Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Manis dan Segar, Ini Dia Daftar Berbagai Jenis Nanas dan Budidayanya

Berbagai jenis nanas dan budidayanya ini dikembangkan di Indonesia dengan kualitas terbaik, lho

8 Desember 2022

Manis Segar, Ini Dia Daftar Berbagai Jenis Nanas Budidayanya
Freepik/8photo

Nanas adalah salah satu buah yang banyak disukai orang Indonesia karena rasanya lezat dan mudah diolah. Selain itu, buah nanas kaya akan gizi dan baik untuk kesehatan anak, antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, mendukung kerja sistem pencernaan, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, hingga menekan risiko cacingan.

Di dunia ada berbagai macam jenis nanas dengan keunikannya masing-masing. Kali ini Popmama.com merangkum beberapa jenis nanas dan budidayanya yang menarik untuk diketahui:
 

1. Nanas madu

1. Nanas madu
Freepik/Dashu83

Nanas madu adalah salah satu jenis nanas yang populer di Indonesia. Rasanya lebih manis dibandingkan jenis nanas yang lain sehingga diberi nama 'madu'. Aromanya pun sangat harum. 

Nanas madu paling banyak dibudidayakan di daerah Bogor, Subang, dan Pemalang. Jenis ini sangat tepat ditanam di ketinggian 800 sampai 1.200 mdpl. 

Nanas madu tergolong jenis nanas yang toleran terhadap kekeringan dan bisa tumbuh pada kondisi iklim basah maupun kering.

2. Nanas honi

2. Nanas honi
Freepik/8photo

Nanas honi adalah jenis khusus yang merupakan hasil dari petani binaan Sunpride. Gak heran jika nanas honi biasanya dipasarkan di supermarket oleh Sunpride sebagai distributornya. 

Nanas honi punya rasa yang manis dengan warna daging buahnya kuning keemasan. Kulitnya tipis sehingga mudah dikupas dan kadar airnya tinggi sehingga sangat segar dengan sedikit rasa asam. 

Nanas honi ditanam di Lampung Timur pada tahun 2012 dan bibit nanasnya didatangkan dari Filipina, dilansir dari website Sunpride. Setelah melalui berbagai proses penelitian dan pengembangan, akhirnya nanas honi dapat dibudidayakan dan dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Editors' Picks

3. Nanas abacaxi

3. Nanas abacaxi
Pexels/Pineapple Supply Co

Nanas abacaxi adalah jenis nanas yang ukurannya cukup besar. Satu buah nanas beratnya bisa mencapai 1,5 kg dan bentuknya panjang.

Daging buah nanas yang pinggiran daunnya berduri ini terkenal dengan ketebalannya dan warnanya yang kuning pucat. Namun, rasa manis segarnya tidak diragukan lagi sehingga cocok untuk dikonsumsi langsung.

Nanas abacaxi dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Dengan sistem pengairan yang baik, kedalaman air tanah, suhu udara, dan tingkat keasaman yang tepat, nanas ini dapat tumbuh subur.

4. Nanas Subang

4. Nanas Subang
Pexels/shvets production

Populer dengan sebutan nanas Subang. ternyata nama asli jenis nanas ini adalah nanas cayenne

Nanas cayenne banyak dibudidayakan di beberapa daerah di Indonesia, seperti Probolinggo, Pacitan, Bukittinggi. Tetapi hanya daerah Subang yang mampu menghasilkan nanas Subang dengan kualitas terbaik. 

Daging buah nanas Subang renyah dan tinggi kadar air sehingga nikmati dikonsumsi langsung sebagai buah segar.

5. Nanas queen

5. Nanas queen
pexels/AlizeeMarchand

Nanas queen adalah jenis nanas yang paling banyak ditemui di Indonesia. Banyak daerah yang membudidayakan jenis nanas yang satu ini, misalnya Jember, Purwokerto, Palembang, dan Pontianak.

Nanas queen memiliki kulit buah berwarna kuning kemerahan. Rata-rata beratnya 1 kg per buah. Karakter daging buahnya manis dengan kadar air tinggi. Sangat cocok dikonsumsi sebagai buah segar atau pun campuran es buah.

6. Nanas smooth cayenne

6. Nanas smooth cayenne
KamranAydinov

Jika sebelumnya ada nanas cayenne, ada juga nanas smooth cayenne. Nanas smooth cayenne populer diolah menjadi buah kaleng. 

Jenis nanas ini tinggi permintaannya di pasar ekspor dan pasar modern. Menariknya, nanas smooth cayenne ini dibudidayakan di Kabupaten Kediri sejak tahun 2011. 

Itulah beberapa jenis nanas dan budidayanya yang populer di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk