Raksasa Bangsa Aves, Inilah 9 Jenis Burung Terbesar di Dunia

Ada burung yang lebih besar dari manusia lho.

17 November 2021

Raksasa Bangsa Aves, Inilah 9 Jenis Burung Terbesar Dunia
globalgiving.org

Burung merupakan salah satu jenis hewan yang identik memiliki sayap dan paruh. Hewan ini sangat menarik untuk diamati karena memiliki beragam bentuk juga warna yang berbeda-beda. 

Meskipun begitu, burung terkenal sebagai hewan yang berukuran kecil. Lihat saja beberapa jenis burung yang biasa kita jumpai, seperti burung gereja, burung merpati, atau bahkan burung gagak. 

Padahal sebenarnya di luar sana terdapat berbagai jenis burung besar bahkna raksasa karena ukurannya yang mampu melebihi ukuran manusia. Burung-burung terbesar ini memiliki tinggi yang luar biasa bahkan berat hingga sepuluh kilogram lebih. 

Yuk tambah pengetahuan kita, berikut ini Popmama.com telah merangkum 9 jenis burung terbesar di muka bumi. Simak selengkapnya!

1. Burung unta

1. Burung unta
livescience.com

Burung unta atau yang dikenal dengan nama ostrich merupakan burung terbesar di dunia. Burung ini tinggal di savanah di Afrika. Ia memiliki berat 156 kg dan tinggi sekitar 2 meter lebih. 

Sebagai burung terberat dan tertinggi di dunia, burung unta tidak bisa terbang. Namun mereka dapat berlari sangat cepat. Faktanya burung unta dapat berlari hingga 70 km/jam, menjadikan mereka sebagai hewan berkaki dua tercepat. 

Kaki burung unta bukan hanya membantu mereka berlari, ini juga dapat dijadikan sebagai senjata tendangan yang mematikan dan ditakuti oleh para predator. 

2. Kasuari

2. Kasuari
guinnessworldrecords.com

Burung besar berikutnya ialah burung kasuari, khususnya burung kasuari selatan (Casuarius casuarius). Hewan raksasa ini bersal dari sebelah setalan Papua Nugini hingga ke Australia.

Burung kasuari memiliki berat sekitar 76 kg dan tinggi sekitar 1,7 meter. Burung ini dikenal sebagai salah satu burung paling berbahaya di dunia. Kakinya yang kuat dilengkapi kuku yang besar dan tajam sering digunakan untuk menyerang siapapun yang dianggap menganggu. 

3. Emu

3. Emu
australian.museum

Emu merupakan burung terbesar di dunia yang berasal dari Australia. Dibandingkan dengan burung unta, emu memang lebih kecil, beratnya hanya sekitar 55 kg, dan tingginya 1,5 meter. Ukuran burung emu betina lebih besar, yaitu sekitar 1,9 meter.  

Burung emu tidak dapat terbang, namun seperti burung unta, keduanya mampu berlari cepat. Burung emu mampu berlari sekitar 48 kilometer per jam menggunakan kaki besar dengan tiga jari yang kuat dan sayap kecil yang membantu mereka berlari lebih stabil. 

Editors' Picks

4. Pinguin kaisar

4. Pinguin kaisar
biologicaldiversity.org

Siapa yang tidak menyukai burung lucu yang tidak dapat terbang ini? Pinguin dikenal sebagai burung besar yang menggemaskan. Mereka hidup di Antartika, dan mampu bertahan di suhu yang sangat dingin tersebut.

Pinguin kaisar (Aptenodytes forsteri), dikenal sebagai salah satu burung terbesar dengan bobot 40 kg, dan tinggi mencapai 1,1 meter. 

Meskipun tidak dapat terbang, pinguin merupakan burung penyelam yang handal. Mereka dapat menyelam hingga kedalaman lebih dari 550 meter dan mampu bertahan di dalam air hingga 20 menit lamanya. 

Ada salah satu kebiasaan unik yang dimiliki oleh pinguin. Di dalam masa kawin, pinguin jantan dapat kehilangan berat hingga 15 kg karena mereka tidak makan apapun selama menjaga telur-telur Pinguin dari suhu dingin yang ekstrim. 

