Unik! 9 Jenis Burung yang Tidak Bisa Tebang

Punya sayap namun tidak dapat terbang.

22 November 2021

Unik 9 Jenis Burung Tidak Bisa Tebang
livescience.com

Ketika membayangkan burung, kita pastinya membayangkan hewan ini sebagai mahluk hidup yang identik dengan kemampuannya untuk terbang melayang di angkasa. 

Burung memiliki sayap yang membantu mereka untuk terbang. Namun itu hanya sebatas pikiran kita saja, sebab ada burung yang memiliki sayap namun tidak dapat terbang. 

Cobtohnya burung seperti pinguin atau burung unta. Keduanya memiliki sayap namun tidak dapat terbang seperti burung pada umumnya. 

Tidak perlu merasa kasihan, burung yang tidak dapat terbang ini memiliki kemampuan lain lho, seperti berenang atau berlari dengan cepat. 

Bersama Popmama.com, yuk kita cari tahu 9 jenis burung yang tidak bisa terbang!

1. Pinguin

1. Pinguin
worldwildlife.com

Siapa yang tidak kenal dengan pinguin? Tidak ada daftar burung tidak dapat terbang yang tidak mencantumkan pinguin di dalamnya. 

Semua 18 spesies pinguin tidak dapat terbang. Meskipun begitu mereka semua merupakan perenang dan penyelam yang handal. Mereka menghabiskan kebanyakan waktu mereka di dalam air untuk berburu ikan yang menjadi makanan mereka. 

Pinguin terkenal dengan bentuk tubuhnya yang lucu, mereka memiliki kaki yang pendek dan cara berjalan yang khas. 

Meskipun banyak yang menghubungkan pinguin berasal dari Antartika, faktanya pinguin juga hidup di daerah lain yang memiliki garis lintang yang rendah. Beberapa bahkan ada tang hidup di daerah beriklim sedang. 

2. Burung unta

2. Burung unta
news.cgtn.com

Burung berikutnya yang tidak memiliki kemampuan terbang ialah burung unta. Sebagai salah satu jenis burung terbesar di dunia, burung ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 9 kaki dengan berat lebih dari 300 pon atau sekitar 136 kg. 

Burung unta memang tidak dapat terbang. Namun mereka dianugrahi sepasang kaki besar yang kuat. Kakinya membantu hewan ini untuk berlari sangat cepat. Bukan hanya berlari, kaki burung unta bahkan dapat dijadikan sebagai senjata yang mematikan. 

3. Kiwi

3. Kiwi
ctvnews.ca

Burung yang berbagi nama dengan nama buah yang memiliki warna sama ini merupakan burung yang tidak dapat terbang berikutnya. 

Kiwi adalah burung khas dari New Zealand. Terdapat lima spesies burung kiwi di sana, semuanya memiliki sayap kecil dan lembut juga bulu yang bertekstur mirip rambut. Burung ini dikenal memiliki paruh yang panjang. 

Kiwi sendiri termasuk sebagai burung dengan angka kemungkinan hidup terendah di dunia. Meski begitu masyarakat melindungi burung ini dan menjadikannya sebagai simbol dari New Zealand. 

Editors' Picks

4. Bebek steamer

4. Bebek steamer
observation.org

Bebek steamer merupakan salah satu jenis burung yang tidak dapat terbang. Alasan utaman mengapa burung ini tidak dapat terbang ialah karena tubuhnya yang terlalu berat. Bebek steamer bahkan kesulitan untuk berdiri. 

Sekitar tiga dari empat spesies dari bebek steamer tidak dapat terbang. Burung yang berasal dari Amerika Selatan ini mendapatkan namanya karena kemampuan mereka berlari menyeberangin air sambil mengepakkan sayap mereka.Kepakan bebek steamer mirip sekali dengan roda dari kapal uap.  

Bebek steamer juga memiliki sifat agresif. Mereka senang bertarung dengan satu sama lain untuk memperebutkan wilayahnya. Bahkan bebek ini mampu membunuh burung yang ukurannya lebih besar dari mereka. 

5. Weka

5. Weka
doc.govt.nz

Weka merupakan burung dari New Zealand. Burung berukuran seperti ayam dengan bulu berwarna cokelat ini merupakan salah satu sumber daya yang penting bagi penduduk New Zealand. Inilah yang menjadi alasan mengapa jumlahnya berkurang. 

Meskipun tidak dapat terbang, weka merupakan hewan pencuri yang handal. Mereka senang mencuri makanan atau benda kecil yang mereka sukai dari para camper.

Tidak hanya mencuri, weka memiliki keahlian lainnya seperti bernyanyi duet, bahkan berenang. Hebat sekali ya. 

6. Kakapo

6. Kakapo
economist.com

Burung kakapo dikenal juga dengan nama "burung beo tua". Burung khas New Zealand ini tidak dapat terbang dan memiliki bentuk yang aneh. 

Meski disebut mirip burung beo, kakapo memiliki wajah mirip burung hantu, sikap tubuh seperti pinguin, dan gaya berjalan mirip bebek. Burung ini dapat tumbuh hingga berukuran 2 kaki dan termasuk sebagai burung beo terberat. 

Meskipun tidak dapat terbang, kakapo merupakan burung yang pandai memanjat. Mereka tinggal di sekitar akar-akar pohon dan bergerak di malam hari. 

7. Takahe

7. Takahe
nzbirdsonline.org.nz

Takahe merupakan burung unik yang tidak dapat terbang dari New Zealand. Burung ini memiliki kemampuan bersembunyi. Takahe memiliki warna yang mencolok, dengan warna biru pada tubuhnya dan paruhnya berwarna merah.

Takahe memiliki umur yang cukup panjang, mereka dapat hidup hingga mencapai 20 tahun. 

Burung yang tidak dapat terbang ini pernah dianggap punah namun ditemukan kembali di tahun 1800an oleh Geoffrey Orbell, seorang dokter di New Zealand. 

8. Campbell teal

8. Campbell teal
ebird.org

Campbell teal merupakan burung nokturnal yang tidak dapat terbang. Sesuai namanya, hewan ini merupakan hewan endemik di Pulau Campbell di New Zealand. 

Burung Campbell teal hampir punah di habitat aslinya akibat pelayaran dan pemburuan paus di tahun 1800an. Burung yang tidak dapat terbang ini tidak dapat menghindari predator yang memangsa telur dan anak mereka. 

9. Guam rail

9. Guam rail
nrdc.org

Guam rail diberi nama sesuai dengan salah satu daerah di US yang bernama Guam. Burung ini merupakan salah satu spesies burung tidak bisa terbang yang hampir punah di tahun 1970 yang lalu.

Guam rail merupakan burung yang suka bersembunyi dan tinggal secara teritorial. Namun kamu dapat melihatnya sedang mekncari makan di jalan atau lapangan. Burung ini memiliki sarang di tanah dan berevolusi akibat berkurangnya pemangsa utama mereka, seperti ular dan tikus. 

Itulah 9 jenis burung yang tidak bisa terbang. Ternyata ada banyak sekali ya jenis burung unik dan beragam. Meskipun mereka tidak dapat terbang, tetapi mereka memiliki kemampuan lainnya yang membantu mereka untuk berlindung atau bertahan hidup. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.