5 Jenis Bra Untuk Anak Gadis Mama, Apa Perbedaannya?

Sebelum belanja bra pertamanya, yuk ajak anak mengenal perbedaan jenis-jenis bra berikut ini

31 Oktober 2019

5 Jenis Bra Anak Gadis Mama, Apa Perbedaannya
pexels.com
joker with card

Memasuki masa puber, anak gadis mama akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya. Tak terkecuali payudara yang mulai tumbuh. Momen ini bisa jadi momen yang dinanti-nanti anak gadis mama, sekaligus membingungkan.

Ada banyak sekali jenis bra yang bisa dipilih untuk remaja di pasaran. Setiap merk punya fitur-fitur khusus yang menarik. Anak gadis Mama perlu tahu perbedaan tiap jenis bra dan ukuran yang pas untuknya. 

Eits, sebelum berbelanja, yuk kenalan dulu dengan 5 jenis bra yang populer dikenakan remaja putri. Berikut Popmama.com merangkumnya, dilansir dari verywellfamily.com:

1. Training bra atau miniset

1. Training bra atau miniset
pixabay.com

Training bra atau miniset mungkin dianggap tidak berpengaruh apa-apa pada kesehatan dan bentuk payudara. Tetapi, ini adalah pakaian dalam dasar yang dapat membantu remaja putri lebih familiar menggunakan bra. 

Training bra atau miniset biasanya digunakan saat kuncup payudara mulai muncul pertama kali. Jenis bra ini tidak menawarkan fitur untuk menopang payudara karena masih belum dibutuhkan di tahap ini.

Editors' Picks

2. Bra olahraga

2. Bra olahraga
Freepik/v.ivash

Bra olahraga wajib dikenakan remaja putri yang aktif bergerak atau berolahraga. Didesain khusus untuk menyerap keringat dan perlindungan ekstra agar puting payudara tidak lecet. Banyak remaja putri yang menyukai jenis bra ini karena tali branya tidak mengandung unsur plastik yang kadang menyakiti kulit jika dipakai dalam waktu lama. 

Bra olahraga membatasi pergerakan payudara karena cukup ketat. Ukurannya pun biasanya harus pas. Meskipun begitu, sebagian remaja putri merasa bra olahraga lebih nyaman dikenakan.
 

3. Soft cup bra

3. Soft cup bra
commons.wikimedia.org

Soft crup bra adalah pilihan yang tepat untuk remaja putri dengan payudara kecil hingga sedang. Bra ini tidak memiliki kawat penyangga di bagian bawah cup. Cup bra-nya terbuat dari busa lembut yang memberi sedikit bantalan dan penopang yang nyaman.

4. Bra dengan kawat

4. Bra kawat
Pixabay/fsHH

Bra dengan kawang fleksibel membantu mengangkat payudara dari sisi bawah dan samping. Jenis bra ini menawarkan kenyamanan dari goncangan untuk remaja putri dan wanita yang memiliki payudara besar. Tak perlu khawatir bra dengan kawat tidak nyaman dipakai oleh remaja putri, Ma. Jenis bra ini bisa dikenakan sehari-hari senyaman jenis bra lainnya.

5. Bra tanpa tali

5. Bra tanpa tali
anthropologie.com

Bra tanpa tali, atau lebih dikenal dengan nama strapless bra, biasanya dikenakan saat acara-acara khusus yang mengharuskna anak mengenakan gaun tanpa tali atau dengan tali yang sangat tipis. 

Bra tanpa tali didesain agar 'memeluk' tubuh dengan kain elastis yang sangat kuat sehingga walau tanpa tali, bra ini tidak mudah melorot. Di pasaran juga terdapat bra tanpa tapi dengan kawat penyangga atau bantalan tambahan.

Zaman sekarang, bra bukan hanya berfungsi sebagai pakaian dalam penyangga payudara saja. Tetapi juga bagian dari fashion. Saat ini, ada berbagai merk bra dengan jenis dan warna-warna menarik yang menyenangkan dan nyaman dikenakan remaja. Semoga informasi ini berguna sebagai bekal mengajak remaja putri Mama membeli bra pertamanya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.