Bagian-Bagian Bunga yang Memiliki Fungsi Berbeda, Materi Kelas 3 SD

Tidak hanya cantik, bunga juga memiliki bagian beragam dengan fungsi yang berbeda-beda.

23 Agustus 2021

Bagian-Bagian Bunga Memiliki Fungsi Berbeda, Materi Kelas 3 SD
sciencefacts.net
Bagian-bagian bunga

Apakah anak-anak pernah melihat bunga? Cantik sekali ya mereka. Bunga memiliki beragam warna cerah pada mahkota mereka. Belum lagi bentuk kelopaknya yang beragam dan tak kalah indah. 

Siswa kelas 3 SD tahu tidak bagian mana yang disebut mahkota dan yang mana yang disebut kelopak bunga? Meskipun terlihat sebagai sebuah kesatuan, ternyata bunga memiliki bagian-bagiannya sendiri dengan masing-masing fungsi yang berbeda. 

Sebut saja ada kelopak bunga, benang sari, putik, bakal biji, juga bakal buah. Setiap bagian ini memiliki peran yang amat penting bagi tanaman lho.

Setiap bagian dari bunga memiliki fungsi dalam membantu tanaman tersebut berkembang biak dengan cara mengeluarkan buah. Di dalam buah tersimpan bibit yang dapat tumbuh menjadi tanaman baru.  

Lalu apa saja ya bagian-bagian bunga beserta fungsinya? Yuk simak pembahannya sebagai kunci jawaban materi kelas 3 SD di Popmama.com!

1. Mahkota bunga

1. Mahkota bunga
Pixabay/theasad121
Taman bakal indah karena kehadiran bunga-bunga yang bermekaran.

Mahkota bunga merupakan bagian bunga yang paling cantik dan menawan. Ia terlihat begitu estetis dengan beragam warna dan bentuk yang menarik. 

Mahkota bunga sendiri berada di sebelah atau di dalam kelopak. Bagian ini merupakan bagian yang paling menonjol pada bunga dan memiliki ukuran yang lebih besar dari kelopak bunga, sehingga menarik perhatian.

Beberapa mahkota bunga memiliki bau harum, namun ada juga mahkota lainnya yang tidak berbau hingga berbau tidak sedap.

Mahkota bunga memiliki fungsi utama melindungi organ reproduksi (serbuk sari dan putik). Warna menarik pada mahkota bunga ini ternyata memiliki fungsi untuk menarik perhatian serangga penyerbuk untuk membantu proses penyerbukan. 

2. Kelopak bunga

2. Kelopak bunga
steemit.com

Kelopak bunga atau yang biasa disebut dengan calix, merupakan bagian terluar dari bunga. Kelopak umumnya memiliki bentuk mirip seperti dedaunan. Kelopak bunga sendiri sebenarnya merupakan modifikasi dari dedaunan. 

Umumnya kelopak bunga memiliki warna hijau seperti daun, namun pada beberapa bunga ada juga kelopak yang memiliki warna yang berbeda.

Kelopak memiliki fungsi untuk melindungi bunga ketika masih muda dan kuncup. Ketika mahkota bungga mekar, kelopak akan terbuka dengan sendirinya.

3. Putik

3. Putik
Pixabay/jade87

Putik merupakan alat pekembang biakan betina dari bunga. Bagian ini dikenal sebagai gynoecium dan berada di bagian tengah bunga, di dalam mahkota bunga. 

Putik mengandung sel telur yang berperan penting dalam proses pertumbuhan. 

Pada putik terdapat bagian bunga lain, yaitu kepala putik atau stigma, tangkai putik atau stylus, bakal buah atau ovarium, dan bakal biji atau ovulum.

Putik memiliki bentuk benang dan merupakan lanjutan bakal buah ke atas. Tangkai kepala putik sendiri merupakan suatu bagian daun buah. 

4. Benang sari

4. Benang sari
britannica.com

Jika putik merupakan organ reproduksi betina milik bunga, maka benang sari merupakan organ reproduksi jantan milik bunga.

Bagian benang sari memiliki bentuk mirip dengan putik. Benang sari akan menghasilkan serbuk sari yang berfungsi sebagai alat penyebaran dan perbanyakan generatif dari tumbuhan berbunga.

Benang sari memiliki beberapa bagian yaitu tangkai sari atau flamen dan kepala sari atau anthera. Pada bagian kepala sari terdapat 4 kantong sari atau sering disebut lokulus.

Editors' Picks

5. Bakal biji

5. Bakal biji
quora.com

Bakal biji atau ovulum merupakan bagian bunga yang berfungsi melindungi dan menjadi tempat pertemuan sel-sel telur yang dibuahi serbuk sari melalui proses penyerbukan.

Selanjutnya, bakal biji inilah yang akan berkembang menjadi biji. Pada tumbuhan berbunga, bakal biji umumnya dibungkus dan dilindungi oleh ovarium.

Sedangkan pada tumbuhan berbiji, bakal biji akan terbuka dan terlihat secara kasat mata.

6. Bakal buah

6. Bakal buah
treeguideuk.co.uk

Bakal buah atau yang disebut dengan ovarium. Bakal buah bersama benang sari memiliki peran khusus dalam proses pembuahan dan pertumbuhan tanaman. 

Dalam bakal buah terdapat sel telur yang terletak tepat di dasar bunga, Bakal buah sendiri berfungsi sebagai tempat terjadinya pembuahan. 

7. Dasar bunga

7. Dasar bunga
biologywise.com

Dasar bunga disebut juga dengan istilah receptacle. Bagian ini terletak di bagian ujung bawah bunga dan merupakan bagian dari ujung bunga setelah tangkai bunga. 

Dasar bunga atau receptacle ini memiliki fungsi yaitu sebagai tempat melekatnya sebuah mahkota bunga.

8. Tangkai bunga

8. Tangkai bunga
wallpaperflare.com

Tangkai bunga atau pedicellus merupakan bagian bunga yang sering kita lihat. Seringkali kita menjadikan sebagai bagian bunga yang kita petik dari tanamannya. 

Tangkai bunga terdapat pada bagian bawah bunga. Tangkai bunga berfungsi sebagai penopang dan penghubung antara tangkai dengan ranting atau sebagai pendukung terakhir dari cabang bunga.

9. Daun Pelindung

9. Daun Pelindung
askdifference.com

Daun pelindung atau brachtea merupakan daun yang di sisi-sisinya ditumbuhi bunga. Daun pelindung sendiri memiliki fungsi tempat tumbuh bunga.

Bagian ini berbeda dengan kelopak bunga. Karena daun pelindung merupakan daun treakhir tempat tumbuhnya bunga. Pada bagian ketiak daun inilah bunga berkembang biak dan tumbuh. 

Namun tidak semua bunga memiliki daun pelindung. 

10. Daun tangkai

10. Daun tangkai
keys.lucidcentral.org

Selain daun pelindung, ada juga daun tangkai. Daun tangkai atau brachteola merupakan bagian bunga yang berfungsi untuk melindungi bagian-bagian bunga lainnya.

Sama seperti daun pelindung, brachteola berupa daun dan tampak di luar bunga juga bisa terlihat. Daun ini berada pada bagian pangkal dari tangkai bunga.

Itulah bagian-bagian bunga beserta fungsinya. Ternyata bunga memiliki banyak sekali bagian yang unik dan menarik ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.