik/Prostooleh

Tidak hanya screen time, tambahan waktu bebas juga bisa jadi hadiah yang menyenangkan dan memotivasi anak. Tambahan waktu bebas ini bisa berupa waktu istirahat atau jam tidur siang di sela waktu antara pulang sekolah dan jam belajar anak.

Meski tampaknya sepele, hal ini entu akan menjadi hadiah yang sangat berharga bagi anak. Sedikit tambahan waktu ini dapat digunakan untuk memulihkan tenaga dan pikiran agar anak dapat kembali belajar dengan lebih tenang. 

5. Alat musik atau crafting

5. Alat musik atau crafting
Pixabay/khamkhor

Agar dapat memotivasi anak, Mama dapat memberikan hadiah naik kelas berupa peralatan yang dapat mengasah kreativitasnya. Misalnya saja alat musik atau crafting. Kedua hal ini juga dapat menambah skill anak dan membuatnya lebih percaya diri karena memiliki kemampuan yang dibanggakan. Mama dan Papa juga bisa terlibat dalam aktivitas ini.

Bagaimana, tidak sulit 'kan mewujudkan hadiah naik kelas yang dapat memotivasi anak, Ma? Sebaiknya ajak anak untuk berdiskusi dan memilih sendiri hadiah yang yang diinginkannya sebagai penghargaan atas prestasi yang telah didapatkannya. 

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;