5. Rhea besar

5. Rhea besar
king-animal.blogspot.com

Rhea besar atau greater rheas (Rhea americana) merupakan burung berkaki dua terbesar yang berasal dari Amerika, khususnya di Argentina, Bolivia, Brazil, Paraguay, dan Uruguay. 

Seperti burung-burung besar berkaki dua yang tidak dapat terbang lainnya, rhea memiliki kemampuan berlari cepat. Rhea mampu berlari hingga 35 km/jam menggunakan kaki mereka yang kuat. 

Burung rhea melindungi diri dari predator dengan berkumpul dalam sebuah kelompok hingga 100 ekor burung. 

6. Angsa mute

6. Angsa mute
owlcation.com

Angsa mute (Cygnus olor) merupakan salah satu burung terberat di dunia. Burung ini memeiliki berat sekitar 11,87 kg dan tinggi rata-rata 1-1,3 meter. 

Angsa mute memiliki beberapa kesamaan dengan angsa trompet, mulai dari tinggi, fitur tubuh, hingga beratnya. 

Terlepas namanya mute (artinya bisu), angsa mute merupakan burung yang cukup vokal. Suara mereka lebih tenang dibandingkan spesies lainnya. Angsa mute umumnya ditemukan di rawa air tawar dataran rendah, laguna, dan sungai.

Meski terlihat menawan dan anggun, angsa ini memiliki sisi berbahaya ketika mereka melindungi keluarga dan wilayahnya. Mereka bahkan tidak segan untuk menyerang manusia lho. 

7. Burung pelikan dalmatian

7. Burung pelikan dalmatian
rewildingeurope.com

Burung pelikan dalmatian adalah burung terbesar dari family pelikan, dan mungkin merupakan burung air tawar terbesar. Pelikan dalmatian memiliki rata-rata berat 11,5 dan tinggi sekitar 1,8 meter. 

Pelikan dalmatian berasal dari daerah Eurasia, umumnya di sungai, danau, ataupun muara di sebelah tenggara Eropa, Rusia, India, dan China. Pelikan dalmatian merupakan burung sosial yang hidup bersama kawanannya.

Di abad ke 20 ini populasi pelikan dalmatian berkurang cukup drastis akibat kehilangan habitat mereka yang mengalami drainase. 

8. Burung albatros

8. Burung albatros
doc.govt.nz

Burung albatros merupakan burung dengan sayap putih yang sangat lebar. Burung ini memiliki berat sekitar 11,9 dan rata-rata tinggi sekitar 1,3 meter. 

Sayap burung albatros dikenal sebagai yang terlebar di antara jenis burung lainnya, yaitu sekitar 2,5 meter sampai 3,5 meter lebih. Sayap lebarnya membantu albatros untuk terbang dalam waktu yang lama bahkan tanpa mengepakkan sayapnya

Bukan hanya itu, albatros juga merupakan salah satu jenis burung yang memiliki umur terpanjang. Kebanyakan burung ini dapat hidup hingga 60 sampai 70 tahun di alam liar. Mereka bahkan masih bertelur dan merawat anak-anaknya pada usia 63 tahun. 

9. Burung shoebill

9. Burung shoebill
audubon.org

Burung Shoebill memiliki wajah yang unik namun menyeramkan. Burung yang disebut whale-headed stork (bangau berwajah paus) ini berasal dari Afrika bagian tengah dan timur, tepatnya dari wilayah selatan Sudan hingga Zambia.

Shoebill merupakan salah satu burung berukuran besar. Mereka memliki tinggi 10-140 cm dan bahkan bisa mencapai 152 cm. Sementara beratnya berada pada kisaran 4-7 kg. 

Shoebill memiliki paruh tajam, besar, dan kuat. Paruh tersebut dapat tumbuh hingga sepanjang 24 cm, dengan tebal mencapai 20 cm. 

Ternyata banyak sekali ya jenis burung yang besar dan unik di dunia ini. Masih ada banyak lagi lho jenis burung yang tidak kalah luar biasanya. Yuk cari tahu lebih banyak lagi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.