7 Produk Skincare Dasar untuk Remaja

Kesehatan kulit adalah investasi yang harus dirawat sejak dini

26 September 2021

7 Produk Skincare Dasar Remaja
Freepik/Maria.symchych

Kesehatan kulit sama pentingnya dengan kesehatan organ tubuh yang lain. Menginjak usia remaja, biasanya anak akan mengalami berbagai masalah terkait kesehatan kulit.

Hal ini wajar karena menginjak usia remaja, anak mulai memasuki masa puber dimana terjadi peningkatan hormon, stres, dan faktor-faktor eksternal seperti polusi udara yang memicu masalah kulit.

Merawat kulit adalah investasi sejak dini.

Oleh karena itu penting mengajarkan anak remaja, baik itu laki-laki maupun perempuan, tentang kebiasaan baik merawat kulit.

Sebagai pemula, berikut ini Popmama.com sudah merangkum beberapa produk skincare dasar untuk remaja mengawali rutinitas skincare hariannya.

1. Micellar water

1. Micellar water
Freepik/Eva058929

Ketika beraktivitas sehari-hari, seringkali kita tidak menyadari adanya debu-debu yang menempel di kulit, minyak, dan sel-sel kulit mati. Apabila tidak dibersihkan dengan benar, kotoran-kotoran ini akan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. 

Micellar water merupakan bagian dari tahapan membersihkan wajah yang paling awal digunakan. Penggunaannya mudah. Kamu hanya perlu menuangkannya ke kapas secukupnya, kemudian mengusapkannya ke seluruh wajah sampai bersih.

Pembersih yang menyerupai air bening itu akan mengangkat debu dan kotoran serta sel kulit mati sehingga kamu bisa melihat kotoran tersebut terperangkap di kapas yang kamu gunakan. Kamu boleh mengulanginya sebanyak 2-3 kali untuk memastikan wajahmu bersih.

2. Face wash

2. Face wash
Pexels/Ron Lach

Face wash atau sabun wajah adalah tahapan kedua dalam membersihkan wajah. Tahapan ini memastikan wajahmu benar-benar bersih dan mengurangi produksi minyak pada wajah agar tidak mudah berjerawat.

Pilih face wash sesuai dengan jenis kulitmu. Sekarang ada banyak sekali merk dan varian face wash di pasaran dengan harga yang bermacam-macam. 

Apabila kulitmu cenderung berminyak atau normal, gunakan face wash yang mengandung salicylic acid untuk mengontrol produksi minyak dan meningkatkan hidrasi pada kulit. 

Editors' Picks

3. Pelembap

3. Pelembap
Pexels/Polina Tankilevitch

Setelah kulit wajah bersih sepenuhnya, kini saatnya merawat kulitmu dengan memberikannya kelembapan. Pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu dan pastikan menggunakannya secara rutin pagi dan malam hari. 

Meski ada banyak pelembap di pasaran dengan berbagai merk dan formula, pastikan memilih pelembap yang ditujukan untuk segala usia dan aman untuk kulit remaja. Beberapa pelembap ditujukan untuk pengguna di atas usia 20 tahun karena formulasinya yang lebih keras. 

Hindari pelembap yang teksturnya berat dan kental pada jenis kulit berminyak. Untuk kulit berminyak, lebih baik pilih pelembap yang formulanya oil-free, tetapi mampu menghidrasi kulit.

4. Sunscreen

4. Sunscreen
Freepik/Yanadjana

Jika sudah mengaplikasikan pelembap, selanjutnya kamu perlu mengaplikasikan sunscreen. Sunscreen ini sifatnya wajib, karena produk ini bertujuan untuk melindungi kulitmu dari paparan buruk sinar matahari. 

Sekalipun di dalam ruangan, kamu tetap perlu menggunakan sunscreen karena sinar matahari bisa menembus ke dalam ruangan lho. Apalagi jika di luar ruangan, kamu perlu mengulangi pemakaian sunscreen tiap 2 jam sekali. 

Sunscreen bukan hanya penting diaplikasikan di kulit wajah saja. Melainkan juga untuk perlindungan kulit tubuh lho. Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 untuk perlindungan maksimal.

5. Lip balm

5. Lip balm
Pexels/Burst

Bukan hanya kulit wajah yang perlu dirawat. Bibir pun perlu disayang. Lip balm adalah produk yang bisa kamu andalkan untuk melembapkan bibir agar tidak pecah-pecah dan tidak mengelupas kulitnya. 

Ada berbagai jenis lip balm yang dijual di pasaran. Pilih yang tidak mengandung warna untuk pemakaian sehari-hari di sekolah agar tidak mencolok.

6. Obat jerawat

6. Obat jerawat
Freepik

Di usia remaja, jerawat adalah kawan karib yang munculnya tak diduga-duga. Perubahan hormon merupakan pemicu yang tak bisa dihindarkan. Tetapi jangan khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan obat jerawat yang banyak dijual di pasaran. 

Obat jerawat untuk remaja sebaiknya yang mengandung salicylic acid dan sulfur. Kandungan ini dapat mengontrol kelebihan minyak, mengurangi kemerahan, menghaluskan kulit, dan mengeringkan jerawat tanpa membuat kulit rusak. 

Pilihan kandungan obat jerawat lainnya adalah tea tree oil. Tetapi kamu bisa melakukan tes terlebih dahulu di bagian tubuh yang tak terlihat untuk melihat reaksinya karena pada beberapa remaja kandungan tea tree oil terlalu keras dan membuat kulit berjerawat meradang. 

7. Face mask

7. Face mask
Freepik/User15512728

Yang terakhir dari rangkaian produk skincare dasar untuk remaja adalah face mask alias masker wajah. Masker wajah berfungsi untuk merawat kulitmu sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Ada masker wajah untuk merawat jerawat dan bekas nodanya, masker wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati, masker wajah untuk melembapkan kulit, dan lain-lain.

Ada beberapa jenis masker wajah yang dijual di pasaran, seperti sleeping mask yang digunakan saat tidur, peel off mask yang dibersihkan dengan cara dikelupas, wash off mask yang dibersihkan dengan cara dibilas, sheet mask yang berupa lembaran masker, dan lain-lain. 

Sebagian orang juga suka membuat masker sendiri dari campuran bahan-bahan alami, seperti tomat atau mentimun.

Pastikan kamu mengenal jenis kulitmu dan kebutuhannya sebelum memakai face mask ya! Gunakan face mask secukupnya saja, sekitar 2-3 kali dalam seminggu.

Itu dia 7 produk skincare dasar untuk remaja yang dapat kamu gunakan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.